Pengertian Guru Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian
pengertian guru
image from maxpixel.net

Pengertian Guru Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Definisi guru berakar dari kata dalam Bahasa Jawa, digugu lan ditiru. Nah, persona guru yang merupakan orang yang digugu lan ditiru ini menurut bahasa Jawa yaitu merujuk pada orang yang mesti ditiru dan digugu oleh semua siswa, bahkan masyarakat. Mesti digugu artinya adalah bagi seorang guru, semua yang disampaikannya senantiasa harus diyakini dan dipercaya sebagai kebenaran bagi semua siswa/murid. Sementara ditiru maksudnya ialah seorang guru mesti menjadi panutan/suri tauladan yang baik untuk semua muridnya.

Dalam konteks bahasa Jawa sendiri, guru ini dianggap sebagai seseorang yang tak hanya bertugas menstransformasi pengetahuan dan mendidik di dalam kelas, tetapi juga Guru dianggap menjadi sumber informasi untuk perkembangan kemajuan masyarakat menjadi lebih baik lagi. Karena itu, sistem mendidik guru memiliki konteks lebih luas. Maka dari itu, di dalam kehidupan masyarakat Jawa sendiri, seorang guru harus pandai dan dapat dijadikan ujung tombak di tiap aspek perkembangan kehidupan masyarakat.

 

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

Berikut definisi guru menurut beberapa ahli, meliputi :

1. Pengertian Guru Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Guru adalah orang yang bermata pencahariaan, yang pekerjaan dan juga profesinya mengajar.

2. Pengertian Guru Menurut UU No. 14 Tahun 2005

Guru adalah pendidik professional yang tugas utamanya mengajar, mendidik, mengarahkan, membimbing, menilai, melatih, dan mengevaluasi para peserta didik dalam pendidikan anak usia dini lewat jalur pendidikan formal dasar serta pendidikan menengah.

3. Pengertian Guru Menurut Dr. Ahmad Tafsir

Guru adalah orang yang memiliki tanggung jawab terhadap proses perkembangan peserta didik. Adapun tugas seorang guru menurut pandangan islam yaitu mendidik. Selain itu, mendidik adalah tugas yang konteksnya sangat luas. Sebagian bisa dilakukan dengan mengajar, dan sebagian lagi ada yang dapat dilakukan dengan cara memberi contoh, dorongan, menghukum, dan sebagainya.

4. Pengertian Guru Menurut Ahmadi

Pendidik atau guru memiliki peran sebagai seorang pembimbing untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Memberikan kenyamanan bagi para peserta didik dan meyakini bahwa prestasi dan kecakapan yang dicapai bisa menerima perhatian dan penghargaan sehingga bisa meningkatkan motivasi para peserta didiknya untuk berprestasi.

5. Pengertian Guru Menurut Husnul Khotimah

Definisi guru secara sederhana adalah orang yang memberikan fasilitas tentang proses transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya.

6. Pengertian Guru Menurut Moh. Uzer Usman

Guru adalah orang yang berwenang dan bertugas di dunia pengajaran dan pendidikan lewat lembaga pendidikan formal.

7. Pengertian Guru Menurut Mulyasa

Guru merupakan pendidik yang harus mempunyai kualifikasi kompetensi dan akademik sebagai agen dari pembelajaran, memiliki kesehatan secara jasmani maupun rohani, dan mampu mewujudkan tujuan dari Pendidikan Nasional.

8. Pengertian Guru Menurut Hadari Nawawi

Menurut Hadari nawawi, guru dapat diartikan ke dalam 2 bagian. Jadi sederhananya Pengertian guru menurut Hadari adalah orang yang memiliki kewajiban dalam mewujudkan suatu program di kelas, dimana orang tersebut bekerja sebagai pengajar dalam rangka memberikan pelajaran di kelas. Sedangkan pengertian secara luas, guru adalah orang yang memiliki profesi di bidang pengajaran dan pendidikan yang turut bertanggung jawab dalam membantu anak didiknya untuk mencapai kedewasaannya.

9. Pengertian Guru Menurut Purwanto

Guru adalah orang yang dibebankan tanggung jawab sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolahnya.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian guru ialah seseorang yang bertugas untuk menyalurkan ilmu pengetahuan pada peserta didiknya serta bertanggung jawab mengajar, mendidik, mengarahkan, membimbing, dan menilai anak didiknya supaya senantiasa bermanfaat di masa depan.