arti kata eksploitasi

Arti kata eksploitasi, pengertian serta contohnya

Arti kata, Pengertian
arti kata eksploitasi
arti kata eksploitasi

Eksploitasi atau exploitation dalam bahasa Inggris merupakan sebuah kata yang sering sekali kita dengar. Kata eksploitasi seringkali dianggap sebagai sesuatu hal yang negatif karena kata ini sering digambarkan sebagai sesuatu yang merusak. Akan tetapi Apakah anda tahu apa sebenarnya arti kata eksploitasi dan pengertiannyanya?. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai definisi dan pengertian eksploitasi mari simak artikel berikut ini:

Arti kata eksploitasi

Arti kata eksploitasi adalah memanfaatkan sesuatu untuk memperoleh keuntungan sendiri tanpa mempedulikan hasil atau dampak yang ditimbulkan.

Ada dua jenis eksploitasi, yang pertama yaitu mengeksploitasi sesuatu atau barang. Dan yang kedua adalah mengeksploitasi orang atau individu.

Pengertian eksploitasi

Dalam beberapa hal terkadang eksploitasi diartikan sebagai sesuatu yang negatif padahal tidak selamanya eksploitasi itu buruk. Mengeksploitasi suatu barang artinya adalah memanfaatkan barang tersebut untuk kepentingan diri kita pribadi. Meskipun tidak selamanya buruk, akan tetapi eksploitasi memang lebih sering menimbulkan hal yang negative. Misalnya saja eksploitasi hutan yang itu artinya memanfaatkan hutan untuk kepentingan diri sendiri tanpa mempedulikan dampak buruk yang dihasilkan dari eksploitasi tersebut.

Eksploitasi individu

Mengeksploitasi seseorang berarti mengambil keuntungan secara tidak adil dari mereka. Ini adalah menggunakan kerentanan orang lain untuk keuntungan diri sendiri. Tentu saja, memanfaatkan kerentanan orang lain tidak selalu salah secara moral. Misalnya saat seseorang bermain catur, pasti kita akan mengeksploitasi kelemahan dari lawan kita, tentu kata eksploitasi disini bukan hal yang buruk. Tetapi beberapa bentuk pengambilan keuntungan tampaknya jelas salah, dan ini adalah perasaan eksploitatif normatif yang menjadi perhatian utama para filsuf moral dan politik.

Contoh eksploitasi individu yang tidak sehat

Eksploitasi dapat bersifat transaksional atau struktural . Dalam kasus sebelumnya, ketidakadilan adalah properti dari transaksi diskrit antara dua atau lebih individu. Sebuah toko pakaian yang membayar upah rendah pada karyawannya, misalnya, atau sebuah perusahaan riset farmasi yang menguji obat pada subyek miskin di negara berkembang, dapat dikatakan mengeksploitasi orang lain dalam pengertian negatif. Tetapi eksploitasi juga bisa bersifat struktural properti lembaga atau sistem di mana “aturan main” secara tidak adil menguntungkan satu kelompok orang sehingga merugikan kelompok lain.

Eksploitasi juga bisa berbahaya atau saling menguntungkan . Eksploitasi yang berbahaya melibatkan interaksi yang membuat korban lebih buruk daripada dirinya, dan dari yang seharusnya misalnya adalah perdagangan perempuan dll. Tetapi seperti yang akan kita lihat di bawah, tidak semua eksploitasi berbahaya. Eksploitasi juga dapat saling menguntungkan, di mana kedua belah pihak berjalan lebih baik daripada sebelumnya.

Eksploitasi terhadap alam

Eksploitasi sumber daya alam, eksplorasi, penambangan dan pengolahan telah menyebabkan berbagai jenis kerusakan lingkungan yang meliputi gangguan ekologis, perusakan flora dan fauna alami, polusi udara, air dan tanah, ketidakstabilan massa tanah dan batu, degradasi bentang alam, penggurunan dan pemanasan global.

Kerusakan lingkungan pada akhirnya akan mengakibatkan pemborosan lahan subur serta tanaman ekonomi dan pohon. Karena banyak kerusakan tidak dapat dihindari jika sumber daya alam harus dikembangkan, baik pemerintah dan industri sumber daya alam harus dilibatkan dalam mengambil tindakan pencegahan dan perbaikan yang dapat meminimalkan dampak buruk dari eksploitasi sumber daya alam. Penekanan harus bergeser dari pembuangan limbah ke minimalisasi limbah melalui penyortiran, daur ulang, bioremediasi, penghijauan, pengolahan limbah dan pengendalian polusi.

Sementara pemerintah harus memberikan peraturan perundang-undangan dengan sanksi yang sesuai atau di mana badan pengatur ini sudah ada, penegakan hukum dan implementasi kebijakan sangat penting. Industri minyak dan gas, perusahaan pertambangan dan lembaga eksploitasi sumber daya alam lainnya diharapkan untuk melakukan tindakan pencegahan, pemulihan atau kompensasi atas kerusakan yang terjadi.

Demikian tadi secuil mengenai pengertian dan arti kata eksploitasi. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi anda.