Morfologi Bawang Merah

Posted on

Bawang merah atau yang juga dikenal dengan sebutan bombay merah atau bombay lokal adalah jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Sayuran ini digunakan sebagai bahan masakan untuk menambahkan cita rasa pada hidangan yang dimasak. Selain itu, bawang merah juga diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang morfologi bawang merah yang perlu diketahui.

Bentuk fisik

Morfologi bawang merah

Bawang merah memiliki bentuk fisik yang hampir mirip dengan bawang putih. Namun, bawang merah umumnya lebih kecil dan memiliki bahan dinding yang lebih tipis. Warnanya lebih ke merah-merahan atau ungu dibandingkan dengan bawang putih yang biasanya putih atau kekuningan.

Komponen utama

Bawang merah mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin B6, dan Kalium. Selain itu, bawang merah juga mengandung senyawa fenolik, flavonoid, dan saponin yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi pada tubuh manusia. Kandungan senyawa sulfur di dalamnya juga artinya memiliki efek antimikroba sehingga bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Tumbuhannya

Bawang merah tumbuh dengan cepat dan mudah di Indonesia. Tanaman ini bisa ditanam pada periode musim hujan dan musim pemanasan yang cukup panas. Perawatannya juga cukup mudah yaitu dengan menyediakan lahan yang cukup subur dan rajin memperhatikan kelembapan dan kebersihan lingkungan. Bawang merah dapat tumbuh dengan baik pada kondisi tanah netral atau sedikit asam serta di tempat yang cukup terkena sinar matahari.

Pemanfaatan

Bawang merah digunakan sebagai bahan dasar masakan pada hampir seluruh masakan khas Indonesia. Bawang merah bisa diapakan menjadi suwiran kasar dan dapat dicampur dengan bumbu masakan lainnya. Bawang merah segar biasanya diiris tipis-tipis dan digunakan sebagai bumbu masakan seperti sambal atau acar. Bawang merah juga bisa diolah menjadi bubuk dan disajikan sebagai bumbu penyedap masakan.

Baca juga  Resep Pecak Terong Jawa

Berbagai manfaat bawang merah dalam kehidupan manusia membuatnya menjadi sayuran yang sangat populer di Indonesia dan juga di seluruh belahan dunia. Mari kita budayakan mengonsumsi bawang merah setiap hari agar kehidupan kita menjadi sehat dan bugar.

Temukan tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *