7 Masker alami untuk wajah berjerawat yang bisa Anda buat di rumah

Kulit wajah, Masker wajah
masker alami untuk wajah berjerawat
image via identity-mag.com

Masker alami untuk wajah berjerawat agar tidak semakin parah sekaligus membantu menghilangkannya secara alami dan efektif. Memiliki wajah berjerawat tentu merupakan hal yang sangat mengesalkan dan tidak diharapkan oleh siapapun. Pasalnya wajah menjadi terlihat kotor dan tidak menarik. Oleh sebab itu, ketika ada satu saja jerawat di wajah, Anda pasti akan segera melakukan berbagai cara agar jerawat tersebut segera hilang.

 

Cara membuat masker alami untuk wajah berjerawat

Untuk menghilangkan jerawat dengan mudah, sebenarnya tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Anda dapat membuat masker alami untuk wajah berjerawat dengan bahan-bahan alami yang sering dijumpai di sekitar. Berikut ini adalah beberapa masker wajah dari bahan alami yang dapat dicoba untuk menghilangkan jerawat secara efektif.

1. Masker Mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang mengandung astringent untuk mengontrol minyak berlebih di wajah pemicu jerawat dan membuat jerawat lebih cepat kering. Untuk membuat masker tersebut, haluskan 1 buah mentimun berukuran kecil dan 1 cangkir oatmeal. Tambahkan 1 sendok teh yoghurt dan aplikasikan di wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Selain dengan bahan di atas, Anda juga dapat membuat masker mentimun dengan perpaduan 1 buah mentimun yang telah diblender dan diperas airnya kemudian tambahkan dengan 1 sendok makan gula. Campur rata dan aplikasikan di wajah selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Masker Yogurt, Oatmeal, dan Lemon

Campurkan 1 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan oatmeal. Tambahkan beberapa tetes lemon. Setelah itu oleskan masker tersebut secara merata di wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit atau sampai kering. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini minimal 3 kali seminggu untuk mengontrol pembentukan jerawat dan mencegah jerawat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

3. Masker Pepaya dan Nanas

Beberapa jenis buah diketahui menawarkan manfaat untuk kulit berjerawat. Nanas dan pepaya termasuk di antaranya. Cara membuat masker alami untuk wajah berjerawat dari nanas dan pepaya, blender kedua buah tersebut secukupnya. Setelah itu gunakan sebagai masker di wajah. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengering. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Selain dapat menghilangkan jerawat, kedua bahan ini juga dapat mencerahkan kulit.

4. Masker Yogurt

Manfaat masker yogurt untuk wajah sangat banyak sekali karena yogurt merupakan bahan alami yang mengandung asam laktat, bakteri baik, dan asam alfa hidroksi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyumbat pori-pori dan pemicu jerawat. Untuk membuat masker yogurt, siapkan 2 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan madu. Campur kedua bahan tersebut sampai rata dan oleskan di wajah. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat.

5. Masker Lemon

Di dalam buah lemon terdapat banyak kandungan asam askorbat L yang sangat berguna dalam mengatasi peradagangan di kulit wajah yang mengalami jerawatan. Selain itu lemon juga mampu mengecilkan pori-pori wajah yang tersumbat. Bukan hanya itu, lemon juga dapat mencerahkan wajah dan mengatasi noda bekas jerawat. Untuk membuat masker lemon, siapkan sari lemon dari 1 buah lemon. Oleskan di wajah secara merata wajah. Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air hangat. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan 1 sendok makan madu pada masker tersebut untuk pemilik kulit sensitive.

6. Masker Tomat

Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C untuk mendukung proses regenerasi kulit. Tomat dapat mengatasi jerawat di wajah yang mengganggu. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat yang pertama blender 1 buah tomat matang. Oleskan tomat tersebut di wajah secara merata. Diamkan sekitar 15 menit atau sampai agak kering. Bilas wajah dengan air dingin. Selain dapat menghilangkan jerawat di wajah, masker tersebut juga dapat mengencangkan kulit. Gunakan masker tomat secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Masker Kunyit

Kunyit juga termasuk bahan alami yang dapat mengatasi kulit berjerawat. Cara membuat masker kunyit, siapkan 2 sendok teh bubuk kunyit, ½ cangkir tepung kacang panjang, bubuk cendana, dan clarified butter atau minyak almond. Campur semua bahan tersebut dan tambahkan sedikit air sampai teksturnya menjadi seperti pasta. Gunakan masker tersebut di wajah secara merata dan diamkan selama 5 – 10 menit. Setelah itu, lepaskan dengan gerakan memutar dan bilas dengan air bersih. Masker tersebut selain dapat mengatasi jerawat juga dapat meremajakan kulit

Demikian beberapa masker alami untuk wajah berjerawat. Anda dapat menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan kulit bersih yang bebas dari jerawat.