Nama Ilmiah Tomat

Posted on

Pada saat kita membicarakan tentang tanaman pangan, yang pertama kali terlintas di pikiran kita pasti adalah padi. Tapi, tahukah kamu bahwa ada banyak tanaman pangan lain yang juga sangat penting untuk konsumsi manusia? Salah satunya adalah cung kadiro!

Cung kadiro adalah tanaman pangan yang berasal dari Jawa Barat. Tanaman ini biasanya ditanam di dataran rendah hingga sedang, dan dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 1-2 meter. Cung kadiro merupakan tanaman dengan kacang yang bisa dimakan dan mengandung banyak nutrisi, seperti protein dan serat.

Untuk mengenal cung kadiro lebih jauh, mari kita lihat gambar di bawah ini:

Cung Kadiro

Cung Kadiro

Cung kadiro memang tidak sepopuler padi, tapi bahkan lebih mengandung nutrisi dibandingkan padi. Kacang cung kadiro mengandung banyak protein dan serat, yang menjadikannya makanan yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu, cung kadiro juga rendah kalori dan sangat cocok untuk kamu yang ingin menjaga berat badan.

Selain kacangnya yang bisa dimakan, cung kadiro juga memiliki bunga yang indah berwarna ungu pucat dan putih. Bunga ini biasanya mekar sekitar 2-3 bulan setelah penanaman, dan akan diikuti oleh buah yang berisi biji kacang cung kadiro.

Berkebun Cung Kadiro

Berkebun

Jika kamu tertarik untuk mencoba berkebun cung kadiro, sebaiknya mulai dengan menanam bibit di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Biasanya, cung kadiro membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan untuk bisa dipanen. Dalam sehari, satu tanaman cung kadiro bisa menghasilkan sekitar 70-90 kacang.

Untuk perawatan cung kadiro, kamu cukup menyiraminya setiap pagi dan sore. Tanaman ini juga tidak memerlukan pupuk atau obat-obatan kimia, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca juga  Resep Cah Brokoli Wortel

Mengolah Cung Kadiro

Mengolah

Cung kadiro bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat dan sehat. Beberapa di antaranya adalah tumis, sate, sop, dan risotto. Bahkan, kamu juga bisa membuat kue dari tepung kacang cung kadiro yang sangat enak!

Tapi ingat, untuk memaksimalkan nutrisi yang terkandung di dalam cung kadiro, sebaiknya olahannya tidak terlalu banyak dimasak. Sebagai contoh, ketika kamu membuat tumis cung kadiro, sebaiknya tumbuk lebih dulu kacangnya agar lebih mudah diserap oleh tubuh, dan diberikan sedikit bumbu agar rasa cung kadiro tetap terjaga.

Kesimpulan

Kesimpulan

Cung kadiro memang belum sepopuler padi, namun tanaman ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita. Kacang cung kadiro mengandung banyak protein dan serat, sehingga sangat baik untuk pencernaan kita. Selain itu, cara memasak yang sederhana dan tidak berlebihan juga dapat mempertahankan nutrisi yang dikandung oleh cung kadiro.

Jadi, tunggu apa lagi? Coba segera tanam dan olah cung kadiro untuk mendapatkan manfaatnya. Selamat mencoba!

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *