Pengertian Jaringan komputer

Pengertian jaringan komputer, jenis serta kegunaannya

Pengertian jaringan komputer
image ghcomputernetworks.com

Pengertian jaringan komputer

Secara umum pengertian jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang terhubung satu sama lainnya menggunakan kabel atau perangkat lainnya untuk berkomunikasi, berbagi data, aplikasi dan sumber daya.

Untuk bisa berkomunikasi atau terkoneksi komputer yang membentuk sebuah jaringan biasanya menggunakan media kabel atau non kabel. Untuk membuat sebuah jaringan komputer cara paling mudah yaitu menggunakan kabel LAN. Selain menggunakan kabel anda juga bisa membuat jaringan komputer menggunakan router.

Secara umum jaringan komputer dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian di mana pembagian tersebut berdasarkan ukuran atau jangkauan dari jaringan tersebut. Beberapa jaringan komputer yang paling umum kita temui adalah:

  • Jaringan area lokal atau yang disebut sebagai Local Area Network (LAN)
  • Jaringan area pribadi atau Personal Area Network (PAN)
  • Jaringan area metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide area network (WAN)

Beberapa jenis jaringan komputer

LAN (Local Area Network)

LAN atau Local Area Network merupakan sekelompok komputer yang terhubung satu sama lain pada sebuah karya yang kecil seperti di laboratorium komputer, kantor, atau sebuah gedung.

LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan antara dua atau lebih komputer pribadi melalui sebuah media komunikasi seperti kabel coaxial atau twisted pair.

Untuk membuat sebuah jaringan komputer seperti ini secara umum membutuhkan biaya yang lebih murah. Karena kita hanya membeli beberapa perangkat yang sederhana seperti adapter jaringan, switchhub atau kabel ethernet. Data transfer dari local area network biasanya lebih cepat karena jaringannya hanya sebatas pada lingkup yang lebih kecil.

Selain itu jaringan komputer lokal atau Local Area Network juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dan secara umum proses pengawasan nya pun juga lebih mudah.

PAN (Personal Area Network)

Sedangkan jaringan komputer yang kedua adalah PAN atau Personal Area Network yang merupakan sebuah jaringan komputer yang digunakan secara pribadi atau personal. Thomas zimmerman merupakan seorang ilmuwan komputer yang pertama kali menemukan gagasan dari pembuatan Personal Area Network tersebut.

Personal Area Network biasanya hanya sebatas pada perangkat pribadi saja yang meliputi smartphone, laptop, playstation atau pemutar media. Jaringan komputer pribadi juga memiliki beberapa varian diantaranya adalah menggunakan wireless atau tanpa kabel. Jaringan ini biasanya memiliki jangkauan yang lebih kecil.

Jaringan komputer personal ini biasanya juga offline atau hanya menghubungkan beberapa perangkat seperti televisi, komputer, printer atau HP untuk berkomunikasi satu sama lain. Salah satu tujuannya adalah untuk mengendalikan beberapa perangkat dengan lebih mudah. 

MAN (metropolitan Area Network)

Jaringan area metropolitan memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan LAN. Jaringan komputer seperti ini bisa mencakup beberapa daerah geografi tertentu seperti pada sebuah kota. Biasanya instansi pemerintah memanfaatkan jaringan MAN ini untuk terhubung dengan industri swasta atau warga negara mereka.

Sebenarnya jaringan komputer MAN ini merupakan kumpulan dari jaringan komputer lokal atau LAN yang terhubung menjadi satu melalui sebuah saluran pertukaran telepon. Tentu jaringan komputer dalam MAN memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan LAN. 

Karena jaringan komputer tipe ini memiliki jangkauan area yang lebih luas tentu membutuhkan banyak biaya. Selain itu pengawasannya juga relatif lebih sulit dibandingkan dengan jaringan lokal atau LAN. 

Beberapa kegunaan Metropolitan Area Network atau MAN di antaranya adalah:

  • Sebagai sarana untuk berkomunikasi antar bank di sebuah kota
  • Sebagai sarana untuk reservasi pesawat
  • Bisa digunakan untuk berkomunikasi oleh militer.

WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network merupakan sebuah jaringan komputer yang lebih luas dibandingkan dengan MAN. Jika jaringan komputer man hanya mencakup luas satu kota saja maka WAN dapat mencakup luas hingga 1 provinsi atau negara bagian.

Hampir sama dengan MAN penggunaan jaringan komputer Wide Area Network atau WAN juga memanfaatkan saluran telepon atau kabel fiber optik. Selain menggunakan kabel telepon, untuk membuat sebuah jaringan komputer WAN ini juga bisa memanfaatkan satelit.

Perlu anda ketahui jika internet sebenarnya merupakan sebuah gabungan dari jaringan komputer WAN ini. 

Manfaat jaringan komputer

Membuat sebuah jaringan komputer tentu memiliki manfaat tersendiri. Beberapa di antara manfaat jaringan komputer adalah:

Berbagi file

Jika anda ingin melakukan proses sharing file dengan lebih mudah maka anda bisa menggunakan sebuah jaringan komputer lokal atau Local Area Network. Proses share file ini juga relatif lebih mudah dibandingkan jika anda harus menggunakan flash disk untuk mengambil atau mengirim file.

Menggunakan aplikasi secara bersama

Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi secara bersama maka anda bisa memanfaatkan jaringan komputer. Proses share aplikasi ini juga relatif lebih mudah dan hemat waktu. Jadi anda tidak perlu menginstal aplikasi 1 demi 1 pada komputer client. 

Data terpusat pada satu komputer

Salah satu kelebihan menggunakan jaringan komputer adalah data terpusat pada satu komputer yang disebut server. Komputer server ini biasanya memiliki spesifikasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan komputer lainnya. Dengan menggunakan jaringan komputer yang berpusat pada satu server maka data tidak akan tercecer.

Proses pengawasan yang lebih mudah

Jika anda merupakan seorang Bos di sebuah perusahaan menggunakan jaringan komputer tentu akan memudahkan anda dalam mengawasi kinerja karyawan. Anda cukup menggunakan komputer server untuk merekam jejak dari komputer klien anda. 

Mengendalikan perangkat dengan lebih mudah

Dengan membuat jaringan komputer maka anda bisa mengendalikan perangkat dengan lebih mudah. Misalnya saja sebuah printer terhubung dengan komputer A maka dengan membuat jaringan komputer komputer B juga bisa mengakses printer yang terhubung dengan komputer A tersebut. Ini tentunya jauh lebih mudah dibandingkan anda harus memindah file dari komputer B menuju ke komputer A.

Nah,,dari ulasan di atas apakah paham mengenai pengertian jaringan komputer dan jenis-jenisnya. Jika anda suka dengan Artikel di atas jangan lupa untuk share.