Pabrik Penerima Jagung Kering

Posted on

Jagung kini menjadi primadona di kalangan petani di Bantul. Terlebih lagi, harga jagung pipil kering sedang menggiurkan. Para petani di sana banyak yang mengalihkan usaha mereka dari tanaman lain ke jagung karena menjanjikan. Adalah Kabupaten Bantul yang berada di DIY menjadi salah satu daerah produsen jagung terbesar di Indonesia. Berdasarkan data, area panen jagung di daerah tersebut cukup luas, mencapai sekitar 30 ribu hektar.

Jagung Pipil Kering, Optimal untuk Dipasarkan

petani dengan jagung

Keuntungan menanam jagung pipil kering di Bantul cukup besar karena memiliki potensi pasar yang besar. Dalam sepekan saja, bisa habis 1 ton jagung pipil kering. Hal ini bermakna petani di Bantul cukup mudah untuk menjual hasil panen mereka. Selain itu, harga yang cukup menggiurkan juga memicu para petani di sana untuk beralih dan banyak menanam jagung pipil kering. Rata-rata harga jual jagung pipil kering di Bantul per kilogram mencapai 5 ribu rupiah. Nominal tersebut memang masih fluktuatif, tetapi tidak sebesar harga jagung di daerah lain.

Tips Sukses Menanam Jagung Pipil Kering

jagung pipil kering

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan bagi petani yang ingin menanam jagung pipil kering. Pertama, petani harus memilih bibit jagung yang bagus, sehat, dan berkualitas. Selanjutnya, tentukan waktu tanam yang tepat. Hal ini penting karena jagung membutuhkan cahaya matahari dan kelembaban yang ideal saat masa tumbuh dan masa panen. Petani juga harus rajin memberikan pupuk dan penyiangan pada jagung yang ditanamnya. Jika segala hal tersebut dijalankan dengan baik, petani akan memperoleh hasil yang maksimal pada masa panen.

Baca juga  Alat Kupas Jagung

Potensi Ekspor Jagung Pipil Kering

jagung pipil kering

Selain potensi pasar di dalam negeri, jagung pipil kering juga memiliki peluang besar untuk diekspor ke negara-negara dunia. Hal ini mengingat sekarang ini permintaan jagung di dunia semakin meningkat. Di samping itu, jagung juga menjadi bahan baku makanan yang penting. Beberapa industri makanan atau mie instan bahkan kini lebih memilih menggunakan jagung ketimbang tepung terigu. Kita patut bersyukur karena kita memiliki produk pertanian yang potensial dan banyak dibutuhkan oleh industri dalam dan luar negeri.

Kesimpulan

petani dengan jagung

Jagung pipil kering memang menjanjikan untuk dihasilkan di Bantul. Potensi pasar yang terbuka lebar dan harga yang menggiurkan memicu banyak petani di sana untuk menanam jagung. Selain itu, juga ada potensi ekspor yang besar untuk produk jagung. Petani di sana perlu menjaga kualitas jagung yang dihasilkan agar bisa memenuhi permintaan pasar. Dengan demikian, mereka akan memperoleh keuntungan yang maksimal dan sekaligus berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *