suasana belajar

5 Cara membuat suasana belajar yang menyenangkan

suasana belajar
image ibtimes.id

Bagi para guru membuat suasana belajar yang menyenangkan sangat penting sekali agar siswa tidak jenuh saat belajar. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan adalah memilih media pembelajaran yang tepat.

Ada banyak contoh media pembelajaran yang bisa digunakan agar proses belajar mengajar tidak membosankan. Penggunaan media pembelajaran seperti animasi bergerak, video, film, serta penggunaan alat peraga bisa dijadikan pilihan yang baik.

Cara membuat suasana belajar yang menyenangkan

Selain pemilihan media pembelajaran yang tepat, apa saja cara yang bisa dilakukan guru agar proses belajar mengajar di kelas menjadi menyenangkan?. Berikut tips dan cara membuat belajar mengajar menyenangkan:

Manfaatkan teknologi yang ada

Bagi anda yang mahir dalam bidang teknologi tentu akan memiliki banyak kelebihan saat melakukan proses belajar mengajar. Ada banyak teknologi yang bisa menunjang proses belajar mengajar agar tidak jenuh dan membosankan.

Contohnya saja anda bisa menggunakan kuis online untuk mengetahui seberapa luas pemahaman siswa. Selain itu penggunaan internet juga bisa dijadikan pilihan yang baik seperti membuka laman youtube untuk mencari video edukasi yang baik.

Menggunakan mind map atau peta konsep

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan adalah menggunakan mind map atau peta konsep. Mind map merupakan sebuah peta yang menunjukkan hubungan antara satu bahasan dengan bahasan lainnya yang dihubungkan menggunakan cabang.

Untuk membuatnya sangat mudah anda cukup menuliskan sebuah inti bahasan di bagian tengah kemudian buatlah cabang atau sup dari bahasan tersebut. Agar lebih menarik anda juga bisa menambahkan warna pada setiap cabang yang anda buat.

Perlu anda tahu bahwa sebenarnya otak manusia itu lebih cenderung untuk berpikir kreatif, holistik serta melingkar. Sehingga jika otak dipaksakan untuk selalu dimasuki sebuah catatan atau mengingat sesuatu maka lama-kelamaan akan membuatnya jenuh.

Penggunaan mind map ini diketahui bisa meningkatkan daya ingat seseorang hingga 120%. Selain itu penggunaan mind map diketahui juga cukup efektif dalam mendorong kreativitas siswa.

Penggunaan mind map juga membuat catatan terlihat tidak terlalu banyak sehingga otak tidak jenuh saat kita melihatnya.

Melagukan atau menyanyikan materi bahasan

Kebanyakan dari kita memang lebih mudah mengingat lagu terutama yang sering kita dengar. Akan tetapi saat disuruh untuk mengingat materi pelajaran pasti akan sangat sulit sekali. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melagukan materi pelajaran agar lebih mudah diingat oleh siswa.

Cara ini biasanya cukup efektif terutama bagi anak di tingkat sd. Meskipun demikian, tidak ada salahnya pula jika metode seperti ini diterapkan pada tingkat smp atau sma. Tentu untuk melakukan nya anda harus memiliki kreativitas yang tinggi. 

Menggunakan alat peraga

Agar siswa tidak hanya berangan-angan saat anda mengajarnya cobalah menggunakan alat peraga saat menyampaikan sebuah materi. Menggunakan alat peraga ini sangat wajib terutama untuk beberapa mata pelajaran seperti fisika.

Penggunaan alat peraga bukan hanya membantu dalam memperjelas materi pembelajaran tetapi juga untuk menghilangkan kejenuhan siswa yang hanya membaca atau mendengarkan materi saja.

Mengajar dengan studi kasus

Mengajar menggunakan studi kasus atau mengamati hal-hal yang ada di sekitar kita bisa menjadi pilihan yang baik bagi para guru. Metode pembelajaran seperti ini bukan hanya berguna menghilangkan kejenuhan siswa tetapi juga akan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengamati sesuatu.

Demikian tadi beberapa tips yang mungkin bisa sangat berguna bagi anda untuk membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi anda.