Mesin Penggiling Jagung

Posted on

Serius deh, gue ga bisa mimpi kalo ternyata jagung yang gue makan sehari-hari ini melalui proses penggilingan kayak gini.

Apa yang Terjadi di Dalam Pabrik?

Jagung yang Sedang Diolah

Sekilas, pabrik pengolahan jagung ini terlihat seperti pabrik lainnya, dengan mesin-mesin penuh di dalamnya.

Tapi, tunggu dulu. Di dalam pabrik ini, jagung yang masuk akan melalui proses penggilingan yang sangat panjang dan rumit. Pertama, jagung akan melewati mesin pemisah batang dan daun dan kemudian melalui mesin pemecah kulit luar jagung. Begitu pun dengan kulit dalam jagung, yang akan dipisahkan menggunakan mesin khusus.

Selanjutnya, jagung yang telah dikupas kulitnya akan melalui proses penggilingan. Di sini, jagung akan dihaluskan menjadi tepung halus yang akan dijual sebagai pakan ternak.

Proses Penggilingan yang Sangat Menarik!

Ternyata, proses penggilingan jagung ini sangatlah menarik karena ada banyak trik yang digunakan untuk memastikan kualitas jagung yang dihasilkan. Di antaranya, jagung yang sudah terhaluskan akan melalui mesin penjepit, yang akan memisahkan tepung dari bekatul.

Begitu juga dengan pengukuran kadar air dalam jagung. Agar tepung jagung dengan kualitas terbaik dapat dihasilkan, jagung yang masuk ke dalam mesin harus memiliki kadar air yang tepat.

Nah, setelah melewati berbagai tahapan penggilingan tersebut, jagung akan dijual sebagai bahan pakan ternak.

Resiko Makan Jagung Olahan

Keripik Jagung

Sebagai penikmat jagung kemasan dan olahan, tentu sangat penting untuk mempertimbangkan dampak kesehatan yang mungkin ditimbulkan dari makanan tersebut.

Seperti yang kita tau, jagung kemasan dan olahan mengandung bahan kimia dan garam yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan gangguan metabolisme. Oleh karena itu, sebaiknya tetap konsumsi jagung dengan cara yang sehat seperti jagung rebus atau panggang.

Baca juga  Cara Membuat Bibit Jagung

Jangan cuma tergiur dengan keripik atau popcorn.

Selamat Menikmati!

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana proses penggilingan jagung untuk pakan ternak. Jadi, selanjutnya anda bisa lebih bijaksana dalam memilih panganan yang mengandung jagung, kan?

Jangan sampai kelebihan garam atau bahan kimia, ya!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *