Nama Ilmiah Bawang Merah Dan Bawang Putih

Posted on

Bawang putih atau Allium sativum adalah sejenis umbi-umbian yang kerap digunakan dalam masakan dan pengobatan tradisional. Meski sangat populer di Indonesia, banyak orang tidak mengetahui asal-usul bawang putih serta kandungan dan manfaatnya. Berikut ini ulasan lengkap mengenai bawang putih.

Asal-Usul Bawang Putih

Bawang putih berasal dari Asia Tengah dan kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Dalam sejarahnya, bawang putih telah digunakan dalam pengobatan di Mesir Kuno, India, dan Cina sejak ribuan tahun yang lalu. Romans dan Yunani kuno juga menggunakan bawang putih sebagai obat dan penghilang bau badan.

Morfologi

Bawang putih termasuk ke dalam famili allium dan tumbuh dari umbi. Batang yang tumbuh dari umbi kemudian bertunas dan menghasilkan daun dan bunga. Umbi bawang putih mempunyai bentuk bulat dan dapat dibagi menjadi cincin-cincin. Di Indonesia, bawang putih yang paling sering digunakan adalah varietas besar yang berkulit cokelat atau ungu.

Kandungan Gizi

Sebagaimana sayur-sayuran dan buah-buahan lainnya, bawang putih mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Namun, yang paling terkenal dan penting dari kandungan bawang putih adalah senyawa allicin. Allicin memberikan bawang putih aroma dan rasa yang khas, juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang kuat.

Gambar bawang putih

Selain allicin, bawang putih juga mengandung senyawa-senyawa lain seperti saponin, inulin, flavonoid, senyawa organosulfur, vitamin C, kalsium, fosfor, dan kalium. Kandungan-kandungan ini memberikan manfaat pada kesehatan tubuh kita, antara lain membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu pengobatan sakit tenggorokan & radang.

Baca juga  Resep Agar Agar Labu Kuning Santan

Kegunaan

Bawang putih dipakai sebagai bahan masakan yang memberi rasa khas dan aroma yang enak. Namun, tidak hanya sebagai bahan masakan, bawang putih juga sering digunakan dalam pengobatan alternatif. Beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah:

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih mempunyai sifat yang dapat mengurangi risiko aneka gangguan jantung. Antioksidan dan senyawa nutrisi yang terkandung pada bawang putih bisa membantu memperkuat jantung serta menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Peningkatan kolestrol yang dapat terakumulasi di dalam pembuluh darah bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya obesitas dan kebiasaan merokok. Namun, senyawa yang terkandung di dalam bawang putih dapat membersihkan pembuluh darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Meredakan Sakit Tenggorokan

Bawang putih punya sifat antiseptik yang membantu membunuh bakteri penyebab infeksi tenggorokan dan radang tenggorokan, sehingga dapat meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Caranya, cukup mengunyah bawang putih mentah atau memasaknya dalam air hangat dan minum airnya.

3. Mengatasi Batuk

Bawang putih juga bisa membantu meredakan batuk. Senyawa sulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu melonggarkan lendir saat batuk. Anda bisa membuat ramuan dengan mencampur parutan bawang putih dengan madu, kemudian menghangatkan serta meminumnya sedikit-sedikit untuk mendapatkan manfaatnya. Perlu diingat bahwa mengonsumsi bawang putih mentah bisa menyebabkan iritasi dan terbakar pada daerah perut dan mulut.

Manfaat bawang putih untuk jantung

4. Menghilangkan Bau Badan

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang cukup kuat sehingga dapat digunakan sebagai penghilang bau badan. Gunakan bawang putih yang dipotong kecil-kecil dan dicampurkan pada sabun atau shampo untuk menghilangkan bau badan. Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk membuat pasta gigi.

Baca juga  Sop Kentang Wortel

5. Membantu Mengatasi Kutil atau Bau Mulut

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu mengatasi masalah kutil. Untuk menghilangkan kutil, balurkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada permukaan kutil. Tak hanya itu, bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya, kunyah beberapa siung bawang putih dan minumlah air di waktu yang sama.

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan bawang putih. Meski cukup aman untuk banyak orang, bawang putih harus dihindari oleh orang yang memiliki masalah pencernaan seperti asam lambung tinggi atau IBS. Selain itu, orang yang menggunakan obat-obatan tertentu juga harus berhati-hati mengonsumsi bawang putih karena bisa mempengaruhi penyerapan obat.

Jadi, bawang putih memang bukan hanya bahan masakan lezat, tapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, sebelum menggunakannya untuk pengobatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *