Menghias Telur Untuk Hantaran

Posted on

Sudah menjadi budaya di Indonesia untuk memberikan hantaran saat melamar seorang pasangan. Biasanya, hantaran berisi makanan, baju, perhiasan, dan juga telur. Telur sendiri dipercaya sebagai simbol kesuburan dan kehidupan yang baru. Oleh karena itu, saat memberikan hantaran telur, biasanya pihak pria akan memberikan telur yang dihias cantik sebagai tanda resmi permohonan bertunangan.

Cara Menghias Telur Pertama

Telur Hias

Untuk menghias telur pertama, kamu bisa menyiapkan kain batik yang berukuran sedikit lebih besar dari ukuran telur. Selain itu, menyiapkan perekat serta gunting juga penting untuk mempermudah proses penghiasan.

1. Pertama-tama, tempelkan perekat pada seluruh permukaan telur. Dalam hal ini, gunakan perekat lem laut atau lem epoxy.

2. Setelah itu, kamu bisa memotong-motong kain batik kecil dan menempelkannya di atas permukaan telur secara perlahan dan rapi. Pastikan tidak ada lipatan pada tepi kain batik.

3. Selanjutnya, kain batik bisa diikat pada bagian atas dan bawah telur menggunakan tali rafia atau benang sulam. Pastikan tali rafia terikat dengan erat.

4. Biarkan telur kering selama beberapa jam dan kemudian lepas tali rafia yang mengikat kain batik. Hiasan pada telur pertama siap digunakan.

Cara Menghias Telur Kedua

Telur Hias

Untuk menghias telur kedua, kamu bisa mencoba teknik pewarnaan. Ini adalah teknik yang cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

1. Pertama-tama, siapkan beberapa wadah plastik untuk mencampur pewarna makanan dengan air. Pastikan air dalam wadah cukup untuk menutupi seluruh permukaan telur.

2. Kemudian, celupkan telur dalam air pewarna. Kamu bisa memilih warna yang diinginkan dan mencampurnya menjadi warna baru dengan cara mengaduk-aduk pewarna.

Baca juga  Telur Naga

3. Biarkan telur direndam di dalam larutan pewarna selama beberapa menit. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih kuat, kamu bisa menambahkan lebih banyak warna.

4. Selanjutnya, keluarkan telur dari dalam larutan pewarna dan biarkan kering selama beberapa jam. Pewarnaan pada telur kedua siap digunakan.

Cara Menghias Telur Ketiga

Telur Hias

Teknik menghias telur ketiga adalah teknik sulam. Kamu memerlukan benang sulam, mesin jahit, dan juga pelapis telur agar telur tidak mudah patah.

1. Pertama-tama, kamu bisa membuat pola di atas telur dengan pensil yang mudah dihapus.

2. Setelah itu, kamu bisa mulai menjahit benang sulam pada telur dengan mesin jahit. Pastikan benang sulam terikat dengan kuat agar tidak cepat lepas.

3. Setelah selesai dijahit, kamu bisa menghapus pola yang tadi sudah dibuat dengan pensil.

4. Terakhir, lapisi telur dengan bahan pelapis. Selain melindungi hasil kerja dari debu dan faktor luar lainnya, pelapis juga memberikan kesan mengkilap pada permukaan telur.

Itulah beberapa cara mudah dalam menghias telur hantaran lamaran. Semoga informasi ini berguna bagi kamu yang ingin membuat hantaran dengan sentuhan kreatif dan personal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca tulisan lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *