Pengertian Bahasa Pemrograman Komputer dan Contohnya

Pengertian
Pengertian Bahasa Pemrograman Komputer
image from pixabay.com

Pengertian Bahasa Pemrograman Komputer dan Contohnya. Supaya komputer bisa menyelesaikan tugas tertentu, seorang programer akan membuat instruksi dalam bentuk bahasa pemrograman. Pengertian bahasa pemrograman komputer tidak seperti pengertian bahasa literatur atau bahasa manusia. Bahasa pemrograman komputer juga memiliki struktur dan tingkatannya sendiri. Berikut ini penjelasannya.

 

Pengertian bahasa pemrograman komputer

Bahasa pemrograman komputer adalah susunan instruksi yang ditulis programer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Bahasa pemrograman komputer terdiri atas sintaksis (struktur kalimat) dan semantik (makna) juga meski jauh berbeda dengan sintaksis dan semantik bahasa literatur. Bagi orang awam terkadang sintaksis dan semantik bahasa pemrograman komputer seperti tidak ada artinya. Contohnya saja bahasa pemrograman klasifikasi bahasa mesin yang hanya terdiri dari bilangan biner 1 dan 0. Orang awam mungkin hanya melihat angka 1 dan 0 yang dijajarkan satu persatu dan tidak bisa melihat arti dari jajaran angka 1 dan 0 tersebut sedangkan programer melihat barisan biner sebagai kode perintah.

 

Tingkatan bahasa pemrograman komputer

Bahasa pemrograman komputer diklasifikasikan atas 4 tingkatan berdasarkan tingkat kedekatannya dengan bahasa manusia.

1. Bahasa mesin

Bahasa mesin adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bilangan biner dalam penyusunan kode perintah. Sebagai contoh 01011010100010. Bahasa mesin merupakan bahasa pemrograman paling awal ketika mesin belum bisa menerima perintah-perintah yang kompleks. Program untuk menerjemahkan kode biner ini disebut loader.

2. Bahasa tingkat rendah

Bahasa tingkat rendah biasa disebut juga bahasa rakitan atau Assembly. Assembly sudah menggunakan kode bahasa sebagai kode perintah meski masih berupa singkatan (kode mnemonic). Biasanya satu kode assembly mewakili satu perintah contohnya MOV, LOOP, SUB, PUSH, JMP, dan lain sebagainya.

3. Bahasa tingkat menengah

Bahasa pemrograman tingkat menengah sudah menggunakan input bahasa manusia meski bahasa manusia yang digunakan adalah bahasa yang paling sederhana. Terkadang bahasa tingkat menengah juga menggunakan simbol-simbol yang ada dalam bahasa seperti &&, ?, {,}, <<, >>, dan lain sebagainya. Bahasa tingkat menengah juga bisa dianggap sebagai bahasa tingkat tinggi tergantung kekompleksan bahasa yang dipakai.

4. Bahasa tingkat tinggi

Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang dipakai oleh hampir semua program modern. Bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan bahasa yang dimengerti manusia yang kemudian dikombinasikan satu sama lain untuk memberi instruksi pada komputer. Bahasa-bahasa manusia yang sering kita jumpai dalam program Visual Basic, PHP, Java, ASP seperti If, Begin, End, Or, For, And, Else, True, False dan seterusnya, itulah yang disebut dengan bahasa tingkat tinggi. Untuk menerjemahkan bahasa manusia yang terdapat dalam instruksi pemrograman, komputer membutuhkan program khusus yang disebut interpreter atau compiler.

Jenis-jenis bahasa pemrograman komputer

  • C yang merupakan bahasa pemrograman sistem operasi dan jaringan komputer. Tapi bahasa C juga bisa digunakan dalam pembuatan software.
  • PHP yang merupakan bahasa pemrograman web.
  • ASP sama seperti PHP merupakan bahasa pemrograman web.
  • Visual Basic merupakan bahasa pemrograman untuk pengembangan software untuk komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows.
  • Java merupakan bahasa pemrograman untuk pengembangan software komputer dan ponsel.
  • JavaScript. Meski sama-sama mengandung kata Java, namun fungsi bahasa pemrograman JavaScript berbeda dengan saudaranya. JavaScript dipakai dalam pengembangan browser web.
  • Phyton merupakan bahasa pemrograman software yang bisa dipakai komputer lintas sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux.
  • SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan sebagai server database.
  • HTML adalah bahasa pemrograman untuk mengatur alamat web dan konten web.

Masih banyak jenis bahasa pemrograman komputer lainnya. Jika Anda ingin menjadi seorang programer yang mumpuni, Anda tidak bisa berhenti di pengertian bahasa pemrograman komputer saja tapi harus lanjut menguasai masing-masing tingkatan bahasa serta berlatih setiap jenis bahasa pemrograman. Semoga berhasil.

Demikian tadi ulasan mengenai Pengertian Bahasa Pemrograman Komputer dan Contohnya semoga bisa memberikan manfaat untuk pembaca.