Pengertian internet dan intranet serta perbedaannya

Pengertian, Teknologi
pengertian internet
image from creative-commons-images.com

Pengertian Internet Dan Intranet Serta Perbedaannya yang perlu anda ketahui. Jaringan telekomunikasi dunia saat ini saling terhubung satu sama lain yang bisa diakses hanya dalam hitungan detik dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan jaringan komunikasi www atau worldwide web. Dengan kata lain, internet sudah masuk ke seluk beluk dunia dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Internet juga menjadi istilah yang dikenali hampir semua orang di seluruh dunia. Namun selain internet, ada istilah jaringan komunikasi lainnya yang penting untuk Anda ketahui yaitu intranet. Antara internet dan juga intranet memiliki perbedaan yang cukup mendasar namun juga kesamaan dalam hal fungsinyanya. Apa itu internet dan intranet? Bagaimana perbedaannya?

 

Internet vs Intranet

Menurut Wikipedia, pengertian internet secara umum adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP) yang penggunanya saat ini sudah berjumlah milyaran di seluruh dunia. Kata kunci dari internet adalah seluruh jaringan komputer yang terhubung secara global. Sedangkan pengertian intranet adalah jaringan yang memanfaatkan jaringan internet namun hanya terbatas oleh jumlah alamat IP yang terbatas dan tertutup. Dengan kata lain, intranet adalah bagian dari internet yang hanya bisa diakses oleh otoritas tertentu dalam sebuah organisasi misalnya di lingkungan perusahaan, sekolah, kantor pemerintahan, dan sebagainya.

Jika dijelaskan secara detail, perbedaan antara internet dan juga intranet adalah sebagai berikut:

1. Internet adalah jaringan yang terbuka luas dan bebas sehingga siapa saja bisa mengaksesnya dengan mudah. Intranet adalah jaringan dengan akses terbatas yang hanya diperuntukkan oleh sekelompok orang tertentu.

2. Internet merupakan jaringan world wide yang di dalamnya termasuk intranet-intranet yang dibangun oleh berbagai macam organisasi. Intranet bisa diakses melalui jaringan internet namun dengan batasan tertentu misalnya hanya bisa diakses dengan menggunakan password tertentu.

3. Pengguna internet terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan makin tak terbatas. Sedangkan pengguna intranet sangat dibatasi dan tidak bisa sembarangan diakses orang luar.

4. Informasi yang ada di jaringan internet terdiri dari berbagai macam sumber dan tersedia untuk semuanya. sedangkan intranet hanya terdiri dari informasi khusus dan tertentu yang berhubungan dengan organisasinya.

5. Informasi yang muncul di internet sangat beresiko untuk dieksploitasi dan menyebar ke seluruh dunia dengan kontrol yang lebih sulit dikendalikan. Sementara jaringan intranet yang merupakan jaringan internal lebih mudah untuk dikontrol sehingga resiko kebocoran informasi lebih kecil.

 

Untungnya menggunakan jaringan intranet

Setelah kita memahami pengertian internet di atas mari kita mengetahui apa saja manfaat penggunaan internet untuk kehidupan kita. Dilihat dari perbedaan antara internet dengan intranet Anda mungkin sudah bisa membayangkan apa untungnya menggunakan jaringan intranet untuk akses informasi organisasi. Salah satunya adalah terjaganya kerahasiaan informasi yang krusial yang berhubungan dengan kelangsungan organisasi sehingga hanya bisa diakses oleh orang-orang dengan otoritas tertentu saja. Keuntungan lain dari menggunakan intranet adalah kecepatan akses yang lebih tinggi karena jumlah orang yang bisa membuka aksesnya tentu trafficnya juga jauh lebih sedikit. Dalam konteks organisasi perusahaan, keuntungan intranet sebagai bagian dari fasilitas internet yang dipasang adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan produktivitas

Kecepatan akses yang lebih cepat tentunya membuat karyawan jadi lebih bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat pula tanpa harus menunggu waktu loading halaman yang lama karena traffic ramai. Jaringan intranet yang ada dalam sebuah perusahaan bisa memberikan akses ke semua sarana yang dibutuhkan oleh karyawan untuk bekerja misalnya informasi mengenai acara dan juga pertemuan yang paling baru, tugas-tugas yang berhasil diselesaikan dengan prestasi, topik diskusi baru, dokumen-dokumen penting yang rahasia, kabar berita yang relevan, dan juga email.

2. Komunikasi perusahaan yang lebih eksklusif

Bayangkan jika perusahaan yang punya cabang di mana-mana dengan karyawan yang jumlahnya ribuan memanfaatkan intranet sebagai jalan akses komunikasi internal. Maka dalam satu jaringan intranet tersebut bisa disebarkan informasi internal seperti pengumuman penting yang berhubungan dengan perusahaan, mempromosikan ide-ide baru dan juga kebijakan baru, lebih mudah untuk mengenali karyawan berprestasi yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan performa perusahaan, mengumpulkan masukan dalam bentuk survey maupun saran.

 

Kesimpulan perbedaan antara internet dan intranet

Kesimpulannya adalah perbedaan antara internet dan intranet terletak pada ruang lingkup aksesnya. Ibarat sebuah rumah, internet adalah ruangan yang bisa diakses bersama tanpa harus ada otoritas tertentu untuk masuk, sedangkan intranet adalah kamar tidur yang membutuhkan kunci untuk bisa membuka pintu dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Internet bisa dimanfaatkan oleh semua orang dari semua kalangan, sedangkan intranet lebih banyak digunakan untuk akses informasi internal dalam sebuah organisasi misalnya perusahaan.

Sementara kesamaan antara keduanya adalah sama-sama menggunakan protocol TCP/IP dan FTP, bisa diakses dengan menggunakan browser apa saja meski ada juga organisasi yang menggunakan browser custom untuk mengakses intranet, kebijakan keamanan seperti firewall atau enkripsi-dekripsi juga diterapkan pada intranet sama seperti internet.

Demikian tadi informasi mengenai pengertian internet dan intranet serta perbedaannya yang bisa kami rangkum. Semoga berguna bagi anda.