Pengertian Globalisasi Menurut Ahli, Penyebab, dan Dampaknya

Pengertian globalisasi
Pengertian globalisasi
image from pixabay.com

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli, Penyebab, dan Dampaknya. Globalisasi merupakan salah satu kata yang sedang hits saat ini, bukan hanya di Indonesia namun juga dunia. Secara bahasa, globalisasi merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses. Jika kedua kata tersebut digabung akan menjadi globalization yang berarti suatu proses pelebaran berbagai elemen yang berlangsung secara mendunia. Sebenarnya, ada banyak pengertian untuk kata ini menurut beberapa ahli. Berikut ini lebih lengkapnya mengenai pengertian, penyebab, dampak, serta pengaruh globalisasi terhadap segala aspek kehidupan manusia.

 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Secara umum, globalisasi bisa diartikan sebagai masuknya berbagai elemen kehidupan baru, baik ekonomi, informasi, komunikasi, gaya hidup, dan sebagainya, ke seluruh negara di dunia. Dalam kondisi ini, batasan-batasan suatu negara menjadi semakin sempit. Sebab, semua interaksi antar negara menjadi semakin dimudahkan. Berikut ini beberapa pengertian globalisasi menurut beberapa ahli:

1. Anthony Giddens

Globalisasi adalah suatu interaksi sosial yang menghubungkan satu negara dengan negara lain sehingga jika satu negara mengalami perubahan, akan berdampak pada perubahan di negara lain.

2. Malcom Waters

Globalisasi merupakan proses interaksi sosial yang membuat batasan budaya maupun geografis menjadi satu dalam pikiran seseorang.

3. Laurence E. Rothernberg

Sedangkan Pengertian Globalisasi menurut Laurence E. Rothernberg adalah sebuah percepatan interaksi, baik antara individu, perusahaan, maupun pemerintah yang terjadi antara negara yang berbeda.

4. Emanuel Ritcher

Globalisasi adalah sebuah jaringan kerja yang menghubungkan masyarakat yang awalnya tersebar ke seluruh negara menjadi dalam satu ikatan ketergantungan yang sama.

5. Martin Albrow

Globalisasi merupakan semua proses yang terjadi dalam masyarakat yang terhubung dalam komunikasi secara global.

 

Penyebab Terjadinya Globalisasi

Seperti kata pepatah, tak ada asap jika tidak ada api, begitu pun dengan arus globalisasi. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa globalisasi bisa terjadi saat ini. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi yang Sangat Pesat

Saat ini, perkembangan teknologi dan informasi sangatlah pesat. Hal ini menyebabkan komunikasi antara satu negara dengan negara lain menjadi lebih lancar. Diibaratkan, tidak akan ada kendala untuk melakukan suatu transaksi ekonomi meskipun sedang berada di luar negeri. Hal inilah yang membuat arus globalisasi bisa terjadi. Tidak ada batasan antara satu negara dengan negara untuk melakukan berbagai macam aktivitas, baik yang menyangkut ekonomi maupun aktivitas lainnya.

2. Banyaknya Kerja Sama Ekonomi International

Saat ini, pemerintah memang sedang gencar-gencarnya melakukan kerja sama dalam berbagai bidang dengan negara lain. Hal ini dilakukan karena Indonesia menyadari bahwa hidup bernegara tidak bisa sendiri. Kerja sama akan membuat segala hal menjadi lebih mudah dan indah. Hal inilah yang akhirnya membuka peluang bagi negara lain untuk masuk ke kehidupan dalam negeri. Arus globalisasi pun tidak dapat terelakkan.

3. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Transportasi

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi transportasi juga menjadi salah satu penyebab mengapa globalisasi bisa terjadi. Jika dahulu orang kesulitan untuk mengirimkan barang ke luar negeri, kini tidak lagi. Dengan ditemukannya berbagai teknologi transportasi, membuat pengiriman barang menjadi lebih mudah. Dari pengiriman barang antar negara inilah akan terjadi sebuah interaksi yang saling menguntungkan.

4. Terbukanya Ekonomi Dunia

Terjadinya ekonomi terbuka membuat sistem perdagangan global pun dapat diterima oleh semua negara. Akibatnya, berbagai macam produk dapat saling bertukar dari negara satu ke negara lain. Padahal, di dalam produk tersebut terkandung berbagai macam budaya dari negara lain. Inilah awal penyebab budaya, pengetahuan, maupun adat dari suatu negara dapat masuk ke negara lain sehingga mempengaruhi kehidupan budaya negara tersebut.

 

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Terjadinya globalisasi tentu akan memberi dampak bagi kehidupan masyarakat, bahkan negar. Dampak ini bisa bersifat positif, namun juga bisa bersifat negatif. Berikut ini beberapa dampak tersebut.

1. Dampak positif terjadinya globalisasi:

  • Pembangunan negara menjadi semakin pesat.
  • Komunikasi semakin mudah dan cepat
  • Terjadinya peningkatan ekonomi yang berimbas pada taraf hidup masyarakat yang meningkat.
  • Terjadinya peningkatan dari sektor pariwisata.
  • Lebih mudah memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi terupdate di dunia.
  • Meningkatnya kualitas diri karena masyarakat tergoda memberikan hal yang lebih lagi.
  • Lebih mudah memperoleh transportasi.

2. Dampak negatif terjadinya globalisasi:

  • Berkurangnya sikap solidaritas dan gotong royong di tengah masyarakat.
  • Masyarakat tergoda menjadi konsumtif sehingga memangkas daya kreativitasnya sendiri.
  • Terkikisnya budaya dan adat yang sudah ada sejak nenek moyang.
  • Banyak informasi tidak tersaring yang dapat mempengaruhi daya pikir orang lain terhadap sesuatu, termasuk sesuatu yang salah.
  • Saat perusahaan kalah saing dengan perusahaan negara lain, jelas akan membuat perusahaan tersebut tidak berkembang.
  • Banyak budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya lokal sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat dalam negeri.

Demikian tadi informasi mengenai Pengertian Globalisasi Menurut Ahli, Penyebab, dan Dampak yang ditimbulkannya.