Pengertian hubungan internasional menurut para ahli

pengertian hubungan internasional
pengertian hubungan internasional
image from bridgeport.edu

Pengertian hubungan internasional menurut para ahli yang di rangkum dalam daftar. Hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara negara satu dengan negara lainnya. Hubungan ini biasanya mencakup peran negara, organisasi-organisasi baik pemerintah maupun nonpemerintah, sekaligus perumusan kebijakan luar negeri. Kehidupan dalam bernegara pun dapat tertata dengan baik jika mengacu pada hubungan internasional ini. Berbagai isu yang muncul, termasuk kedaulatan negara, keamanan internasional, globalisasi, kejahatan organisasi, hak asasi manusia, dan sebagainya juga menjadi pembahasan utama. Tak heran jika hubungan internasional ini sering dikaitkan dengan ilmu politik. Lalu, apa pengertian sebenarnya dari hubungan internasional itu? Berikut ini kami rangkum beberapa pengertian hubungan internasional menurut pemaparan para ahli:

1. Alfred Zimmern

Pengertian hubungan internasional yang pertama disampaikan oleh Alferd Zimmern dimana Alferd menyebutkan bahwa hubungan internasional merupakan suatu bahasan tentang hukum yang berlaku secara internasional untuk menjaga keamanan seluruh negara yang terkait.

2. Amelia Novrida

Sedangkan pengertian hubungan internasional menurut Amelia Novrida adalah suatu interaksi antara anggota masyarakat negara satu dengan negara lain, sekaligus faktor-faktor lain yang melingkupinya.

3. Anonymous

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara satu jenis kesatuan politik dengan kesatuan politik yang lain, sekaligus studi kondisi-kondisi yang melingkungi interaksi tersebut.

4. Charles Baitz

Hubungan internasional merupakan ilmu yang lebih menitikberatkan pada pembahasan mengenai prinsip keadilan dan kebebasan yang berlaku dalam politik intern.

5. Charles McClelland

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mengatur segala hal yang berhubungan dengan pertukaran, transaksi, arus informasi, sekaligus respons terorganisisr yang muncul akibat hubungan tersebut dari beberapa negara.

6. Citra Aditya Bakti

Hubungan internasional merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama, baik dalam keamanan maupun perdamaian, tanpa harus menggunakan kekuatan militer.

7. Couloumbis

Sedangkan pengertian hubungan internasional menurut Couloumbis adalah ilmu yang membahas mengenai pola-pola antara aksi dan juga reaksi yang terjadi antar negara, dimana elit pemerintah yang menjadi indikatornya.

8. Couloumbis dan Wolfe

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari mengenai fenomena yang terjadi di dunia secara sistematis, yang kemudian akan digunakan dalam menemukan variabel dasar sebagai acuan untuk menjelaskan perilaku maupun mengungkap karakteristik dari hubungan sosial yang terjadi.

9. Daniel S.Papp

Hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang mengangkat berbagai permasalahan internasional, sistem yang berlaku, sekaligus para pelaku yang terlibat langsung di dalamnya.

10. David Held

Hubungan internasional merupakan ilmu yang membahas tentang suatu era globalisasi yang mencakup berbagai negara di dunia.

11. Edward Hallet Card

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari mengenai suatu hubungan yang dinamis sekaligus dialektis dalam rangka untuk menciptakan perdamaian dunia.

12. Eko Cahyono

Pengertian hubungan internasional internasional menurut Eko cahyono adalah bentuk interaksi antara masyarakat maupun pemerintah suatu negara dengan negara lain, yang masing-masing sudah melewati batas yuridis wilayahnya.

13. Freddy B.L. Tobing

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari hubungan yang terjadi antara entitas politik yang berdaulat dan mempunyai sifat anarkis.

14. George Kennan

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan prinsip yang terjadi dalam sebuah masyarakat.

15. Henry Kissinger

Hubungan internasional merupakan ilmu yang membahas kepentingan nasional di hadapan negara internasional.

16. Dr. Hilman Adil Cleland

Hubungan internasional merupakan hubungan antara subjek akademi dengan memperhatikan hubungan politik antara negara satu dengan negara lainnya.

17. Ishaq Rahman

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara negara-negara di dunia.

18. J.C. Johari

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antar negara berdaulat dan para pelaku yang mempunyai dampak atas interaksi tersebut.

19. Jeremy Bentham

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempunyai kesatuan disiplin, ruang lingkup, sekaligus konsep-konsep dasar yang mengatur interaksi antar bangsa.

20. John Herz

Hubungan internasional merupakan ilmu yang membahas tentang kebijakan luar negeri yang berhubungan dengan keamanan internasional hingga menjadi pusat perhatian seluruh rakyat.

21. John Houston

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari interaksi atau tingkah laku antara anggota komunitas internasional dalam sistem politik internasional.

22. John Lewis Gaddis

Hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang biasa digunakan oleh negarawan dalam usaha menciptakan dunia yang lebih baik.

23. John Lierz

Pengertian hubungan internasional menurut John Lierz adalah suatu pemikiran tentang kehidupan berpolitik antar negara dengan memasukkan pertimbangan implikasi sekaligus keamanan dunia bagi kehidupan manusia.

24. K.J. Holsti

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari interaksi masyarakat yang berbeda, baik secara mandiri maupun disponsori oleh pemerintah.

25. Karen A. Mingsti

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari interaksi para pelaku yang masuk dalam percaturan politik internasional dari negara-negara yang berkaitan.

26. Kenneth Watts. Thompson

Hubungan internasional merupakan studi yang mempelajari persaingan antar negara, termasuk kondisi-kondisi yang akan memperbaiki maupun memperburuk persaingan tersebut.

27. Kenneth Waltz

Hubungan internasional merupakan kajian yang membahas tentang interaksi para pelaku politik dunia, baik dalam bidang sosial budaya, ideologi, dan ekonomi.

Demikian tadi pemaparan pengertian hubungan internasional menurut para ahli.