Mie Ayam Jakarta Asli

Posted on

Bagi masyarakat Indonesia, mie ayam merupakan salah satu makanan favorit yang tidak bisa dilewatkan. Dibuat dengan mie kuning yang telah direbus, disajikan dengan daging ayam yang empuk dan lezat, serta dihidangkan dengan berbagai bahan pelengkap, seperti sawi, kucai, dan bawang goreng, membuat mie ayam menjadi makanan yang sangat menggugah selera.

Menguak Sejarah Mie Ayam

Ternyata, mie ayam yang kita nikmati saat ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Dalam artikel yang dirilis oleh KASKUS, disebutkan bahwa mie ayam pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia pada tahun 1957 di Surabaya, Jawa Timur. Mie ayam pada masa itu masih disajikan dengan irisan daging ayam dan tauge, serta tidak menggunakan bumbu kacang seperti mie ayam yang kita kenal saat ini.

Kemudian, pada tahun 1970-an, mie ayam mulai merambah ke berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Pada masa ini, mie ayam mulai disajikan dengan bumbu kacang, kuah kaldu ayam, serta beberapa bahan pelengkap seperti tauge, kecambah, bawang goreng, dan sebagainya.

Dalam beberapa tahun terakhir, mie ayam semakin popular dan banyak muncul di berbagai tempat di Indonesia. Kini, mie ayam juga telah diadaptasi dengan berbagai rasa dan varian, seperti mie ayam bakso, mie ayam jamur, mie ayam soto, mie ayam pangsit, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Mie Ayam

Bagi pecinta mie ayam, tentu sangat menyukai sensasi nikmatnya mie ayam yang disajikan hangat. Berikut adalah cara membuat mie ayam yang mudah dan praktis:

Baca juga  Bihun Kuah Ayam Solaria

Bahan:

  • 200 gram mie kuning
  • 100 gram daging ayam fillet, rebus dan iris tipis-tipis
  • 3 batang sawi hijau, potong-potong
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu Kacang:

  • 75 gram kacang tanah sangrai
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sendok makan saus tiram
  • Garam dan gula secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebus mie kuning hingga matang, lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan potongan sawi hijau, iris ayam, dan bumbu kacang.
  4. Aduk hingga merata dan kuah kacangnya agak sedikit kental.
  5. Siapkan mangkuk saji, masukkan mie kuning dan sayuran tumis.
  6. Tambahkan bawang goreng secukupnya.
  7. Mie ayam siap disajikan.

Bagi yang ingin mencicipi sensasi mie ayam dengan varian yang berbeda, bisa mencoba mie ayam bakso, mie ayam pangsit, atau mie ayam soto. Selamat mencoba!

mie ayam

Foto: s.kaskus.id

Baca postingan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *