Mengobati Panu Dengan Bawang Putih

Posted on

Banyak orang yang ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik. Salah satu masalah kulit yang sering kali mengganggu dan membuat tidak percaya diri adalah panu. Namun, jangan khawatir, karena ada cara mengobati panu secara alami yang dapat dengan mudah dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan jeruk nipis.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kulit

Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Buah yang memiliki rasa asam ini mengandung asam sitrat yang dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri dan sel-sel kulit mati. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Mengobati Panu

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengobati panu dengan jeruk nipis. Berikut adalah cara-cara tersebut:

1. Menggunakan Jeruk Nipis Secara Langsung

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengoleskan jeruk nipis langsung pada area yang terkena panu. Caranya cukup mudah, potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu sobek-sobek sedikit agar airnya keluar. Setelah itu, gosokkan permukaan jeruk nipis yang telah dipotong tersebut pada area kulit yang terkena panu. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa

Cara kedua adalah dengan membuat campuran jeruk nipis dan minyak kelapa. Caranya siapkan satu buah jeruk nipis dan sekitar satu sendok makan minyak kelapa yang sudah dicairkan. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam kulit jeruk nipis pada area panu. Setelah itu, campurkan air jeruk nipis yang telah keluar dengan satu sendok makan minyak kelapa yang sudah dicairkan. Aduk rata, lalu oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terkena panu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga  Nama Ilmiah Bawang Putih

3. Menggunakan Masker Jeruk Nipis, Yogurt, dan Madu

Cara ketiga adalah dengan membuat masker dari jeruk nipis, yogurt, dan madu. Caranya siapkan satu buah jeruk nipis, dua sendok makan yogurt, dan satu sendok makan madu. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam kulit jeruk nipis pada area panu. Campurkan air jeruk nipis yang telah keluar dengan dua sendok makan yogurt dan satu sendok makan madu. Aduk rata, lalu oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terkena panu. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Cara Mencegah Panu Kembali

Setelah berhasil mengobati panu, tentunya tidak ingin panu kembali muncul. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah panu kembali, antara lain:

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menjaga kebersihan kulit. Usahakan selalu membersihkan kulit, terutama pada area yang sering berkeringat atau terkena air seperti ketiak dan selangkangan. Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengganti baju yang basah atau keringat.

2. Menghindari Pakaian yang Sempit dan Berbahan Sintetis

Pakaian yang sempit dan berbahan sintetis dapat membuat kulit sulit untuk bernapas dan berkeringat. Kondisi ini dapat memperparah panu, sehingga hindarilah penggunaan pakaian yang sempit dan berbahan sintetis.

3. Menghindari Faktor Pemicu

Terkadang panu muncul karena adanya faktor pemicu seperti stres, kurang tidur, dan pola makan yang tidak sehat. Hindarilah faktor-faktor pemicu tersebut sehingga panu tidak kembali muncul.

Dengan melakukan cara-cara diatas, diharapkan panu dapat dengan mudah diobati dan tidak kembali muncul. Selain itu, selalu ingat untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari faktor pemicu agar kulit selalu sehat dan cantik.

Baca juga  Resep Puding Labu Kuning Gula Merah

Jeruk Nipis Untuk Kulit Cantik

Semoga informasi cara mengobati panu secara alami dengan jeruk nipis diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah panu. Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari faktor pemicu agar kulit selalu sehat dan cantik.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *