7 Masker alami untuk kulit kering agar lebih lembab dan sehat

Kulit wajah, Masker wajah
masker alami untuk kulit kering
image via www.v10plus.co.jp

Masker alami untuk kulit kering agar lebih lembab dan sehat yang aman diterapkan secara rutin karena menggunakan bahan rumahan. Memiliki kulit wajah yang kering tentu bukan hal yang mudah. Kulit tersebut cenderung terlihat kasar dan kusam sehingga membuat banyak wanita merasa kurang percaya diri. Kadang meskipun sudah menggunakan pelembab di pagi hari, kulit tersebut akan kembali kering di siang hari dan terasa tidak nyaman.

 

Masker alami untuk kulit wajah yang kering

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda sebenarnya dapat membuat masker dari bahan-bahan alami yang dapat melembabkan kulit kering. Berikut ini adalah masker alami untuk kulit kering yang menggunakan bahan-bahan di sekitar yang murah dan mudah dijumpai. Anda dapat mencoba membuat masker tersebut sesuai dengan bahan yang mudah didapatkan atau mungkin sudah tersedia di rumah Anda

1. Masker Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan bahan alami yang selama ini telah dikenal memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Manfaat minyak zaitun untuk wajah didapat dari kandungan antioksidan dan vitamin E pada minyak zaitun dapat membuat kulit lebih lembab dan lembut. Untuk menggunakan masker minyak zaitun sangat mudah dan sederhana. Cukup bersihkan wajah kemudian oleskan minyak zaitun secara merata di wajah. Pijat wajah perlahan selama 10 menit dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.

2. Masker Alpukat, Pisang, dan Pepaya

Selain dikenal banyak mengandung serat, ketiga jenis buah ini juga sangat baik untuk pencernaan dan dapat mengatasi kulit kering. Anda dapat menggunakan buah tersebut sebagai masker alami untuk kulit kering. Caranya, haluskan alpukat, pepaya, dan pisang yang sudah matang. Aplikasikan masker tersebut di wajah. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering dan bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Masker Bengkoang

Selama ini bengkoang telah dikenal sebagai bahan alami yang ampuh untuk memutihkan kulit wajah. Selain itu, bengkoang ternyata juga dapat melembabkan kulit yang kering. Cara membuat masker bengkoang cukup dengan menghaluskan 1 bengkoang berukuran sedang. Gunakan bengkoang tersebut sebagai masker di wajah secara merata. Setelah meresap atau sekitar 25 menit, bilas dengan air. Lakukan cara perawatan ini 2-3 kali dalam satu minggu.

4. Masker Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan melancarkan sistem pencernaan. Vitamin dan enzim papain yang terdapat di dalam buah tersebut sangat baik untuk merawat kulit wajah kering dan kusam. Cara membuat masker pepaya, parut pepaya sampai lembut. Setelah itu tambahkan sedikit air supaya tidak terlalu kental. Aplikasikan masker tersebut di wajah. Setelah 15 menit, bilas wajah sampai bersih

5. Masker Minyak Almond

Minyak almond adalah salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering. Caranya, cukup oleskan minyak almond di area wajah secara merata. Gunakan minyak tersebut 15 menit sebelum mandi. Bahan alami ini mengandung senyawa yang mirip dengan minyak biji bunga matahari yang dapat melembabkan kulit dan mengatasi kulit kering. Jadi jika Anda tidak berhasil menemukan minyak almond, Anda dapat menggunakan minyak biji bunga matahari

6. Masker Susu

Susu juga termasuk bahan alami yang efektif untuk mengatasi kulit kusam dan kering. Selain itu, masker susu juga dapat mencerahkan kulit dan mengatasi berbagai masalah di kulit. Untuk menggunakan susu sebagai masker, cukup oleskan susu segar di wajah secara merata. Setelah itu, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Atau Anda juga dapat mencampurkan ¼ cangkir susu bubuk dengan air secukupnya sampai berbentuk pasta pekat. Setelah itu, oleskan di wajah secara merata dan diamkan sampai kering. Bersihkan wajah dengan air hangat

7. Masker Madu dan VCO

Manfaat masker madu untuk wajah akan semakin baik saat dikombinasikan dengan Minyak kelapa. Virgin coconut oil merupakan bahan alami yang kaya akan lemak tak jenuh untuk menutrisi dan melembabkan kulit tanpa memberikan kesan berminyak atau mengkilap. Bahan ini juga memiliki kandungan antimicrobial yang mencegah infeksi kulit dan munculnya jerawat. Sementara itu, madu mengandung antibakteri dan melembabkan kulit sehingga lebih kenyal. Untuk membuat masker tersebut, campurkan 2 sendok makan VCO dengan ¼ cangkir madu murni. Aplikasikan di wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin.

Demikian beberapa masker alami untuk kulit kering. Gunakan masker tersebut secara rutin dan kulit Anda yang kering pun akan menjadi lebih lembab, kenyal, dan bercahaya.