Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan

Posted on

Pengertian Administrasi Keuangan adalah suatu usaha pengelolaan yang mencakup semua kegiatan yang terkait bersama keuangan fungsi meraih tujuan suatu perusahaan atau organisasi. Tapi, sebagian di antara kita juga masih banyak yang belum mengetahui makna dari administrasi keuangan yang sebenarnya.

Karena, biasanya dari kita berasumsi bahwa administrasi keuangan adalah staff yang mengenai bersama dengan kegiatan pembayaran.

Pengertian Administrasi

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu administrasi dan pengertiannya. Berikut Caraprofesor.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber yang bisa anda pelajari, selamat membaca.

Pengertian Administrasi Di Dalam Konteks Keuangan

Pada dasarnya, administrasi adalah suatu bentuk kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk membantu, mengatur, ataupun melayani kegiatan agar sanggup tercapai sesuai bersama dengan tujuannya. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar seluruh kepentingannya sanggup diatur bersama dengan baik.

Pengertian administrasi  juga diartikan sebagai suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok manusia bersama dengan sebagian tahapan secara tertib dan dipimpin bersama dengan lebih efisien dan efisien pakai fasilitas yang tepat agar sanggup menggapai obyek yang sebelumnya sudah ditetapkan bersama. Di dalam sistem pengerjaannya, administrasi bakal mengembangkan pekerjaan dan fungsinya.

Secara umum, sanggup diartikan bahwa kegiatan administrasi hanya sanggup terlaksana jika orang yang berkepentingan sanggup melakukan kegiatan administrasi itu sendiri.

Jika pelaksanaannya sanggup dilakukan bersama dengan lebih cepat, maka tentunya bakal lebih menguntungkan pihak perusahaan. Salah satu kunci agar pengerjaan administrasi sanggup dilakukan bersama dengan baik, maka seluruh orang yang tersedia di dalamnya harus sanggup melakukan kerjasama bersama dengan baik sesuai bersama dengan tanggung jawabnya masing-masing.

Di masa moderen dan serba digital layaknya waktu ini, komitmen kerja administrasi bakal sangat menunjang seluruh sistem pengembangan perusahaan. Hal ini sangat berguna agar sanggup menggerakan begitu banyak ragam kegiatan operasional perusahaan.

Baca juga  Berikut Yang Merupakan Sasaran Utama Administrasi Keuangan Adalah

Selain itu, pihak perusahaan pun harus mengetahui sistem dan organisasi secara menyeluruh agar usahanya sanggup berkembang bersama dengan apa yang diharapkan. Terlebih lagi, keuangan adalahsalah satu komponen perlu yang tersedia didalam usaha apapun.

Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Menurut para ahli pengertian administrasi keuangan di bagi 2 yaitu dalam artian sempit dan artian luas, oke langsung saja ke pembahasannya.

1. Dalam Arti Sempit

Pengertian administrasi keuangan didalam makna sempit adalah semua kegiatan yang terkait bersama pencatatan pemasukan dan pengeluaran untuk pembiayaan berbagai kegiatan organisasi, di mana bentuknya berwujud tata bisnis atau tata pembukuan keuangan.

2. Dalam Arti Luas

Pengertian administrasi keuangan didalam makna luas adalah suatu kebijakan mengenai pengadaan dan pemanfaatan keuangan organisasi untuk mewujudkan kesibukan organisasi tersebut, di mana bentuknya berwujud pengelolaan keuangan meliputi perencanaan, pengaturan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan.

Menurut The Liang Gie, pengertian administrasi keuangan adalah sistem perencanaan, penyediaan, dan pemanfaatan duwit didalam suatu perusahaan/ organisasi. Administrasi keuangan merupakan kegiatan penataan keuangan, yang mencakup penyusunan anggaran belanja, penentuan sumber dana, langkah pemakaian, hingga pembukuan.

Ringkasnya, pelaksanaan administrasi keuangan yang baik dapat berdampak positif pada produktifitas dan termasuk bagi situasi kerja di sebuah perusahaan. Dengan begitu, maka pengelolaan keuangan di suatu perusahaan dapat lebih teratur bersama baik dan membuahkan output yang terlalu baik bagi perusahaan itu sendiri.

