Obat Nafsu Makan Ayam

Posted on

Ayam Bangkok adalah salah satu jenis ayam aduan yang paling terkenal di Indonesia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, banyak peternak yang mengalami kendala dalam menangani ayam Bangkok aduan mereka. Salah satu kendala yang sering muncul adalah berkurangnya nafsu makan pada ayam tersebut. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui tips-tips yang dapat membantu mengatasi kendala ini agar ayam Bangkok aduan kita tetap bisa tampil prima dan menjadi juara di dalam arena aduannya.

Makanan yang sehat untuk ayam Bangkok aduan

Ayam Bangkok aduan yang sehat dan prima harus diberikan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang diberikan harus memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kalori. Beberapa jenis makanan yang cukup baik untuk ayam Bangkok aduan antara lain adalah beras merah, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan daging unggas seperti ayam dan bebek. Anda juga dapat memberikan ayam Bangkok aduan Anda suplemen makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan mereka.

Ayam Bangkok

Hindari Overfeeding

Meskipun pemberian makanan yang cukup dan merancang jadwal feeding seimbang merupakan hal penting yang harus dilakukan pada ayam aduan, Anda juga harus selalu memperhatikan jumlah pakan yang diberikan dan hindari overfeeding atau memberi makan berlebih yang dapat menyebabkan kegemukan pada ayam Bangkok aduan Anda. Kegemukan pada ayam aduan akan menyebabkan pergerakan ayam menjadi lebih lambat serta kurang agile yang tentunya memengaruhi performa ayam saat bertarung.

Baca juga  Teropong Telur

Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang dimana ayam Bangkok aduan ditahan sangatlah penting agar ayam tetap sehat dan merasa nyaman. Selain itu, udara yang bersih dapat membantu meningkatkan nafsu makan ayam aduan Anda. Untuk membersihkan kandang, Anda harus menjaga kebersihan dan membuang kotoran ayam secara teratur serta mengganti pasir atau alas kandang secara berkala.

Jadikan Ayam Bangkok Adan Terbiasa Dengan Suara

Ketika ayam Bangkok aduan kita sering mendengarkan suara yang berbeda, mereka akan menjadi terbiasa. Anda bisa menggunakan rekaman suara ayam aduan lain yang sedang bertarung atau suara-suara ayam yang lebih besar seperti suara burung elang. Dengan mendengarkan suara lain, ayam aduan akan lebih agresif dan menaikkan nafsu makannya sehingga dapat meningkatkan performa mereka di dalam arena aduannya.

Ayam Bangkok

Perhatikan Kondisi Ayam

Setiap peternak harus selalu memperhatikan keadaan ayam Bangkok aduannya, apakah merasa sakit atau tidak. Beberapa gejala yang harus diperhatikan seperti ayam sering menghamburkan makanannya, makanan lebih sedikit dari biasanya, kehilangan berat badan, suhu tubuh ayam lebih tinggi dari biasanya dan lain sebagainya. Jika ayam terlihat lelah atau letargis maka ini adalah tanda ayam sedang tidak sehat. Oleh karena itu, sebagai peternak, Anda harus segera mengambil tindakan dan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi yang ada.

Menyediakan Minuman yang Bersih

Ketersediaan air yang bersih pastinya sangat berpengaruh terhadap perkembangan ayam bangkok, Banyak peternak yang kurang memperhatikan kebersihan air yang diberikan pada ayamnya. Keberadaan kotoran, serta bakteri dan penyakit lainnya pada air minum akan menyebabkan nafsu makan ayam berkurang. Sebaiknya air minum diganti secara berkala setiap hari untuk mencegah terjadinya pembentukan koloni bakteri dan virus.

Baca juga  15+ Resep Telur Sambal Tomat

Kondisi Lingkungan yang Baik

Terakhir, Anda juga harus memperhatikan kondisi lingkungan kandang ayam aduan Anda. Pastikan kandang ayam aduan Anda memiliki lingkungan yang sehat dan baik yaitu dengan menjaga suhu agar tidak terlalu panas atau dingin, sirkulasi udara yang baik dan juga hindari kebisingan yang berlebihan. Dalam kondisi yang baik dan sehat, ayam Bangkok aduan akan merasa nyaman dan dapat meningkatkan nafsu makan mereka.

Demikianlah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi berkurangnya nafsu makan pada ayam Bangkok aduan Anda. Mudah-mudahan informasi di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi kendala yang sering muncul pada ayam Bangkok aduan Anda agar dapat tampil prima dan juara di dalam arena aduannya.

Simak postingan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *