pengertian download dan upload

Pengertian download dan upload serta contohnya (lengkap)

Pengertian download
image pixabay.com

Pengertian download dan upload serta contohnya yang diulas secara lengkap dan mendetail dalam sebuah artikel singkat.

Download dan upload merupakan dua kata yang sangat sering sekali kita jumpai di dunia maya. Kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing dengan kedua kata tersebut akan tetapi ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui apa pengertian dari download dan upload tersebut.

Dalam artikel berikut ini kita akan membahas secara rinci mengenai pengertian 2 kata tersebut. Jadi simak baik-baik artikel ini ya.

Pengertian download

Secara istilah pengertian download adalah proses mengambil file dari komputer lain ke komputer kita yang biasanya dilakukan pada sebuah jaringan komputer global atau yang sering kita kenal dengan istilah internet. 

Untuk melakukan download tentu kita harus berada di sebuah jaringan komputer tersebut. Misalnya saja jika kita ingin mengambil data dari komputer server ke client maka klien harus terkoneksi dengan server entah itu menggunakan jaringan kabel atau nirkabel (wireless).

Sedangkan jika kita mendownload suatu file yang berada di internet maka kita harus terkoneksi dengan server yang menyimpan file tersebut. Cara terkoneksinya bisa menggunakan kabel dari provider internet (Telkom, Biznet dll) atau menggunakan Hp melalui pemancar atau tower.

Pengertian upload

Nah setelah kita membahas mengenai pengertian download tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui apa pengertian dari upload. Jika ada download tentu akan ada upload karena file yang kita download sejatinya awalnya telah diupload oleh seseorang.

Pengertian upload adalah mengunggah atau memindahkan sebuah file dari komputer client ke server dengan tujuan agar file tersebut bisa diakses oleh seseorang. Jadi proses upload merupakan kebalikan dari download, jika download mengambil file dari server maka upload akan memindahkan file dari client ke server.

Salah satu tujuan dari proses upload adalah agar file atau data tersebut bisa diakses atau didownload oleh pengguna lain yang berada di satu jaringan. Proses upload sebenarnya tidak hanya terbatas pada pemindahan file dari komputer client menuju server melalui jaringan internet.

Karena proses upload juga bisa dilakukan tanpa menggunakan jaringan internet, di mana pengunggahan file tersebut hanya dilakukan di sebuah jaringan lokal yang biasanya menggunakan kabel LAN. Baca juga manfaat jaringan komputer

Contoh download dan upload

Jika anda mengira bahwa proses download hanya mengambil video atau gambar dari internet saja maka anda salah. Karena sebenarnya proses loading sebuah halaman website itu juga merupakan proses download.

Karena saat browser membuka sebuah halaman website maka akan ada beberapa file yang didownload. Hanya saja bedanya proses download tersebut tidak mengambil semua file dan menyimpannya di dalam komputer. 

Selain itu saat kita melakukan chatting entah itu menggunakan Whatsapp, Line, Telegram dan lain-lain sebenarnya kita juga melakukan proses upload dan download. Saat kita membaca sebuah pesan, melihat stiker gambar dan video maka kita juga telah mendownloadnya.

Begitu juga sebaliknya saat kita mengirim pesan kepada orang lain maka kita juga telah melakukan sebuah proses upload. Jadi download dan upload tidak hanya dilakukan menggunakan aplikasi khusus yang terbatas pada proses unggah foto atau video saja. 

Aplikasi download

Untuk mendownload sebuah file atau data di internet selain melakukannya secara langsung hanya menggunakan browser kita juga bisa memanfaatkan aplikasi khusus. Beberapa aplikasi ini bisa mempermudah proses download sekaligus mempercepatnya. Salah satu aplikasi download yang cukup terkenal adalah IDM atau Internet Download Manager.

Selain itu kita juga bisa mendownload beberapa file di YouTube menggunakan aplikasi khusus seperti YouTube downloader. Beberapa tool online juga bisa dengan mudah mendownload sebuah video hanya dengan menempelkan url ke dalam tempat yang sudah disediakan.

Demikian tadi ulasan mengenai pengertian download dan upload yang mungkin masih belum anda ketahui. Semoga dengan membaca informasi di atas anda bisa lebih memahami kedua istilah tersebut.