Microsoft Power Point

microsoft power point

microsoft power point

Microsoft power point – Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program computer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, tak hanya Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

Baca Juga: Microsoft Excel Adalah

Microsoft Power Point

microsoft power point

PowerPoint berjalan dalam computer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan termasuk Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di sistem operasi Xenix.

Aplikasi ini sangat banyak digunakan, bahkan oleh saatngan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja jadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya menjadi disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.

Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin, sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang setelah itu mereka rubah namanya menjadi PowerPoint.

Sejarah

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan computer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. Pada saat itu, PowerPoint tetap menggunakan warna hitam atau putih, yang bisa membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint terlihat dengan pertolongan warna, sehabis Macintosh berwarna rilis ke pasaran.

Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan pasti perangkat lunak PowerPoint dengan harga sekitar 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) nampak ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint sudah jadi anggota standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (Basic Edition).

Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (PowerPoint 15). Versi ini dirilis pada bulan Januari 2013, yang merupakan sebuah lompatan yang lebih maju jauh dari segi pengguna dan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi.

microsoft power point

Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang termasuk membantu struktur data dari Microsoft PowerPoint, layaknya halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program berikut bisa juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena tak hanya itu saja bisa mengakses format PowerPoint, aplikasi-aplikasi lain tentu saja punyai fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.

Meskipun demikian, gara-gara PowerPoint punyai fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang menopang Object Linking plus Embedding (OLE), beberapa presentasi terlampau tergantung pada platform Windows, bermakna aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sama sekali bakal ada problem untuk mengakses presentasi tersebut.

Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk gunakan format dengan struktur data yang terbuka, layaknya halnya Portable Document Format (PDF) dan termasuk OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentu saja meninggalkan PowerPoint. Walaupun Begitu, Microsoft sudah lakukan hal sama saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12).

Pilihan Utama Persentasi

microsoft power point

Selama belasan tahun terakhir, PowerPoint jadi pilihan utama pelajar, mahasiswa, dan pekerja dalam mengakibatkan presentasi. PowerPoint adalah program presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. PowerPoint disertakan dalam rangkaian Microsoft Office standar dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Meski dikembangkan oleh Microsoft, PowerPoint tak hanya untuk sistem operasi Windows saja. PowerPoint termasuk bisa digunakan di perangkat Macintosh (Mac) besutan Apple. Mengutip dari Computer Hope, PowerPoint kerap digunakan untuk membuat presentasi bisnis, termasuk bisa digunakan untuk target pendidikan atau informal.

Presentasi terdiri dari slide yang barangkali berisi teks, gambar, dan tempat lain, layaknya klip audio dan film. Efek suara dan transisi animasi bisa juga dimasukkan untuk menambah daya tarik presentasi. Sebagian besar presentasi PowerPoint dibuat dari template, yang menyertakan warna atau background picture, font standar, dan pilihan beberapa tata letak slide. Perubahan template bisa disimpan ke “slide master”, yang menaruh tema slide utama yang digunakan dalam presentasi lainnya.

Saat pergantian pada slide master, layaknya memilih gambar latar belakang baru, pergantian disebarkan ke semua slide lainnya. Ini membuat tampilan seragam di antara semua slide dalam presentasi.

Kelebihan Microsoft Power Point

Pembuatan Slide Presentasi yang Mudah

microsoft power point

Kelebihan power point yang pertama adalah pembuatan slide presentasi yang mudah, bagi anda yang sering memiliki kesibukan untuk presentasi secara umum dan perlu alat bantu layaknya screen projector bisa dipastikan perlu program ini agar lebih mempermudah pekerjaan anda saat lakukan presentasi.

Kehadiran program microsoft power point tentu dapat lebih mempermudah para presentator di dalam menampilkan inti atau point utama dari presentasi yang bertujuan kepada para pemirsanya, Maka dari itu anda bisa mempersiapkan sebuah slide dokumen presentasi manfaatkan program ini dengan mempunyai mutu yang baik secara cepat dalam hitungan jam sampai beberapa menit saja, tentu hal ini tergantung dari kebolehan masing-masing pengguna.

Terdapat Fitur Export Dokumen ke pdf

microsoft power point

Keunggulan power point yaitu adalah terdapat fitur export dokumen ke format pdf. Fitur ini bisa anda manfaatkan untuk membagikan file presentasi kepada para audience. Dengan tersedianya fitur export ke pdf ini anda tidak harus bingung untuk membagikan file dan bisa dipastikan para audience bisa mengakses file presentasi dengan format pdf dengan lebih mudah.

Lebih dari itu, kelebihan ini terhitung sangat menolong pengguna ketika akan melakukan print pada file atau mencetak setiap slide presentasi yang sudah dibuat sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa file berformat pdf sudah di dukung oleh banyak platform dan bisa diakses dengan mudah serta bisa di print melalui beragam platform layaknya perangkat smartphone ataupun komputer.

Dilengkapi Berbagai Alat yang Memadai

microsoft power point

Program microsoft power point terpasang dengan beragam alat bantu untuk para penggunanya layaknya memberikan gambar, pilih animasi, menyisipkan vidio, membuat perubahan jenis postingan dan beragam alat bantu lainnya yang pastinya bisa membuat hasil presentasi anda menjadi lebih optimal dan sempurna.

Lebih dari itu, pengguna power point bisa menyisipkan sejumlah audio di dalam dokumen presentasi agar lebih menarik dan bisa menghidupkan suatu perasaan saat menyampaikan presentasi di depan umum. Maka dari itu, hal ini merupakan salah satu kelebihan power point yang diperlukan oleh para pengguna dalam membuat presentasi dengan cepat dan mudah.

Tersedia Fitur Kolaborasi

microsoft power point

Bagi anda yang sering dikejar deadline, tentu perlu sejumlah pemberian agar bisa melakukan pengerjaan file dokumen secara bersama-sama. Maka dari itu, dengan adanya fitur kolaborasi yang diluncurkan oleh microsoft ini, para pengguna bisa menyelesaikan dokumen presentasi power point dengan lebih cepat secara bersamaan dengan berbagai partner online anda dari tempat atau perangkat computer yang berbeda.

Tentu hal ini dapat lebih mempermudah dan mempersingkat saat membuat sebuah slide dokumen untuk kepentingan presentasi, terutama ketika di kejar deadline. Karena di dalam menyelesaikan suatu pekerjaan ini memerlukan waktu yang sangat terbatas.

Mempunyai Fitur Authoring Canggih

microsoft power point

Ketika selesai membuat dokumen, tentu anda ingin langsung menjaga dokumen dari beragam pihak yang tidak bertanggung jawab yang amat mungkin mencopy isikan file atau banyak tindak kejahatan lainnya tentang hal hak cipta dokumen tersebut.

Tidak perlu kawatir karena microsoft sudah menghadirkan banyak cara untuk menanggulangi persoalan ini, layaknya fitur authoring yang canggih untuk menjaga keutuhan isi presentasi agar tidak jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tentu dengan adanya fitur authoring yang canggih, anda sebagai pemilik dokumen bisa melakukan tindakan pengamanan dokumen tambahan layaknya memberikan watermark dokumen, memberikan password, sampai memberikan enkripsi isi dokumen presentasi yang pada mulanya sudah dibuat dengan menggunakan program microsoft power point.

Terdapat Fitur Cloud Microsoft

microsoft power point

Hingga kini perusahaan microsoft sedang memfokuskan beragam usaha untuk mempromosikan produk berbasis cloud servicenya yaitu one cloud service, Tentu perusahaan besar layaknya microsoft tidak mau kalah dengan para pesaingnya layaknya dropbox ataupun perusahaan google yang sedang dalam mengembangkan produk tersebut.

Perlu diketahui bahwa microsoft awalnya sengaja menyisipkan fitur layanan dari one cloud kedalam program power point dengan cara menyediakan tombol pilihan save to one cloud, lebih dari itu microsoft juga menggunakannya sebagai pengaturan default penyimpanan sebelum user hendak memilih sarana untuk menyimpan hasil data dokumen yang dibuat ke tempat penyimpanan komputer.

