Fakta paus pilot mulai dari ukuran, makanan dan habitatnya

paus pilot
paus pilot
imgae via pixabay.com

Sebagian besar warna paus pilot adalah hitam pekat meskipun beberapa diantaranya ada yang memiliki warna keabu-abuan. Secara umum, ada dua jenis spesies paus pilot yaitu paus pilot sirip pendek dan sirip panjang. Paus pilot memiliki ukuran relatif kecil dibandingkan paus pembunuh atau paus sperma. Paus pilot jantan memiliki ukuran panjang hingga 25 kaki dengan berat sekitar 3 ton. Untuk yang betina hanya memiliki berat setengah dari berat tersebut dan panjang hanya sekitar 16 kaki.

 

Tingkah laku paus pilot

Paus pilot sangat jarang muncul di permukaan air sehingga mungkin anda tidak akan melihat mamalia ini lebih sering dibandingkan jenis hewan laut lainnya. Paus pilot lebih suka berada di perairan yang lebih dalam dan kadang-kadang pergi ke permukaan air hanya untuk mencari udara. Paus pilot adalah salah satu jenis paus yang memiliki kecerdasan cukup tinggi sehingga sangat mudah dilatih. Paus pilot adalah hewan sosial yang biasanya membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 100 paus di dalamnya.

 

Makanan paus pilot

Paus pilot menyukai cumi-cumi, gurita, ikan herring, dan berbagai ikan kecil lainnya, meskipun demikian sumber makanan utama mereka tetaplah cumi-cumi. Setiap harinya paus pilot dapat menghabiskan 70 kg makanan, dimana jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan jenis paus pada umumnya. Untuk mendapatkan mangsanya paus pilot biasanya bekerja sama karena mamalia ini termasuk hewan sosial. Mereka mencari mangsa dengan mengeluarkan suara jeritan bernada tinggi untuk memikat mangsanya. Hal ini dilakukan secara berkelompok dengan membuat sebuah formasi lingkaran.

 

Penyebaran paus pilot

Pada umumnya paus pilot berada di seluruh lautan di dunia sehingga paus jenis ini sangat mudah sekali ditemukan. Meskipun demikian, paus pilot biasanya suka di perairan tropis dan beriklim sedang. Paus pilot sirip pendek biasanya lebih sering berada di perairan hangat dimana keduanya cenderung terpisah satu sama lainnya karena mereka memiliki habitat berbeda. Meskipun demikian, terkadang mereka bertemu saat proses migrasi karena melewati jalur yang sama.

 

Reproduksi paus pilot

Paus pilot betina biasanya lebih cepat dewasa dibandingkan paus pilot jantan dimana paus pilot betina biasanya mulai bereproduksi saat memasuki usia 9 tahun. Sedangkan untuk paus pilot jantan akan dikatakan dewasa saat sudah berumur 15 tahun. Proses kawin akan terjadi saat paus pilot jantan mulai menunjukkan tindakan agresif untuk mendekati pasangannya. Sang jantan akan menarik perhatian paus pilot betina dengan cara melakukan gerakan-gerakan tertentu. Ukuran anak paus pilot saat baru lahir sekitar 4,7 m panjangnya dan memiliki berat sekitar 135 Pon. Induk paus pilot akan menyusui anaknya selama hampir 2 tahun.

 

Interaksi dengan manusia

Salah satu negara yang sering melakukan perburuan paus pilot adalah Jepang karena mereka sangat menyukai daging ikan paus. Paus pilot sering melakukan perjalanan dalam kelompok yang besar sehingga mereka sangat mudah sekali ditangkap. Meskipun jumlah mereka relatif lebih banyak dibandingkan dengan paus biru akan tetapi mamalia ini juga cukup terancam sehingga harus dilakukan upaya konservasi.