Tujuan Administrasi Keuangan

Tujuan berasal dari diadakannya administrasi keuangan pada dasarnya adalah untuk produksi dan juga mengatur keuangan berasal dari sebuah perusahaan agar sistem keuangan yang terdapat didalam unit perusahaan itu sanggup dilakukan bersama dengan baik. Sehingga, hal tersebut sanggup dipertanggungjawabkan seluruh kebenarannya berdasarkan seluruh keputusan yang sedang berlaku.

Selain itu, administrasi keuangan memiliki obyek lain, yaitu:

  • Mempermudah sistem pengeluaran dan pemasukan duwit pada suatu perusahaan.
  • Mempermudah kegiatan transaksi keuangan, dikarenakan setiap transaksi yang dilakukan sanggup ditunjukkan bersama dengan bukti yang sanggup dipertanggung jawabkan.
  • Mempermudah manajernya didalam mengetahui kondisi keuangan perusahaan didalam kurun waktu tertentu.

Fungsi Administrasi Keuangan

Mengacukan pada makna administrasi keuangan di atas, faedah administrasi keuangan secara lazim adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Investasi

Fungsi investasi didalam hal ini adalah semua kegiatan pengelolaan dana ke didalam aktiva-aktiva yang dipakai untuk meraih obyek organisasi. Investasi dapat didapatkan berasal dari modal organisasi atau berasal dari luar.

Baca juga  Berikan Beberapa Bukti Bahwa Jepang Dapat Dikategorikan Sebagai Negara Industri

Invetasi dapat dibagi jadi dua kelompok, yaitu:

  • Investasi jangka pendek, misalnya kas, persediaan, piutang dan sebagainya.
  • Investasi jangka panjang, misalnya tanah, peralatan produksi, gedung, kendaraan, dan sebagainya.

2. Fungsi Mencari Dana

Dalam hal ini faedah melacak dana adalah faedah untuk melacak modal untuk membiayai semua kegiatan yang dikerjakan oleh organisasi. Selain itu termasuk berfungsi untuk memilah dan memilih berbagai sumber dana yang tepat untuk tiap-tiap jenis kebutuhan.

Artinya, suatu perusahaan harus memilih apakah dana disita berasal dari pinjaman jangka pendek, pinjaman jangka panjang, atau berasal dari modal perusahaan itu sendiri.

3. Fungsi Pembelanjaan

Ini merupakan semua kesibukan yang tentang bersama pemanfaatan dana yang digunakan untuk membiayai semua kegiatan, baik itu dana milik sendiri maupun dana berasal dari luar. Dengan kata lain, faedah pembelanjaan di sini tentang bersama sistem memproduksi maupun pendukung sistem produksi.

4. Fungsi Pembagian Laba

Ini adalah kesibukan pembuatan dan penentuan peraturan didalam jatah keuntungan hasil usaha. Fungsi jatah laba termasuk dapat dimasukkan ke didalam faedah melacak dana. Dalam artian, perusahaan mengupayakan mengembangkan usaha-usaha perusahaan berasal dari dana perusahaan itu sendiri.

Manfaat Administrasi Keuangan

Setelah paham pengertian administrasi keuangan dan fungsinya, tentu saja kita termasuk harus paham apa saja faedah administrasi keuangan tersebut. Secara umum, setidaknya tersedia tiga faedah berasal dari administrasi keuangan, yaitu:

  • Pencatatan penerimaan dan pengeluaran suatu organisasi jadi lebih teratur.
  • Penggunaan dana organisasi jadi lebih terkendali, lebih bermanfaat, dan lebih terkoordinasi.
  • Dengan adanya administrasi keuangan maka kemungkinan terjadinya kesalahan pembuatan laporan keuangan dapat diminimalisir.

Komponen Administrasi Keuangan

Dalam pelaksanaannya, administrasi keuangan terdiri berasal dari lebih dari satu komponen, yaitu:

Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan, yaitu semua kesibukan perencanaan pemasukan dan pengeluaran keuangan didalam jangka selagi tertentu.

Penganggaran Keuangan

Penganggaran Keuangan, yaitu semua kesibukan yang terkait bersama pemasukan, pengeluaran, dan kesibukan lainnya yang direncanakan sebelumnya dan dibuat detail anggarannya.

Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan Keuangan, yaitu pemanfaatan dana sedemikian rupa yang memiliki tujuan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan/ organisasi.

Pencarian Keuangan

Pencarian Keuangan, yaitu semua hal yang terkait bersama usaha pengadaan dana agar semua kesibukan perusahaan dapat berlangsung bersama baik.

Baca juga  Pengertian, perbedaan, serta dampak kolonialisme dan imperialisme

Penyimpanan Keuangan

Penyimpanan Keuangan, yaitu kegiatan pengumpulan dana perusahaan dan menyimpannya di tempat yang aman.

Pengendalian Keuangan

Pengendalian Keuangan, yaitu semua hal yang terkait bersama penilaian dan perbaikan sistem/ kinerja bagian keuangan pada suatu perusahaan.

Pemeriksaan Keuangan

Pemeriksaan Keuangan, yaitu hal-hal yang tentang bersama audit internal pada bagian keuangan perusahaan sebagai usaha pencegahan terjadinya penyimpangan.

Tugas-Tugas Seorang Administrasi Keuangan

Seorang staff adminstrasi keuangan memiliki peran atau tugas spesifik didalam suatu perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Rencana Keuangan

Pada prinsipnya, konsep keuangan ini mencakup banyak aspek, juga pendapatan, pembayaran, dan pinjaman yang dibikin secara terstruktur dan sistematis. Pembuatan draf ini biasanya dilakukan atas dasar hasil laporan ataupun arsip berasal dari sebagian periode sebelumnya.

2. Membuat Laporan Keuangan

Tanggung jawab lainnya berasal dari seorang staff administrasi adalah menyusun laporan keuangan tahunan. Persiapan dan pelaksanaannya sanggup dilakukan secara bertahap, menjadi berasal dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Seluruhnya sanggup dilakukan berdasarkan nilai kegiatan atau aliran arus kas yang masuk, keluar, utang, dll.

3. Mengelola Uang Tunai

Mengelola duwit tunai atau modal ini pada biasanya jadi tanggung jawab seorang manajemen keuangan. Dalam hal ini,tugas yang harus dilakukan adalah melaporkan penarikan dana atau setoran, membuka rekening, pilih banyaknya kuantitas setoran dana, dan juga mencatat seluruh transaksi yang mengenai bersama dengan duwit tunai perusahaan.

4. Mengelola Kredit atau Pinjaman

Staff administrasi keuangan juga harus mengelola dana pinjaman atau kredit yang jadi beban suatu perusahaan. Biasanya, hal ini mengenai bersama dengan pemberian tagihan dan melakukan pembayaran atau utang-piutang suatu perusahaan.

Petugas Administrasi Keuangan

Pelaksanaan administrasi keuangan dikerjakan oleh lebih dari satu petugas, diantaranya adalah:

1. Administrasi Kantor (Sekretaris)

Tugas dan tanggungjawab administrasi kantor adalah sebagai berikut:

Bertanggungjawab atas kesibukan keuangan pada pimpinan perusahaan bersama pihak bank, misalnya pada selagi penyimpanan duwit di Bank.

Melakukan pembayaran sumbangan dana atau rekening pajak atas nama pimpinan perusahaan.

Menangani kas kecil bersama lakukan pencatatan dan menyediakan dana untuk keperluan teratur yang nilainya kecil.

2. Bendahara (Kasir)

Tugas dan tanggungjawab seorang bendahara/ kasir adalah menerima keinginan pengajuan dana kas kecil dan termasuk laporan pembukuan kas kecil berasal dari administrator kantor. Selanjutnya, isikan dana kas kecil didalam wujud duwit tunai atau cek.

3. Manajer Keuangan

Tugas dan tanggungjawab seorang manajer keuangan adalah menerima dan lakukan pengecekan pada laporan kas kecil, dan menyetujui keinginan pengisian dana kas kecil.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian administrasi keuangan, dari caraprofesor.com Semoga bermanfaat.