masker alami pemutih wajah
image from www.moneynuggets.co.uk

7 Daftar masker pemutih wajah alami serta cara membuatnya

Posted on
masker alami pemutih wajah
image from www.moneynuggets.co.uk

Masker pemutih wajah alami untuk membuatnya lebih sehat dan cantik serta cara membuatnya yang mudah dan praktis yang bisa diterapkan di rumah. Dibandingkan mengikuti perawatan kecantikan di salon yang membutuhkan budget besar, cara membuat masker pemutih wajah alami tentu lebih efektif dan efisien di rumah. Selain itu, jika dibandingkan memutihkan wajah singkat dengan serum pemutih yang dijual bebas di pasaran, masker pemutih alami lebih aman digunakan. Karenanya membuat masker pemutih secara alami bisa menjadi solusi paling ideal untuk mengatasi kulit wajah yang kusam dan menghitam.

 

Masker Pemutih Wajah Alami

Memang ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencerahkan kulit wajah. Dari cara alami hingga pengobatan di dokter kulit. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk lebih memilih cara alami. Sebab cara alami ini cenderung minim efek samping dan lebih aman sebab memanfaatkan bahan-bahan di sekitar rumah.

Pilihan cara alami untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, salah satunya ialah dengan memakai masker alami. Anda bisa memanfaatkan sejumlah bahan alami yang dijadikan sebagai masker pemutih wajah. Di samping minim efek samping maupun resiko, masker alami dari bahan-bahan alami jauh lebih mudah dan murah.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Masker Pemutih Wajah Alami?

Ada beberapa pilihan masker pemutih wajah alami yang bisa Anda coba membuatnya sendiri di rumah. Adapun masker-masker pemutih wajah alami tersebut diantaranya :

1. Masker Jeruk Nipis

Perlu diakui, bahwa jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi. Dengan kandungan tersebut tentu saja dapat membantu kulit wajah Anda bebas dari jerawat, dapat mengatasi kelebihan minyak di wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus mencerahkan wajah. Tak hanya berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah saja, tetapi vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk ini juga bisa menangkal paparan radikal bebas.

Adapun cara membuat masker pemutih wajah alami dengan jeruk nipis ini, adalah sebagai berikut :

  • Potong buah jeruk ke dalam 2 bagian.
  • Kemudian oleskan secara merata di kulit wajah Anda.
  • Biarkan sampai 30 menit hingga mengering.
  • Bilas menggunakan air bersih.
  • Agar mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara tersebut dengan teratur sekitar 2-3 kali dalam seminggu.

Namun perlu diketahui, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya hindari masker jeruk nipis karena kandungan asamnya yang tinggi bisa mengiritasi kulit sensitif. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih alternatif lain.

2. Masker Beras

Masker alami dari beras juga bisa dimanfaatkan sebagai masker pemutih wajah sekaligus dapat menghaluskan wajah. Beras mengandung allantoin dan asam ferulic yang berfungsi sebagai antioksidan. Bahan yang terkandung dalam beras ini bersifat anti inflamasi. Selain itu, beras juga bermanfaat melindungi kulit wajah dari kerusakan.

Adapun cara memutihkan wajah dengan masker alami dari bahan beras ini, ialah :

  • Siapkan madu dan beras putih seperlunya
  • Lalu rendam beras semalaman atau setidaknya 2 jam
  • Kemudian haluskan atau tumbuk beras tadi.
  • Jemur tepung beras tersebut sampai mengering.
  • Lalu campurkan 2 sdm madu dan 2 sdm tepung beras sampai tercampur merata. ivermectin subcutaneous dosage for goats
  • Sesudah tercampur, aplikasikan masker beras tadi dengan cara mengoleskannya ke bagian wajah sampai leher secara merata.
  • Diamkan selama 25 menit. Jika masker sudah mengering, selanjutnya bilas menggunakan air bersih.
  • Aplikasikan masker beras alami tadi secara teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

3. Masker Buah Alpukat

Buah alpukat ternyata dapat dimanfaatkan sebagai ramuan masker alami yang berkhasiat untuk melembabkan dan memutihkan kulit wajah. Vitamin A yang terkandung dalam buah alpukat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Di samping kandungan vitamin A, alpukat juga memiliki kandungan asam amino glutamin dengan fungsi untuk menjaga kulit terhadap polusi udara, paparan sinar matahari, dan pengaruh negatif dari lingkungan lainnya.

Baca juga: 4 Manfaat masker alpukat untuk kulit wajah yang luar biasa

Untuk membuat masker alami dari buah alpukat ini, pertama-tama siapkan 1 buah alpukat, lalu tambahkan dengan 1 butir telur dan ambil kuning telurnya saja, lalu tambahkan dengan susu ¼ cangkir. Setelah itu campur hingga merata. Aplikasikan masker buah alpukat ini dengan cara mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah. Diamkan hingga mengering selama 15-30 menit. Sesudah itu, bilas menggunakan air bersih. Aplikasikan masker alami buah alpukat ini dengan teratur.

4. Masker Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu ramuan alami yang khasiatnya tak diragukan lagi, terutama untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Yoghurt mengandung vitamin B5 yang berkhasiat untuk menyamarkan flek-flek hitam penyebab jerawat sekaligus berperan untuk mencerahkan kulit Anda.

Bukan hanya itu, kandungan kalsium dan juga asam laktat di dalam masker yoghurt juga bermanfaat dalam melembabkan wajah sekaligus membuatnya tetap terawat dan sehat. Adapun cara membuat masker pemutih wajah dari yoghurt ini adalah pertama-tama tuangkan 1 sdm yoghurt dalam wadah, lalu tambahkan dengan susu dan madu, selanjutnya aduk secara merata dan oleskan pada wajah. Setelah itu, diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

5. Masker Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain untuk membantu meregenerasi sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, A, dan E sebagai antioksidan yang terkandung dalam pepaya bisa menutrisi sekaligus melembabkan kulit. Buah pepaya bisa dikatakan sebagai tabir surya yang bisa menghambat terjadinya pigmentasi kulit akibat paparan sinar UV. Pepaya bisa dikonsumsi langsung untuk memutihkan kulit wajah secara alami dari dalam.

Selain dikonsumsi, Anda juga bisa membuat masker buah pepaya ini dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama-tama bersihkan pepaya lalu potong hingga beberapa bagian.
  • Kemudian haluskan buah pepaya dan oleskan masker pepaya ke seluruh permukaan wajah secara merata. ivexterm 6 mg
  • Biarkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini selama 2-3 kali seminggu.

6. Masker Cuka Apel

Tak sedikit orang merasa tidak tahan oleh aroma asam dari cuka apel. Namun siapa sangka, jika kandungan asam dalam cuka apel ini bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit yang baru sekaligus mengikis sel-sel kulit yang mati. Tak hanya itu saja, cuka apel pun bisa meminimalisir minyak berlebih di kulit wajah sekaligus dapat mengurangi peradangan. Untuk memutihkan kulit wajah Anda bisa membuat toner berbahan cuka apel, seperti berikut :

  • Campurkan sebanyak 5 ml cuka apel bersama 95 ml air.
  • Lalu celupkan kapas ke dalam larutan tersebut.
  • Selanjutnya oleskan ke seluruh permukaan wajah lalu diamkan hingga 10 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu.

7. Masker Lemon, Susu, dan Madu

Lemon, susu dan madu merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk mencerahkan wajah. Lemon dan susu adalah bahan pembersih sekaligus pemutih alami yang cocok untuk semua jenis kulit. Sementara, madu sendiri sangat ampuh untuk melembabkan kulit sekaligus bisa mengusir bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Adapun cara membuat masker pemutih wajah dengan campuran lemon, susu, dan madu ini ialah, pertama-tama campurkan 1 sdm air lemon bersama 1 sdm susu segar. Sesudah merata, tuangkan sebanyak 1 sdt madu asli/murni, lalu aduk lagi sampai merata. Selanjutnya oleskan campuran bahan tadi ke seluruh permukaan wajah hingga leher sampai merata. Biarkan sampai 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih. ivermectina injetvel ces posologia

Baca juga  Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya. Check It!