Pengertian Akuntansi Keuangan menururt para ahli beserta fungsinya

pengertian akuntansi keuangan
pengertian akuntansi keuangan
image from pixabay.com

Pengertian Akuntansi Keuangan menururt para ahli beserta fungsinya. Dalam kegiatan ekonomi dan bisnis, akuntansi menjadi bagian tidak terpisahkan. Lebih spesifik, akuntansi keuangan menjadi salah satu bagian dari akuntansi yang keberadaannya mendukung perkembangan ekonomi dan bisnis itu sendiri. Selama ini akuntansi menjadi salah satu bidang ilmu yang banyak diminati karena dibutuhkan dunia kerja. Namun tahukah Anda apa itu akuntansi dan juga akuntansi keuangan itu sendiri?

 

Apa Itu Akuntansi Keuangan?

Akuntansi keuangan merupakan bagian dari akuntansi itu sendiri. Jika akuntansi adalah proses pencatatan transaksi keuangan yang terjadi dalam sebuah perusahaan atau bisnis, akuntansi keuangan memiliki pengertian yang tidak berbeda jauh. Akuntansi keuangan lebih kepada persiapan laporan keuangan untuk internal dan eksternal perusahaan yang membutuhkan seperti pemegang saham, kreditor hingga pemasok yang bekerja sama dengan perusahaan.

Sederhananya, akuntansi keuangan adalah sebuah sistem. Sistem yang mengatur bagaimana pencatatan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Dimana pencatatan ini nantinya tidak hanya disimpan melainkan digunakan untuk disajikan sebagai laporan keuangan. Siapa yang menggunakan laporan ini? Tentu saja pihak yang memiliki kepentingan atas laporan akuntansi keuangan yakni pihak internal dan juga eksternal perusahaan.

Mengenai transaksi keuangan yang dicatat dan dianalisis hingga menghasilkan sebuah laporan, terdiri dari berbagai macam. Salah satunya transaksi yang berhubungan dengan perubahan aset perusahaan. Selain itu dapat juga berupa transaksi ekualitas hingga kewajiban dari perusahaan itu sendiri. Pada intinya setiap transaksi yang melibatkan keuangan perusahaan dicatat dan dibuat laporan untuk mereka yang berkepentingan.

 

Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Ahli

Kieso dan Weygant dalam bukunya yang berjudul Intermediate Accounting menyatakan bahwa, akuntansi keuangan merupakan serangkaian proses. Nantinya serangkaian proses ini akan berakhir pada dibuatnya laporan keuangan dari sebuah perusahaan. Laporan yang dibuat ini sifatnya menyeluruh. Sementara pengguna dari laporan ini adalah pihak internal dan juga eksternal perusahaan yang cukup berkepentingan dalam pembuatan kebijakan.

Sementara pengertian akuntansi keuangan menurut Sugiarto dalam buku Pengantar Akuntansi (2002), menyatakan bahwa akuntansi keuangan menjadi salah satu bidang khusus dari akuntansi itu sendiri. Sementara bidang akuntansi keuangan adalah fokus pada menyiapkan laporan keuangan perusahaan yang dilakukan secara berkala. Laporan keuangan ini juga menjadi salah satu bentuk tanggung jawab manajemen kepada pihak pemegang saham atau eksternal perusahaan.

Niswonger, Fess dan Warrant menyebutkan akuntansi keuangan sebagai bidang dari akuntansi yang erat kaitannya dengan mencatat dan melaporkan. Tentunya yang dicatat dan dilaporkan adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan sebuah perusahaan. Laporan yang dibuat ini berwujud banyak informasi tentang keuangan yang dimanfaatkan oleh banyak pihak dari pemerintah, kreditor, masyarakat hingga pemilik perusahaan itu sendiri.

Menurut Jogianto, akuntansi keuangan berkaitan dengan proses penyediaan informasi keuangan yang dibuat atau dilakukan oleh sebuah perusahaan. Informasi ini berupa data-data dalam kurun waktu satu periode hingga beberapa periode silam sesuai kebutuhan. Data yang dimaksud dapat berupa balance sheet, retained earning, income statement dan banyak lagi yang dimanfaatkan oleh pihak internal dan eksternal dalam mengambil keputusan.

 

Fungsi Akuntansi Keuangan

Secara umum, akuntansi keuangan merupakan proses pembuatan laporan keuangan perusahaan itu sendiri. Karena itu fungsi umumnya adalah untuk memberitahukan kepada pihak-pihak yang membutuhkan mengenai transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Sehingga nantinya laporan keuangan yang diberikan dapat menjadi acuan pengambilan keputusan dan kebijakan perusahaan. Selain itu fungsi dari akuntansi keuangan secara umum adalah sebagai berikut:

  • Memeriksa keuntungan dan kerugian sebuah perusahaan. Melalui sebuah laporan keuangan, manajemen dapat melihat seberapa besar keuntungan yang didapatkan perusahaan sekaligus kerugian yang ditanggung.
  • Memberikan laporan keuangan kepada manajemen perusahaan untuk dapat dipertanggung jawabkan kepada pihak eksternal yang membutuhkan.
  • Memberikan bantuan kepada perusahaan untuk menetapkan masing-masing hak dari banyak pihak yang berperan besar dalam perkembangan perusahaan.
  • Memantau kegiatan perusahaan untuk menghindari terjadinya kerugian. Pengawasan dapat dilakukan baik pihak internal dalam hal ini manajemen hingga pihak eksternal perusahaan.
  • Membantu perusahaan mencapai target dari evaluasi dan analisis yang dilakukan pada laporan keuangan yang telah dibuat.

 

Fungsi Akuntansi Keuangan Sesuai Jenis Laporan

Hasil akhir laporan dari akuntansi keuangan bermacam-macam. Dari mulai laporan keuangan berbentuk neraca, laporan laba rugi hingga perubahan modal. Neraca menjelaskan posisi keuangan perusahaan sesuai tanggal kesepakatan. Neraca juga berfungsi sebagai laporan sumber keuangan yang digunakan dalam membiayai kegiatan perusahaan. Selain itu terdapat fungsi akuntansi keuangan lainnya berdasarkan jenis laporan keuangan yang dibuat di antaranya sebagai berikut:

  • Laporan laba rugi berfungsi sebagai laporan yang menunjukkan efektivitas manajemen dalam mengelola perusahaan. Laba rugi juga berfungsi sebagai laporan alokasi modal yang diberikan perusahaan. Termasuk membuat konsep atau rencana dalam mendapatkan laba jangka panjang.
  • Laporan perubahan modal berfungsi untuk mengetahui dan menunjukkan terjadinya perubahan aktiva. Juga untuk melihat sekaligus melakukan evaluasi perubahan kewajiban perusahaan. Laporan perubahan modal juga sering kali difungsikan sebagai evaluasi kinerja dari suatu perusahaan.
  • Laporan aliran kas berfungsi sebagai laporan jumlah kas yang ada di dalam perusahaan. Sehingga pihak internal terutama pihak eksternal seperti investor dapat menggunakan aliran kas untuk evaluasi perusahaan. Laporan aliran kas juga digunakan manajemen perusahaan untuk mengantisipasi adanya risiko kerugian baik jangka pendek atau jangka panjang.

Demikian tadi informasi mengenai Pengertian Akuntansi Keuangan Dan Fungsinya semoga berguna bagi anda.

Pencarian terkait:

  • akuntansi keuangan