Pa Kangkung

Posted on

Indonesia is a country that is rich in culture and traditions. One of the most unique and fascinating cultures in Indonesia is the Toraja culture. Toraja is an ethnic group that lives in the highlands of South Sulawesi. They are well known for their unique customs and traditions, including their intricate wood carvings or ukiran.

Ukiran Asli Toraja

Ukiran Asli Toraja

Ukiran asli Toraja memiliki keindahan dan kesan yang kuat karena tiap ukiran memiliki filosofi tersendiri. Ukiran ini biasanya dipakai untuk kebutuhan upacara adat Toraja, seperti dalam pembuatan rumah adat Tongkonan, peti mati, kapal tau-tau, alat musik dan ukiran-ukiran kecil yang digunakan sebagai perhiasan rumah atau gerbang rumah adat. Ukiran Toraja memiliki ciri khasnya yakni terdapat ornamen-ornamen yang memperlihatkan pengaruh Hindu dan Budha.

Ukiran Pa’kangkung

Ukiran Pa'kangkung

Ukiran Pa’kangkung adalah salah satu jenis ukiran asli Toraja yang sangat populer dan sering ditemukan. Ukiran Pa’kangkung memiliki bentuk yang khas, seperti pada bagian lokasi mata dan mulut yang dimiringkan ke arah atas, menunya yang melingkar dan gigi yang runcing dan tajam. Ukiran Pa’kangkung sering digunakan sebagai hiasan pada rumah adat Tongkonan Toraja. Ukiran Pa’kangkung menggambarkan dewa yang mengawasi kesejahteraan manusia, sehingga rumah yang dihiasi ukiran ini dapat memberikan perlindungan dan keberuntungan bagi pemilik rumah.

Ukiran Tikala

Ukiran Tikala

Ukiran Tikala adalah jenis ukiran Toraja yang terkenal. Ukiran ini memiliki bentuk yang mirip dengan ukiran binatang. Tikala sendiri konon berasal dari kata ‘Itikala’ yang berarti batu yang ditemukan keberadaannya saat pemanggilan roh. Ada empat jenis ukiran Tikala yaitu Tikala Papontakan, Tikala Apu’, Tikala Allo dan Tikala Pitu’. Masing-masing jenis Tikala memiliki makna filosofis yang berbeda, seperti pohon merawang sebagai simbol kebaikan, bulan sebagai simbol kelahiran yang baik dan bintang sebagai simbol kepercayaan.

Baca juga  Resep Sawi Hijau Saus Tiram

Ukiran Rante

Ukiran Rante

Ukiran Rante adalah jenis ukiran Toraja yang ditemukan di pemakaman. Ukiran Rante seringkali diukir pada berbagai peralatan kebutuhan upacara pemakaman Toraja, seperti berbagai jenis patung manusia, kerbau dan arca bercorak manusia yang diukir.”Rante” sendiri berasal dari bahasa Toraja yang berarti “sangat sederhana”. Ukiran Rante biasanya memperlihatkan kehidupan manusia di dunia sebelumsampai ajal, contohnya kerbau yang sedang bergembala , memakai karung untuk berbuat curang pada ternak yang dijaga dan lain-lain.

Itulah ragam ukiran asli Toraja beserta makna filosofinya. Semoga dengan mengetahui makna dari setiap ukiran, kita dapat lebih menghargai dan menghormati budaya yang ada di Indonesia, khususnya budaya Toraja.

Simak artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *