Pengertian Efisien dan Efektif Serta Perbedaannya (Disertai Contoh)

pengertian efisien dan efektif
pengertian efisien dan efektif
Efisien dan efektif

Pengertian Efisien dan Efektif Serta Perbedaannya yang mungkin belum anda ketahui. Tidak sedikit orang yang masih bingung dengan pengertian efisien dan efektif dan apa perbedaannya karena sekilas dua kata ini tampak sama dan sama-sama mengandung arti “memiliki efek”. Akibatnya orang jadi kebalik-balik dalam menggunakan kata ini. Apakah Anda juga seperti itu? Kalau begitu sebaiknya Anda menyimak penjelasan pengertian efektif dan efisien serta perbedaannya (disertai contoh) berikut ini.

 

Pengertian efektif

Pengertian efektif adalah pencapaian tujuan atau target yang diinginkan berdasarkan pemilihan strategi, sarana dan prasarana yang ditentukan sebelumnya. Jadi jika Anda mengatakan strategi X efektif berarti strategi X tersebut berhasil membantu Anda mencapai target. Kata efektif berfokus pada hasil, apakah mencapai target yang diinginkan, bukan pada proses. Karena efektif berfokus pada hasil, maka besarnya biaya dan waktu yang diperlukan untuk mencapai target biasanya tidak diindahkan.

Contoh penggunaan kata efektif adalah:

  • Kita harus mencari solusi efektif agar semua orang bisa bahagia.
  • Metode belajar ini tidak efektif karena saya tetap saja gagal dalam mengerjakan soal ujian.

 

Pengertian efisien

Pengertian efisien adalah proses pencapaian tujuan dengan menggunakan strategi paling baik dan dengan sedikit mungkin memakai sarana, prasaran dan sedikit mungkin menghabiskan waktu, biaya, dan usaha. Jadi jika Anda mengatakan strategi A efisien berarti strategi A membantu Anda mencapai tujuan namun tetap menghemat pemakaian biaya, waktu, usaha, sarana, dan prasarana. Kata efisien berfokus pada proses mencapai tujuan, apakah proses tersebut dilakukan dengan secara hemat atau boros?

Contoh pemakaian kata efisien adalah:

  • Kapasitas bahan bakar mobil H sangat efisien. (Kalimat ini berarti mobil H bisa menempuh jarak jauh namun bahan bakar yang digunakan sedikit).
  • Produksi tahunan mengalami kerugian. Kita harus mencari cara efisien untuk mengatasinya.

 

Perbedaan efektif dan efisien

Efektif adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan apa yang diinginkan tidak peduli berapa banyak biaya, waktu dan energi yang dibutuhkan sedangkan efisien adalah melakukan sesuatu dengan berusaha menghemat sumber daya, waktu, dan energi.

Efektif itu usaha memaksimalkan hasil produksi sedangkan efisien itu usaha memaksimalkan sumber daya, waktu, dan energi saat proses produksi.

Efektif adalah melakukan sesuatu yang benar (doing the right thing) sedangkan efisien adalah melakukan sesuatu dengan benar (doing the thing right).

Kata lain efektif adalah tepat sasaran karena focus utamanya adalah hasil, sedangkan kata lain efisien adalah tepat guna karena focus utamanya di proses.

Dalam segala bidang terutama di perekonomian ada 4 hal yang bisa terjadi jika dikaitkan dengan efektif dan efisien yaitu:

  1. Suatu strategi efektif dan efisien. Strategi inilah yang paling diinginkan setiap perusahaan karena target perusahaan tercapai namun penggunaan sumber daya, waktu, dan energi bisa ditekan seminimal mungkin.
  2. Suatu strategi bisa efektif tapi tidak efisien. Berarti hasil bisa dicapai tapi biaya produksinya tinggi atau waktu produksinya lama.
  3. Suatu strategi bisa efisien tapi tidak efektif. Biaya produksi rendah atau waktu produksinya cepat tapi tidak memenuhi target seperti tidak mencapai kuota produksi atau kualitas hasil produksinya jelek.
  4. Suatu strategi tidak efektif dan tidak efisien. Kondisi ini paling dihindari perusahaan karena kerugian yang ditimbulkan besar. Kuota produksi tidak terpenuhi atau kualitas produk tetap jelek padahal sudah menghabiskan banyak biaya dan waktu untuk memproduksinya.

 

Contoh perbedaan efektif dan efisien

Agar perbedaan efektif dan efisien lebih mudah dipahami, mari kita lihat ilustrasi berikut ini. Di suatu perusahaan terdapat dua tim yaitu tim A dan tim B. Target perusahaan tersebut adalah menjual 1000 produk setiap bulan dan sistem penjualannya melalui telepon. Tim A berhasil menjual 1000 produk dengan menelepon customer sebanyak 1000 kali panggilan, sedangkan tim B berhasil menjual 1000 produk dengan menelepon customer sebanyak 500 kali panggilan. Ini berarti kerja kedua tim efektif dalam mencapai target. Namun kerja tim B tidak hanya efektif tapi juga efisien karena berhasil meminimal usaha dalam mencapai target yaitu hanya dengan 500 kali telepon saja.

Lalu mana yang lebih baik efektif atau efisien? Itu tergantung pada kebijaksanaan Anda dan perusahaan. Jika Anda ingin produk perusahaan lebih cepat dikenal masyarakat atau Anda ingin perusahaan Anda lebih cepat berkembang dan Anda memiliki sumber daya yang melimpah maka Anda lebih baik mengoptimalkan keefektifan kerja. Tapi jika Anda baru saja merintis perusahaan dengan keterbatasan modal dan sumber daya, keefisienan produksi lebih cocok bagi Anda. Karena lebih baik Anda mengoptimalkan kemampuan produksi Anda dulu baru ekspansi daripada modal dan sumber daya sudah habis duluan sebelum sempat memproduksi.

Itulah pengertian efektif dan efisien serta perbedaannya (disertai contoh). Sekarang Anda sudah mengerti bukan letak perbedaannya dan bagaimana mengaplikasikan kedua kata ini? Semoga informasi ini bermanfaat.