6 Masker alami untuk wajah kusam dan berminyak agar lebih segar

Kulit wajah, Masker wajah
Masker alami untuk wajah kusam dan berminyak
image via www.thrivo.co.uk

Masker alami untuk wajah kusam dan berminyak agar tampak lebih segar dan sehat secara alami tanpa menggunakan bahan kimia. Setiap wanita ataupun pria yang memperhatikan penampilan harus tahu beberapa masker alami untuk wajah kusam dan berminyak berikut ini. Penggunaan masker merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kusam berminyak. Dengan menggunakan beberapa pilihan bahan masker tertentu, maka Anda akan mendapatkan manfaat atau khasiat yang berbeda-beda. Beberapa bahan masker sendiri dibedakan menjadi bahan alami seperti buah-buahan, telur, atau sayuran sampai dengan masker dari bahan kimia yang banyak dijual di pasaran.

Namun di antara beberapa pilihan tersebut, masker yang terbuat dari bahan alami seperti dari buah-buahan yang dihaluskan, telur, atau beberapa bahan lainnya yang sudah terbukti secara efektif mampu mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah tanpa ada efek samping.

 

Masker alami untuk wajah kusam dan berminyak

Berikut ini adalah beberapa pilihan masker alami dengan bahan-bahan yang cukup mudah Anda dapatkan. Meskipun terlihat sederhana, namun ternyata penggunaan bahan alami secara rutin akan memberikan efek signifikan dan yang paling penting lebih aman. Untuk lebih jelasnya, beberapa informasi berikut ini akan membantu Anda untuk membuat masker tersebut sekaligus bagaimana cara membuatnya.

1. Masker Alpukat

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai masker alami untuk wajah berminyak adalah buah alpukat. Anda bisa mencoba menggunakan daging dari buah alpukat yang dihaluskan untuk selanjutnya bisa dioleskan ke seluruh permukaan wajah.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat menjadi alasan mengapa buah ini masih menjadi pilihan utama sebagai bahan masker wajah. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat seperti Kalium, Vitamin A, Vitamin E, Omega 6 dan Omega 3 sangat baik untuk membuat kulit Anda tampak lebih sehat dan cantik.

Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa mengkombinasikannya dengan beberapa bahan alami lainnya seperti yoghurt dan madu. Keduanya adalah bahan alami yang jika digunakan bersamaan akan berguna meremajakan kulit yang kusam dan kering. Cara membuat masker alpukat cukup mudah, yaitu Anda hanya harus menggunakan seperempat daging buah alpukat yang sudah dihaluskan untuk dicampurkan dengan tiga sendok teh yoghurt dan juga satu sendok teh madu. Setelah semuanya tercampur, Anda bisa menggunakannya dengan mengoleskannya pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum Anda membilas wajah Anda.

2. Masker coklat

Jika sebelumnya Anda hanya mengetahui bahwa coklat hanya bisa dikonsumsi saja, maka mulai saat ini Anda bisa mulai menggunakannya untuk masker wajah. Mitos mengatakan bahwa coklat dapat menyebabkan beberapa masalah pada kulit wajah seperti jerawat. Namun itu semua karena coklat yang Anda konsumsi sebenarnya sudah dicampurkan dengan susu dan gula. Sebenarnya, coklat murni sangat baik bagi kesehatan dan bahkan bagi wajah. Anda bisa menggunakan coklat untuk membuat wajah kusam tampak lebih cerah dengan menambahkannya madu, susu dan juga oatmeal.

3. Masker Lemon

Dari beberapa bahan yang bisa Anda pilih untuk digunakan sebagai wajah kusam dan berminyak adalah lemon. Bahan alami ini terkenal karena memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang kaya. Keduanya merupakan nutrisi yang paling tepat untuk membuat kulit kusam menjadi terlihat lebih cerah. Lemon bahkan diketahui bisa membantu mencegah penuaan dini. Untuk wajah berminyak dan kusam bisa diatasi hanya dengan menggunakan perasan lemon yang digunakan untuk mencuci wajah Anda.

4. Masker putih Telur

Masker wajah selanjutnya yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan cantik adalah putih telur. Meskipun bukan berasal dari buah-buahan atau sayuran, ternyata putih telur juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kulit wajah Anda. Cara membuat masker putih telur cukup dengan mengocoknya agar lebih mudah untuk diaplikasikan ke seluruh permukaan wajah.

Atau Anda juga bisa menggunakan tissue segera setelah mengaplikasikan olesan yang pertama dalam kondisi masih basah. Metode tadi diketahui juga dapat menghilangkan komedo karena masker wajah ini juga berfungsi sebagai masker peeling. Penggunaan masker alami untuk wajah kusam dan berminyak dengan menggunakan bahan-bahan yang terjangkau seperti putih telur ternyata dapat sangat bermanfaat jika dilakukan secara rutin.

5. Masker Madu

Madu adalah bahan alami yang sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu sebagai bahan perawatan kecantikan. Madu ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kulit. Anda perlu mencoba masker ini dan menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik. Caranya: ambil satu sendok makan madu dan satu sendok teh air perasan lemon. Madu juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk mendapatkan khasiat yang lebih banyak seperti dicampur dengan alpukat ataupun putih telur.

6. Gula Untuk Scrub wajah

Penggunaan bahan lainnya yang sebenarnya Anda gunakan adalah gula. Meskipun kelihatannya gula memiliki efek negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai scrub wajah. Cara menggunakan gula untuk scrub wajah biasanya dilakukan dengan cara mencampurnya dengan gula merah.

Selanjutnya tambahkan sedikit air untuk membuat pasta dengan tekstur yang kasar. Karena fungsi masker ini untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang ada pada wajah maka anda harus melakukan pemijatan sebentar.

Beberapa bahan di atas adalah contoh bahan-bahan yang sudah banyak digunakan untuk masker wajah sampai saat ini. Bahan-bahan alami ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa baik untuk kecantikan kulit dan juga kesehatan kulit. Jika masih kurang yakin, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter kulit. Terkadang untuk masalah kulit wajah tertentu, Anda harus menggunakan masker atau obat yang diresepkan oleh dokter kulit Anda. Meskipun banyak produk-produk masker yang terbuat dari bahan-bahan kimia, masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami tetap lebih baik dan tidak memiliki efek samping.