Pengendalian Jamur Akar Putih Pada Karet

Posted on

Mungkin sebentar lagi aku akan menjadi petani karet profesional, karena tahu panduan budidaya tanaman karet dan cara panennya. Sepertinya nanti akan ada banyak uang mengalir, atau minimal akan ada bahan baku untuk membuat balon.

Mulai Dari Bijinya

Tanaman karet

Bukan cuma bijinya saja, tapi juga persiapan lahan. Sebelum menanam biji karet, sebaiknya sobat petani sudah menyiapkan lahan yang ideal untuk tanaman karet. Lahan yang ideal untuk tanaman karet biasanya memiliki tingkat keasaman antara 4-6. Setelah itu, baru deh tanam biji karet dengan jarak antar tanaman sekitar 2 meter.

jaga Kelembapan Tanah

Kelembapan Tanah

Agar si tanaman karet sehat dan produktif, jangan sampai lahan kering. Tanaman karet akan membutuhkan kelembapan yang cukup sehingga akarnya bisa menyerap nutrisi dengan baik. Caranya, sobat petani bisa menyiram tanaman ini 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Pastikan juga sobat petani menggunakan air yang bersih agar karet tidak mati sebelum waktunya.

Jangan Sampai Kena Hama Musuh

Hama tanaman karet

Beberapa hama paling sering muncul pada tanaman karet adalah wereng, tungau, ulat, dan jamur akar putih. Untuk menghindari kehadiran hama-hama ini, sobat petani bisa melakukan beberapa hal seperti rajin membersihkan gulma, memberikan pupuk yang tepat, dan tidak memanen terlalu banyak.

Panen

Panen karet

Sudah saatnya menghasilkan uang! Setelah 5-6 tahun menanam karet, sobat petani bisa memanen karet. Caranya yaitu sobat petani harus menjahit ujung kelapa sawit ke wadah yang awas juga. Kemudian sobat petani bisa berharap pada alam. Ketika alam sudah memberikan hasil yang cukup, sobat petani bisa membuka jahitan wadah tersebut dan menikmati keuntungannya.

Baca juga  Bagian Bagian Jamur Tempe

Jangan lupa untuk merawat tanaman karet dengan metode budidaya yang tepat. Tanaman karet akan tumbuh subur dan memberikan hasil yang melimpah jika dirawat dengan benar.

Baca artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *