Materi Microsoft Word

Materi microsoft word

Materi microsoft wordUntuk kamu yang sering menggunakan notebook atau komputer untuk bekerja ataupun membuat tugas, pastinya sudah tak asing dengan sofware Microsoft Word. Salah satu aplikasi dari Microsoft ini ialah software pengolah kata yang sangat populer dan banyak diterapkan ketika ini.

Dengan menerapkan Microsoft Word, Anda bisa membuat dokumen, laporan, surat, dan inti sari yang berkwalitas. Tidak seperti editor teks awam, Microsoft Word juga memiliki fitur seperti pemeriksaan ejaan, pemeriksaan tata bahasa, pemformatan teks dan font, dukungan HTML, dukungan gambar, tata letak halaman lanjutan, dan masih banyak lagi.

Microsoft Word pertama kali timbul pada tahun 1983 dengan mengusung nama Multi Tool Word. Hal ini merupakan versi pertama yang dikeluarkan Microsoft Word, dan pada saat ini sudah sangat banyak versi yang dirilis. Fungsi dari Microsoft Word sendiri juga tak sebatas untuk mengolah kata saja. Kita juga bisa menjalankan fungsi lain seperti menghitung bahkan hingga membetulkan kata-kata yang tak pas.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai materi microsoft word seperti fungsi dan juga manfaatnya untuk sehari-hari.

Baca juga: Kegunaan Microsoft Excel

Materi Fungsi Microsoft Word

Materi microsoft word
Sumber: https://blog.skillacademy.com/

Microsoft Word dapat Mempermudah Surat Menyurat

Fungsi Microsoft Word yang pertama ialah untuk memudahkan seseorang dalam surat menyurat. Sebelum hadirnya software satu ini, seseorang memerlukan 1 lembar kertas untuk menulis atau mentetiknya dengan menggunakan mesin ketik untuk melakukan surat meyurat. Dan setelah adanya software ini, surat meyurat dapat membuat surat menyurat menjadi lebih mudah dan tidak lagi membutuhkan kertas ataupun mesin tik.

Microsoft Word untuk Membuat Dokumen

Fungsi Microsoft Word yang kedua ialah untuk membuat dokumen. Sebagai program untuk mengolah kata, fungsi lain dari Microsoft Word ialah untuk membuat dokumen. Mulai dari jenis dokumen formal, semi formal, atau yang tak formal, bisa dihasilkan dengan gampang menerapkan program ini. Jika berkeinginan dicetak di selembar kertas bahkan, Anda cuma perlu mengaitkan komputer atau notebook dengan perangkat keras seperti printer.

Membuat Dokumen lebih Menarik

Fungsi Microsoft Word yang ketiga ialah untuk bisa membuat file dokumen yang bervariasi. Saat mulai menulis dengan menggunakan mesin ketik, maka tampilan dari dokumen tersebut akan nampak biasa saja. Akan tetapi, dengan munculnya Microsoft Word akan membuat dokumenmu menjadi lebih nyaman untuk dibaca dan juga tampak lebih menarik.

Ketebalan tulisan, jenis font, ukuran huruf, dan berbagai fitur lainnya bisa didapatkan dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan demikian itu, Anda bisa membuat dokumen yang lebih menarik dan tampak profesional.

Microsoft Word dapat Menyisipkan Gambar

Fungsi Microsoft Word yang keempat ialah bisa menambahkan gambar pada dokumen atau tulisan. Sebelum absensi Microsoft Word, gambar bisa ditempelkan atau lantas digambar. Namun saat ini, software microsoft word dapat memudahkkan kita untuk membuat dokumen menjadi lebih menarik serta memudahkan kita untuk menambahkan gambar pada suatu dokumen.

Microsoft Word dapat Membuat Tabel

Fungsi Microsoft Word yang terakhir ialah dalam membuat tabel. Kamu tidak lagi membutuhkan penggaris untuk membuat tabel dalam dokumen yang akan kamu buat. Dikarenakan ada salah satu fitur dalam Microsoft Word dapat memungkinkan kamu untuk membuat tabel dnegan bentuk serta jumlah dari kolom yang kamu inginkan.

Baca juga: Microsoft Office Word

Materi Manfaat Microsoft Word

Materi microsoft word
Sumber: https://d.wildapricot.net/

Selain sebagian fungsi Microsoft Word tersebut, kita juga perlu mengetahui manfaat dari Microsoft Word. Terutamanya bila Anda kerap kali berurusan dengan dokumen atau kerap kali membuat tulisan, baik itu pekerjaan atau bahkan tugas. Berikut ialah sebagian manfaat dari Microsoft Word:

Menghemat Waktu dan Daya

Dengan menerapkan Microsoft Word, aktivitas penulisan akan lebih maksimal dan tak memerlukan banyak daya. Hal ini tidak lepas dengan hadirnya keyboard yang menajdi perangkat keras untuk melengkapi notebook dan juga komputer. Dengan adanya keyboard, aktivitas penulisan menjadi lebih gampang sebab cuma mengandalkan kelincahan jari.

Meminimalisir Kesalahan Penulisan

Microsoft Word memiliki fitur auto correct yang bisa membetulkan kata-kata yang salah dalam tulisan secara otomatis. Fitur yang satu ini tidak ada didalam mesin ketik, jadi apabila ada kesalahan daar mengetik dengan menggunakan mesin tik, kamu masih memerlukan pengulangan dari awal. Berhubungan ini berbeda dengan Microsoft Word yang bisa menghapus kata, huruf, dan lain sebagainya. Dengan fitur ini, tentu akan sangat menolong, secara khusus bila Anda kerap kali membuat dokumen-dokumen penting atau kerap kali membuat tulisan yang banyak dibaca publik.

Meminimalisir Penggunaan Kertas dan Menjaga Lingkungan

Dengan hadirnya fitur didalam Microsoft Word untuk meminimalisir kesalahan penulisan. Kita juga bisa mengedit atau merapikan kata-kata dan huruf yang diketik.

Jika menerapkan mesin ketik, bila Anda menjalankan kekeliruan, karenanya seharusnya membuatnya dari permulaan dengan menerapkan kertas baru. Berhubungan ini tentu akan membuat pemakaian kertas semakin boros dan membuangnya secara cuma-cuma. Dengan absensi Microsoft Word, kita bisa meminimalisir kekeliruan sehingga bisa mengurangi pemakaian kertas.

Baca juga: Microsoft Access

Demikian ulasan lengkap mengenai materi microsoft word fungsi dan juga manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!