Nama Latin Cabai Merah Keriting

Posted on

Wahai sahabat pecinta makanan pedas, kali ini kami akan membagikan resep makanan yang pasti akan membuat lidah anda bergoyang. Kami akan berbicara tentang cabai, bahan dapur yang sangat khas dalam masakan Indonesia. Cabai sudah menjadi bagian dari identitas Indonesia, karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan cabai sebagai bahan penyedap. Cabai juga merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, misalnya meningkatkan sistem imun dan mempercepat metabolisme tubuh.

Chillies

Tak terkecuali, di foto yang kami bagikan ini terdapat banyak cabai yang terlihat sangat segar seperti baru di petik dari ladang. Seperti yang kita ketahui, cabai ada berbagai macam jenisnya. Beberapa diantaranya sangat terkenal seperti cabai rawit, cabai merah keriting, cabai hijau, cabai besar dan masih banyak lagi. Semua jenis cabai ini memiliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, semakin kecil ukurannya maka tingkat kepedasannya semakin tinggi. Cabai yang paling pedas sebenarnya merupakan cabai jenis bird’s eye chili atau sering disebut cabai rawit. Cabai rawit sangat terkenal di Indonesia karena digunakan dalam hampir semua jenis masakan Indonesia.

Cabai

Bagi pecinta makanan pedas sejati, cabai merupakan bahan wajib dalam berbagai jenis masakan pedas. Cabai bisa digunakan sebagai bahan dalam membuat sambal, bumbu, atau sebagai bahan tambahan dalam membuat olahan masakan. Cabai juga bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, atau capcay.

Buah yang Multifungsi

Cabai ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Sebagai contoh, cabai bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, cabai juga bisa mempercepat metabolisme tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Cabai bahkan bisa membantu melawan kanker dengan mengandung zat aktif yang bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Baca juga  Cara Tanam Terong Ungu Agar Berbuah Lebat

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat olahan masakan dengan menggunakan cabai sebagai bahan utama, kami akan memberikan satu resep sebagai contoh.

Sambal Cabai

Sambal Cabai

Bahan:

  • 20 cabai merah keriting
  • 10 cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah tomat merah
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat:

  1. Bersihkan semua cabai, bawang putih, dan tomat
  2. Iris semua cabai, bawang putih, dan tomat
  3. Panaskan minyak goreng di wajan, lalu tumis irisan bawang putih hingga harum
  4. Masukkan irisan cabai dan tomat, tambahkan garam secukupnya
  5. Aduk rata hingga cabai dan tomat empuk dan matang
  6. Sajikan sambal cabai sebagai bumbu pendamping

Demikianlah resep sambal cabai yang bisa anda coba dirumah. Tentunya masih banyak resep masakan lainnya yang menggunakan cabai sebagai bahan utama. Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi hasil masakan dengan keluarga dan teman-teman anda.

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *