6 Masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah

Kulit wajah, Masker wajah
masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat
image via www.girlslovestyle.com

Masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah agar tidak mengganggu penampilan Anda tentunya dengan bahan-bahan yang aman untuk digunakan secara rutin. Masalah jerawat memang tidak pernah ada habisnya. Pasalnya ketika jerawat tersebut hilang, masalah masih belum selesai karena jerawat tersebut meninggalkan bekas baik berupa noda hitam atau bopeng yang membuat wajah terkesan kotor. Untuk menghilangkan bekas jerawat secara sempurna tentu memerlukan usaha dan proses yang lama. Beruntung, alam di sekitar kita menyediakan banyak bahan alami yang dapat membantu mengatasi bekas jerawat tersebut agar segera hilang secara sempurna.

 

Masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat

Anda dapat memperoleh manfaat dari bahan-bahan alami tersebut dengan membuatnya sebagai masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Apa saja bahan tersebut?

1. Masker Susu Almond dan Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan astringent yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih di wajah dan meremajakan kulit untuk mengurangi bekas jerawat. Sementara itu, susu almond berperan menutrisi dan menjaga kelembaban kulit. Untuk membuat masker tersebut, siapkan 2 sendok teh susu almond murni dan satu putih telur, dan satu sendok teh sari lemon.

Campur semua bahan tersebut kemudian aplikasikan di wajah secara merata, kecuali area mata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan cara ini 2 kali seminggu.

2. Masker Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan juga flek hitam di wajah. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan kentang, siapkan kentang yang telah dicuci bersih. Iris kentang tersebut tipis-tipis kemudian tempelkan di bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas wajah dengan air bersih. Perawatan ini dapat dilakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

3. Masker Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya efektif untuk bumbu rempah tetapi juga dapat menghilangkan bekas jerawat yang tidak kunjung hilang. Caranya, haluskan 2-3 buah bawang putih. Setelah itu oleskan di wajah yang memiliki bekas jerawat. Setelah beberapa menit, bersihkan wajah dengan air bersih. Lakukan cara ini secara konsisten agar bekas tersebut segera hilang.

4. Masker Mentimun

Mentimun telah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat di dunia kecantikan, termasuk menghilangkan jerawat. Mentimun kaya akan kandungan astringent, potasium dan vitamin A yang bermanfaat untuk kulit. Untuk membuat masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun, caranya potong mentimun tipis-tipis.

Setelah itu, tempelkan di bagian bekas jerawat dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air. Selain dengan cara tersebut, Anda juga dapat menghaluskan satu buah mentimun kemudian campur dengan satu sendok makan yoghurt. Aplikasikan masker tersebut di wajah dan bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini secara teratur karena mentimun tidak hanya sekedar menghilangkan bekas jerawat tetapi juga melembabkan kulit.

5. Masker Alpukat dan Madu

Salah satu manfaat masker alpukat untuk wajah adalah membantu menghilangkan bekas jerawat. Buah alpukat dikenal sangat ampuh untuk mengatasi bekas jerawat. Sementara itu, madu dibutuhkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Alpukat memiliki kandungan antibakteri sedangkan madu dapat mengatasi inflamasi kulit. Kandungan kolagen pada alpukat juga dapat membantu mengencangkan kulit.

Untuk membuat masker, campurkan alpukat yang telah dilumatkan dengan 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan bubuk kakao. Setelah tercampur rata, aplikasikan di wajah dan diamkan selama 20 menit atau sampai kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Setelah itu, gunakan pelembab wajah. Lakukan cara ini minimal 1 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

6. Cuka Sari Apel dan Madu

Cuka sari apel memiliki kandungan alpha hydroxy acids yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori kulit. Selain itu, bahan alami ini juga dapat mengatasi bekas jerawat dengan mencerahkan warna kulit dan mengembalikan keseimbangan pH kulit. Caranya, siapkan 1 sendok makan cuka sari apel dan campur dengan 2 sendok teh bubuk teh hijau, 1 sendok teh madu, dan 5 sendok makan gula. Gunakan masker tersebut dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini setidaknya 1 kali seminggu.

Demikian beberapa masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena ini merupakan bahan alami, proses untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Namun jika dilakukan secara konsisten, hasilnya akan sesuai dengan harapan Anda.