6 Masalah umum pada rambut yang sering dialami seseorang

masalah rambut paling umum
masalah rambut paling umum
image from pinterest.com

Sepanjang sejarah manusia di Bumi rambut masih menjadi salah satu kriteria kecantikan bagi semua wanita di berbagai masyarakat di seluruh dunia. Bagian tubuh yang satu ini bukan hanya melengkapi penampilan wanita tetapi juga mengungkapkan beberapa bagian tertentu dari kepribadiannya sendiri serta kecantikan bagian luar tubuh. Sehingga tidak mengherankan bila banyak dari para wanita sangat terobsesi memiliki rambut yang cantik secara alami. Bahkan, mereka menghabiskan banyak waktu setiap hari untuk merawat rambut dan menemukan gaya terbaik yang bisa mereka pakai. Oleh karena itu, masalah rambut menjadi salah satu hal yang perlu untuk diatasi sedini mungkin. Sebelum Anda mengetahui mengenai bagaimana cara memperbaiki rambut yang rusak, tidak ada salahnya jika mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa masalah rambut yang sering dialami oleh wanita, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Rambut rontok

Rambut rontok menempati urutan pertama daftar kerusakan rambut yang paling menjengkelkan bagi para wanita. Rambut rontok terjadi pada Kebanyakan orang bukan hanya wanita saja, melainkan pria juga mengalaminya. Akan tetapi wanita menjadi sangat khawatir ketika masalah rambut ini dialami olehnya. Penyebab umum kerontokan rambut pada wanita adalah stres, perubahan hormon, menopause, atau pengobatan seperti antidepresan, pengencer darah, retinoid, pil KB, dan obat tekanan darah tinggi. Orang dengan kondisi autoimun yang dikenal sebagai alopecia areata juga dapat menderita kerontokan rambut pada kulit kepala mereka dan beberapa bagian tubuh lainnya. Kelainan dan kondisi kesehatan lainnya yang juga bisa berakibat pada kerontokan pada rambut antara lain:

  • Operasi
  • Infeksi parah
  • Tiroid terlalu aktif atau kurang aktif
  • Infeksi jamur pada kulit kepala
  • Kehamilan dan persalinan
  • Penyakit autoimun seperti Lupus
  • Penggunaan produk styling rambut yang berbahan kimia

 

2. Rambut Abu-abu

Rambut abu-abu sebenarnya adalah hal yang normal dialami oleh para wanita saat mereka mengalami pertambahan usia. Dr Antonio di Stanford University menyatakan bahwa 50% populasi manusia memiliki rambut keabu-abuan terutama di usia 50-an. Akan tetapi masalah rambut abu-abu ini kadang terjadi lebih awal pada usia 20an dan menjadi kekhawatiran yang besar bagi banyak wanita. Kelainan Dini ini terbukti karena kekurangan vitamin D3. Dalam sebuah studi dari Pastor Muller Medical College dan Hospital di India ada juga banyak faktor yang dapat memicu awal uban pada rambut seperti malnutrisi, menggunakan pengering listrik, ketidakseimbangan hormon, hipotiroidisme, dan hipertiroidisme, anemia pernisiosa, dan pewarna rambut pekat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bagian awal rambut yang beruban dapat terjadi sebagai akibat kurangnya beberapa zat tembaga, vitamin B, yodium, dan zat besi.

 

3. Rambut kering dan rapuh

Orang sering berpikir bahwa kondisi rapuh pada rambut hanyalah jenis rambut yang tidak bisa diubah. Namun, hal ini sebenarnya adalah salah satu masalah rambut yang harus dihadapi pria dan wanita setiap hari. Penyebab utama rambut kering adalah kurangnya kelembaban dan beberapa minyak penting tertentu yang diperlukan untuk menjaga agar rambut Anda tetap bersinar dan sehat. Paparan sinar matahari dan angin secara berlebihan juga bisa membuat kondisi semakin buruk. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu telah menunjukkan bahwa penggunaan peralatan pemanas rambut dapat merusak dan membuat rambut lebih kering dan rapuh.

 

4. Kulit kepala mengelupas

Kulit kepala yang kering dan mengelupas sering disalahartikan dengan ketombe. Sebenarnya kedua masalah kulit kepala ini tidak serupa dalam hal alasan dan solusi terlepas dari ketidaknyamanan yang diciptakan dari kedua masalah rambut tersebut hampir sama. Kulit kering yang keriput dan mengelupas pada permukaan kulit kepala ini tidak hanya menghambat pertumbuhan rambut pada wanita, tetapi juga berperan sebagai salah satu penyebab kerontokan rambut. Penyebab kulit kepala bersisik dan mengelupas bermacam-macam termasuk kekurangan kelembaban pada kulit kepala, cuaca yang dingin, penumpukan produk kimia, deterjen yang terdapat pada shampo dan kekurangan asupan air.

 

5. Rambut Kusam

Rambut kusam bukan hanya membuat anda tidak nyaman tetapi juga akan menjadikan Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Rambut kusam bisa disebabkan Styling rambut yang berlebihan terutama menggunakan bahan kimia, teknik styling yang tidak tepat juga terkadang bisa membuat rambut menjadi lebih kusam. Selain itu, kurangnya perawatan rambut juga berkontribusi besar terhadap kerusakan rambut yang satu ini.

 

6. Ketombe

Ketombe menjadi satu diantara berbagai macam masalah rambut yang paling menjengkelkan bagi para wanita karena selain membuat kulit kepala menjadi gatal,ketombe juga kan sangat mengganggu penampilan terutama jika Anda menggunakan baju berwarna hitam. Masalah rambut yang satu ini sering diakibatkan oleh infeksi, pola makan yang buruk, dermatitis seborrheic, kondisi kulit tertentu Atau mungkin metabolisme yang lamban. Untuk mengatasi ketombe Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan alami seperti madu, minyak zaitun dan minyak kelapa. Penggunaan shampo yang cocok juga bisa membantu mengatasi masalah ketombe yang anda alami.