Pilihan Template yang Beragam

microsoft power point

Kelebihan microsoft power point yang selanjutnya adalah pilihan template yang beragam. sebelum akan membuat slide presentasi anda bisa memilih template desain terlebih dahulu sesuai selera anda untuk mendapatkan hasil presentasi yang lebih menarik.

Kekurangan Microsoft Power Point

Harga Lisensi Microsoft Office Lumayan Mahal

microsoft power point

Bagi anda yang mempunyai badan usaha kecil atau berdiri sendiri terkadang harus perlu program sejenis microsoft power point ini, tentu harga lisensi original dari program microsoft ini mempunyai harga yang relatif mahal dan tidak sepadan dengan pemasukan.

Hal ini disebabkan karena pihak microsoft meluncurkan beragam softwarenya dengan tujuan customer yang dari golongan pebisnis atau perusahaan besar, dapat mendapatkan hasil yang maksimal dengan beragam pembaruan yang terus dilakukan oleh perusahaan microsoft.

Tentu hal ini bisa menjadikan program microsoft selalu diminati dan digunakan oleh para pengguna computer di berbagai belahan dunia.

Dokumen yang Dihasilkan Tidak Stabil pada Setiap Versi Power Point

Kelemahan microsoft power point yang lain adalah dokumen yang dihasilkan tidak stabil pada tiap versi power point, persoalan ini termasuk seringkali ditemukan pada sebagian software yang dibikin oleh microsoft layaknya microsoft word dan microsoft publisher.

Faktor ini belum diketahui penyebabnya, seringkali sebagian dokumen yang dihasilkan oleh software microsoft office versi pada lama tidak bisa digunakan pada versi baru.

Contoh mudahnya ialah anda membuat dokumen menggunakan versi office 2007, saat hendak mengakses dokumen tersebut menggunakan versi yang lebih baru layaknya 2010, maka file tersebut tidak bisa diakses atau mengalami crash, hal ini termasuk berprengaruh pada versi sebaliknya.

Hal ini termasuk erpengaruh pada microsoft power point yang seringkali menyebabkan pusing dari sisi penulis dokumen yang berlangsung update atau pembaruan secara tiba tiba pas program office sedang digunakan untuk bekerja.

Tidak Bisa Diakses oleh Platform Lain

Program microsoft power point hanya bisa dipakai pada platform operasi windows saja dan pihak microsoft tidak meluncurkan atau menyediakan versi program power point untuk digunakan di platform yang lain layaknya os linux ataupun MacOS.

Termasuk Software Berat

Untuk bisa menggunakan program microsoft office ini, perangkat computer anda harus mempunyai standart spesifikasi yang baik. Untuk perangkat computer lama dengan ukuran spesifikasi yang rendah akan lebih susah untuk mengoperasikan program microsoft power point ini dan bisa saja mengalami rusaknya system atau hang.

Akses Terbatas Kecuali Menggunakan Fitur Standard

Kekurangan microsoft power point yang lain adalah akses yang terbatas kecuali menggunakan fitur standard. Akses terbatas yang di maksud adalah saat mwnggunakan template default atau standard yang di dalamnya cuma bisa melakukan editing secara simple. Untuk menanggulangi hal ini, anda bisa melakukan unduhan beragam variasi template melalui mesin pencarian google secara manual.

Tampilan Animasi yang Kurang Menarik

Kelemahan power point yang terakhir adalah penampilan animasi yang kurang menarik dan terkesan kaku, hal ini seringkali menjadi persoalan umum saat menggunakan program microsoft power point.

Akan tetapi anda tidak harus cemas, pada microsoft power point versi baru sudah persoalan ini sudah tidak terjadi lagi dan barangkali hanya berlaku pada versi lama layaknya 2007 atau 2003.

Nah, itulah sedikit informasi tentang microsoft power point yang semoga membantu anda yang sedang mencari tau tentang software milik Microsoft Office ini. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah membaca.

About Neizam Taufiq

Penulis adalah anak Desa di lereng gunung Prau yang ingin mengembangkan minat dan bakatanya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

View all posts by Neizam Taufiq →