13 Definisi atau pengertian bahasa menurut para ahli

Pengertian bahasa
Pengertian bahasa
image from pixabay.com

Definisi atau pengertian bahasa menurut para ahli. Asal kata bahasa berasal dari bahasa Sansekerta, bhasa. Bahasa adalah sarana komunikasi makhluk hidup baik sesama manusia atau dengan makhluk lain. Bahasa merupakan kunci utama komunikasi dan menjalani interaksi sosial setiap harinya. Tanpa bahasa, akan muncul kebisuan di dunia. Bahasa yang bernilai adalah bahasa yang dapat dipahami dengan baik oleh mereka yang mendengarkan sehingga tidak muncul salah paham.

 

Pengertian bahasa

Bahasa alamiah yang paling sederhana adalah bahasa isyarat dengan menggunakan gesture tubuh. Dengan kecanggihan ilmu pengetahuan, bahasa tersebut dapat ditafsirkan dengan baik. Saat ini, tercatat ada sekitar 6000 sampai dengan 7000 bahasa di seluruh dunia yang digunakan. Lalu, apa pengertian bahasa menurut para ahli?

1. Harun Rasyid

Menurutnya, bahasa adalah struktur yang tidak lepas dari maknanya. Bahasa terbebas dari kegunaannya yang hanya sekedar tanda yang berguna untuk mewujudkan maksud dan tujuan (dari pembicara).

2. Hasan Alwi

Hasan Alwi menyatakan bahwa yang dimaksud bahasa adalah sistem lambang yang sifatnya arbiter. Dengan bahasa, Anda bisa saling bekerjasama, dan saling berinteraksi, dan mengenalkan diri terhadap apa yang dimaksud dengan tingkah laku yang baik dan apa itu sopan santun.

3. Wittgenstein

Seorang ahli bahasa, Witgenstein, menyatakan bahwa yang dimaksud bahasa adalah bentuk ide yang dapat dipahami dengan baik dan ada kaitannya dengan realitas, struktur dan bentuknya yang masuk akal. Jadi, ada tiga kualifikasi yang dimiliki bahasa, yaitu berhubungan dengan realitas, memiliki structur yang jelas, dan sifatnya masuk akal.

4. D.P Tambulan

Menurut ahli bahasa yang satu ini, bahasa tidak lepas dari fungsi praktisnya. Bahasa adalah sarana untuk memahami dan mengerti pikiran dan perasaan orang lain termasuk juga sarana untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran diri sendiri (kepada lawan bicara).

5. Ferdinand De Saussure

Saussure yang teorinya banyak dikutip oleh pembelajar bahasa ini, menyatakan bahwa bahasa adalah pembeda. Dengan berbahasa, sebuah kelompok dalam masyarakat dinyatakan berbeda dengan kelompok yang lain.

6. Plato

Seorang filsuf dengan pemikirannya yang esensialis ini mendefinisikan bahasa dengan begitu detail. Apa itu bahasa? Menurutnya bahasa adalah pernyataan yang mewakili isi pikiran yang diucapkan melalui perantara sesuatu, atau nama benda-benda dan ucapan yang merupakan manifestasi dari ide seseorang yang diucapkan dengan media mulut. Jadi, ada cukup banyak elemen yang terlibat disini, yaitu ide, mulut, ucapan, sesuatu, dan nama benda yang mewakili ide.

7. Sudaryono

Menurutnya, bahasa adalah media komunikasi yang efektif meskipun tidak sempurna. Dari ketidaksempurnaan itu akan muncul kesalahpahaman.

8. William A. Haviland

Menurutnya, bahasa adalah sistem bunyi yang jika digabungkan sesuai dengan aturannya akan menimbulkan arti yang dapat dipahami oleh yang mendengarkan yang memakai bahasa tertentu.

9. Santoso

Definisi bahasa yang praktis disampaikan oleh Santoso. Menurutnya, bahasa adalah serangkaian bunyi yang diucapkan dengan menggunakan media mulut saat sedang dalam kondisi sadar.

10. Walija

Menurutnya, bahasa adalah sarana komunikasi yang paling efektif, yang berperan penting dalam menyampaikan pesan, ide, maksud, pendapat, perasaan, kepada orang lain yang diajak bicara.

11. Gorys Keraf

Bahasa adalah alat komunikasi dari satu orang ke yang lain dan merupakan simbol bunyi yang muasalnya adalah dari alat ucap manusia.

12. Felicia

Bahasa adalah sarana komunikasi baik itu berupa lisan maupun tulisan

13. Harimurti Kridalaksana

Bahasa adalah sistem bunyi yang mengandung makna dan digunakan sebagai sarana komunikasi oleh umat manusia.

Demikian Definisi atau pengertian bahasa menurut para ahli, semoga bermanfaat.