kopi arabika

Mengenal Kopi Arabika Sebagai Salah Satu Produk Kuliner Dunia

Posted on

Apakah Anda sudah mengenal jenis kopi Arabika? Bagi penggemar atau pecinta kopi, pasti sudah tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini. Hal itu dikarenakan kopinya mempunyai ciri khas serta citarasa yang begitu terasa terutama pada saat dicicipi. Sementara itu, Anda mungkin yang belum mengenal jenis Arabika bisa membaca artikel ini hingga tuntas agar lebih mengetahuinya detail.

Mengenal Jenis Kopi Arabika Lebih Dekat

Perlu Anda sekalian ketahui bahwa Arabika merupakan salah satu dari banyak jenis kopi yang ada di dunia. Jadi, jenis kopi itu sendiri ada banyak dan Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan jenis kopinya.
Diketahui Arabika juga disebut kopi Arab karena pertama kali dibudidayakan di negara Yaman yang termasuk di wilayah Jazirah arab. Sementara itu, jenis Arabika berasal dari Benua Afrika, yaitu di negara Ethiopia.

Seiring perkembangan zaman dan pergantian tahun, biji kopinya dibawa oleh banyak orang keluar dari Jazirah Arab untuk ditanam. Dengan begitu, jenis Arabika semakin menyebar di seluruh pelosok dunia. Namun demikian, tanaman kopinya tidak bisa tumbuh maksimal di udara dingin.

Oleh karenanya, Arabika sulit ditanam dan dibudidayakan di negara-negara Eropa. Kecuali, sudah menggunakan teknologi modern dalam pembudidayaannya. Jenis kopi Arabika juga bisa dibudidayakan di Indonesia meskipun rasanya mungkin berbeda dengan jenis Arabika asli dari arab.

Karakteristik Citarasa Kopi Jenis Arabika

Anda yang sudah pernah atau bahkan sering meminum jenis kopi ini tentu dapat mengetahui dan membandingkan dengan jenis lainnya. Dimana Arabika memiliki tingkat keasaman lebih tinggi dibanding jenis kopi lainnya.

Baca juga  Penasaran Biji Kopi Espresso Terbaik? Ini Jawabannya

Selain itu, tingkat kekentalan kopinya saat diseduh juga cukup ringan. Namun yang paling menarik, yaitu kopi Arabika mempunyai aroma khas yang harum. Oleh karena itu, tidak sedikit pecinta kopi memilih Arabika karena aromanya memang benar-benar harum.

Dalam artian, bau harum kopinya sangat khas dan berbeda dengan kopi lokal asal Indonesia. Apalagi jika serbuk kopinya benar-benar asli Arabika dan langsung diseduh dengan air panas, sehingga aromanya segara keluar dan bisa langsung Anda nikmati.

Anda yang ingin menikmati kopinya saat ini jauh lebih mudah dengan harga terjangkau. Hal itu dikarenakan mulai dari biji kopi Arabika hingga minumannya yang sudah siap minum bisa Anda dapatkan di berbagai warung kopi atau kafe terdekat di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Bahkan, ada juga yang sudah menjadi kemasan kemasan dan bisa dibeli di supermarket atau minimarket. Dengan begitu, Anda dapat segera meminum kopinya tanpa harus repot-repot membuatnya dulu. Namun demikian, mungkin rasa kopinya berbeda karena sudah tidak murni lagi.

Dimana kopi Arabika yang asli dan murni akan terasa lebih nikmat saat diminum tanpa ada campuran bahan lainnya, seperti gula pasir, creamer, susu, atau yang lainnya. Namun, tergantung selera tiap orang yang meminumnya.