Peci Betawi Kembang Kol

Posted on

Belakangan ini kita sering mendengar istilah “budaya Betawi” sebagai salah satu warisan budaya yang masih terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Jakarta. Salah satu ciri khas dari budaya Betawi adalah pakaian adat yang digunakan oleh masyarakatnya. Berikut adalah beberapa pakaian adat Betawi beserta penjelasannya:

Pakaian Adat Betawi Wanita

Pakaian Sadariah

Pakaian adat Betawi wanita yang paling terkenal adalah Sadariah. Sadariah terdiri dari baju kurung dengan kain batik motif Sunda atau Corak Betawi, serta dilengkapi dengan kembang goyang, capek, dan hiasan kepala bernama jerabah.

Pakaian Adat Betawi Kebaya

Selain Sadariah, wanita Betawi juga kerap menggunakan kebaya sebagai pakaian adat. Kebaya Betawi biasanya dipadukan dengan sarung atau kain batik tulis. Kain batik yang digunakan biasanya berwarna-warni dan memiliki motif khas Betawi.

Pakaian Adat Betawi Pria

Pakaian Adat Betawi Baju Koko dan Songkok

Pakaian adat Betawi pria yang paling terkenal adalah baju koko dan songkok. Baju koko adalah baju yang dipakai untuk shalat, namun kini sudah menjadi pakaian sehari-hari yang biasa dipakai oleh pria Betawi. Baju koko biasanya dipadukan dengan sarung atau celana panjang dan songkok.

Pakaian Adat Betawi Baju Kamaha

Selain baju koko, pria Betawi juga kerap menggunakan baju kamaha sebagai pakaian adat. Baju kamaha terdiri dari baju berwarna putih dengan motif yang dibordir di bagian depannya. Baju ini biasanya dipadukan dengan celana panjang dan kopiah.

Itulah beberapa pakaian adat Betawi beserta penjelasannya. Meskipun sudah tidak banyak yang menggunakan pakaian adat ini di era modern ini, namun masyarakat Betawi masih terus melestarikan budaya dan pernak-perniknya sebagai salah satu ciri khas Jakarta. Yuk, kita semua turut menjaga dan melestarikan keberagaman budaya Indonesia!

Baca juga  Bawang Putih Lokal

Temukan postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *