Pengertian internet secara umum serta sejarah perkembangannya

Pengertian, Teknologi
Pengertian internet
image from pixabay.com

Pengertian internet secara umum serta sejarah perkembangannya di dunia dan manfaatnya untuk kehidupan kita. Internet (interconnection networking) secara umum adalah sebuah jaringan komputer yang terhubung satu sama lainnya menggunakan sistem standar global berupa TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol Suite). Dimana TCP/ IP digunakan sebagai protokol pertukaran paket guna memberi pelayanan kepada jutaan pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Istilah internet sendiri selanjutnya digunakan untuk merujuk sebuah rangkaian internet terbesar. Dengan antarjaringan (internetworking) sebagai cara menghubungkan rangkaian ini.

Internet juga bisa diartikan sebagai sebuah jaringan komunikasi global yang bersifat terbuka. Jaringan ini menghubungkan jutaan jaringan komputer yang digunakan di seluruh dunia. Jaringan komputer berbagai jenis bisa dihubungkan menggunakan komunikasi berbagai tipe seperti satelit, telepon, dan lainnya.

Keberadaan internet memberi kemudahan tersendiri. Adapun fungsi internet diantaranya diberikan sebagai berikut:

  • media komunikasi,
  • wadah yang dapat digunakan untuk akses informasi,
  • sumber daya dan juga data, dan
  • akses langsung untuk menyiarkan ataupun bertukar data menggunakan internet online ke seluruh penjuru dunia.

 

Sejarah Perkembangan Internet

Setelah kita mengetahui pengertian internet secara umum mari kita belajar lebih lanjut mengenai perkembangannya. Sebelum kemunculan internet sebenarnya beberapa sistem komunikasi berbasis digital telah lebih dulu muncul. Sebut saja seperti sistem telegaf yang muncul di abad ke-19 atau satu abad lebih dulu dibanding internet. Karenanya telegraf disebut-sebut sebagai pendahulu internet.

Telegraf berasal dari konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik berupa kabel atau radio. Tetapi, pada waktu itu teknologi telegraf masih terbatas lantaran hanya dapat menghubungkan 2 perangkat saja.

Adapun pada tahun 1969 internet dibentuk melalui proyek lembaga ARPA oleh US Departement of Defense (Departemen Pertahanan USA). Dimana melalui proyek tersebut dikembangkan jaringan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam proyek tersebut sempat didemonstrasikan cara sebuah hardware dan software dari komputer berbasis UNIX bisa berkomunikasi jarak jauh menggunakan saluran telepon. Sebenarnya proyek ini bertujuan untuk kebutuhan militer. Departemen Pertahanan USA membangun sistem jaringan komputer yang tersebar di daerah-daerah vital seperlu menghindari terjadinya informasi yang terpusat dan juga menangani masalah jika didapati serangan nuklir saat perang pecah.

Awalnya di tahun 1969 ARPANET dapat membentuk satu jaringan terpadu hanya menghubungkan 4 situs saja. Keempat situs tersebut diantaranya University of California, University of Utah, Santa Barbara, dan Stanford Research Institute. Namun, selanjutnya ARPANET dikenalkan secara umum di bulan Oktober tahun 1972.

Proyek ARPANET tidak hanya merancang bentuk jaringan. Melainkan juga kehandalan dan kemampuan memindahkan informasi yang mana semua standar yang digunakan menjadi cikal bakal pembentukan TCP/ IP. Tidak berselang lama, proyek ini didapati berkembang pesat di seluruh daerah termasuk di universitas-universitas di USA yang ternyata memberi kesulitan ARPANET dalam pengaturan. Karena alasan ini pula, ARPANET selanjutnya dipecah menjadi 2. Yakni ARPANET baru dengan ukuran lebih kecil untuk kebutuhan non militer dan MILNET untuk kebutuhan militer. Gabungan dua jaringan ini kemudian disebut DARPA Internet yang lalu disingkat menjadi Internet. Istilah internet digunakan pertama kali tahun 1982 yang terus digunakan sampai sekarang ini.

Untuk perkembangan saat ini, internet sudah mulai dikelola oleh spesifikasi teknikal dan menggunakan perjanjian bilateral atau multilateral. Adapun spesifikasi teknikal disebut juga protokol yang mana menerangkan perpindahan data antar rangkaian.

Protokol yang digunakan dibentuk dengan dasar perbincangan IETF ( Internet Engineering Task Force) yang bersifat terbuka secara umum menampilkan perpindahan data antara rangkaian. Dalam hal ini IETF diketahui pula mengeluarkan dokumen RFC (Request For Comment) yang sebagian besar datanya dijadikan Internet Architecture Board IAB (Badan Arsitektur Internet) sebagai Internet Standard (Standar Internet). Dimana untuk protokol-protokol internet yang umum digunakan diantaranya ada HTTP, HTTPS, IP, DNS, SSL, FTP, PPP, ICMP, SLIP, UDP, POP3, TCP, LDAP, SMTP, IMAP, Telnet, dan lain sebagainya.

Diketahui ada beberapa layanan populer yang menggunakan protokol-protokol di atas, diantaranya email, www, usenet, WAIS, MUSH, Gopher, Newsgroup, dan masih ada lainnya. Dari beberapa layanan populer tersebut email dan www yang paling sering digunakan masyarakat. Email sendiri merupakan layanan surat elektronik, sedangkan www merupakan akronim dari World Wide Web yang lebih banyak servis dibangun berdasarkan layanan tersebut.

 

Manfaat Penggunaan Internet

Hadirnya internet membuahkan kebudayaan baru budaya internet. Dimana internet didapati memberi pengaruh besar dalam semua aspek kehidupan. Berpadu dengan kerja mesin pencari, penggunaan internet memberi kemudahan yang memanjakan.

Perkembangan internet diakui memberi manfaat dalam kehidupan manusia. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan internet, yaitu:

1. Komunikasi Jadi Lebih Cepat dan Murah

Kebutuhan berkomunikasi antara individu yang satu dengan lainnya menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Meski terpisah jarak yang jauh sekalipun, bukan lagi masalah. Komunikasi bisa dijalin baik, mulai dari komunikasi di dalam negeri atau di luar negeri. Tentunya dengan biaya yang lebih terjangkau. Kebutuhan komunikasi menggunakan internet didukung menggunakan MSN Messenger, Facebook, Twitter, Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, dan lain-lain.

2. Memberi Wahana Hiburan Baru

Internet menyuguhkan wahana hiburan baru bagi masyarakat. Seperti yang diketahui, kini pun mulai marak dikembangkan media sosial yang sukses membuat masyarakat aktif berselancar di dunia maya. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Ada juga hiburan bermain game online, menonton siaran online, dan sebagainya. Adanya internet juga memungkinkan adanya layanan kekinian. Misalnya web radio, webcast, dan lainnya yang mudah diakses dari seluruh dunia.

3. Memberi Pengetahuan dan Wawasan Baru

Melalui internet kebutuhan bertukar data dan informasi bisa lebih mudah. Karenanya terbuka kesempatan untuk menggali pengetahuan dan wawasan baru dari seluruh penjuru dunia. Manfaat ini pun sangat menguntungkan, baik bagi pelajar atau masyarakat secara umum untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

4. Mendukung Perkembangan Sektor Bisnis

Dunia maya dewasa ini juga sudah dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis. Banyak pelaku usaha yang menjajal peruntungannya dengan memulai bisnis online. Nyatanya peluang bisnis online amat besar terlebih dibarengi animo masyarakat yang mulai tergantung dengan internet yang memberi kemudahan. Karena dari segi konsumen, belanja online terbukti lebih praktis dan efesien lantaran tidak harus keluar jauh-jauh mencari produk atau jasa yang dibutuhkan.

5. Mendukung Perkembangan Ekonomi

Dari sector ekonomi juga didapati berkembang. Kini transaksi jual beli tidak harus berlangsung tatap muka. Meski terpisah jarak jauh transaksi masih bisa berlangsung melalui internet. Dimana transaksi menggunakan internet kini populer dikenal sebagai e-commerce.

Masih ada banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan internet. Wajar bila angka pengguna internet semakin meroket dari waktu ke waktu, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri akses internet bisa didapat cukup mudah dan diakses menggunakan berbagai jenis gadget. Mulai dari smartphone, tablet, iPhone, dan personal komputer. Internet pun bisa dinikmati ditempat umum menggunakan teknologi wifi. Sekian, semoga ulasan tentang pengertian dan sejarah perkembangan internet kali ini memberi informasi bermanfaat.

Demikian tadi informasi mengenai pengertian internet secara umum serta sejarah perkembangannya yang perlu anda ketahui semoga bermanfaat.