6 Manfaat Yama udo untuk kesehatan yang mengagumkan

tanaman
manfaat yama udo
image from jpninfo.com

Manfaat Yama udo untuk kesehatan yang mengagumkan seperti meningkatkan kekuatan tulang. Apakah Anda tahu sayuran bernama yama udo? Jika belum tahu tidak apa-apa karena di artikel ini Anda akan diajak untuk mengenal yama udo serta manfaat yama udo untuk kesehatan.

 

Apa itu yama udo?

Yama udo bukanlah tanaman yang berbentuk pohon melainkan tanaman tunas. Yama udo bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 3 meter. Yama udo masuk dalam family Araliaceae. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Aralia cordata. Yama udo adalah tanaman native Jepang, Korea, dan Cina bagian timur. Yama udo sering disebut juga sebagai asparagus gunung karena bentuk dan teksturnya mirip dengan asparagus. Perlu Anda ketahui yama udo adalah tanaman Aralia cordata yang tumbuh liar di pegunungan. Kalau tumbuh karena hasil perawatan manusia maka namanya berubah menjadi Shiro udo.

Yang dimakan dari yama udo adalah daun dan batang. Bagian batang yama udo terdiri dari beberapa lapis dengan lapisan terluar berwarna ungu. Jadi Anda harus mengupasnya terlebih dahulu untuk bisa makan bagian tengah batang yang berwarna putih. Tekstur batang yama udo renyah seperti batang seledri dengan aroma sitrus. Batang yama udo pahit jika dimakan mentah makanya orang Jepang biasanya merendam batang yama udo dalam larutan baking soda atau larutan garam selama semalaman sebelum kemudian dijadikan lalapan. Hati-hati dengan buah yama udo karena beracun jika dimakan manusia.

Di Korea, akar yama udo dikeringkan dan dijadikan obat herbal untuk mengobati bengkak, nyeri, dan demam karena reaksi inflamasi. Suku Ainu, suku asli Kepulauan Hokaido, Jepang, menggunakan yama udo yang dijadikan pasta untuk mengobati memar. Yama udo juga bisa dijadikan obat nyeri otot dan sendi. Nutrien yang terkandung dalam yama udo adalah kalsium, kalium, magnesium, fosforus, zat besi, zinc, dan vitamin C.

 

Manfaat yama udo untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Semakin bertambahnya usia, komposisi kepadatan tulang akan semakin berkurang. Itu sebabnya orang tua rentan akan osteoporosis. Kandungan kalsium dan fosforus dalam yama udo akan membantu menjaga kesehatan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos. Begitu juga dengan kesehatan gigi. Gigi akan tetap kuat, tidak gampang patah dan bolong.

2. Mencegah infeksi akibat serangan mikroorganisme.

Vitamin C yang terkandung dalam yama udo bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Virus dan mikroorganisme lainnya sering kali menyebabkan penyakit infeksi. Dengan mengonsumsi yama udo yang kaya akan vitamin C, sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga mampu melawan virus yang menyerang tubuh.

3. Mencegah retardasi pertumbuhan pada anak.

Anak-anak membutuhkan nutrisi yang lengkap agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya sempurna. Anak yang kekurangan zinc berisiko mengalami retardasi pertumbuhan atau pertumbuhan tubuhnya lebih lambat dari pertumbuhan anak lain. Kekurangan zinc juga berakibat anak lebih rentan akan infeksi mikroba dan diare. Maka dari itu sangat disarankan bagi orang tua untuk memasukkan sayuranan kaya zinc dalam menu makanan anak sehari-hari. Salah satu sayuran yang kaya zinc adalah yama udo.

4. Membantu pembentukan sel darah merah.

Sel darah merah selalu diproduksi tubuh setiap hari. Penyakit kekurangan sel darah merah disebut anemia yang menyebabkan penderitanya merasa lemas, tidak bergairah, dan gampang capek karena kekurangan oksigen yang seharusnya diikat oleh sel darah merah. Kandungan zat besi yama udo membantu pembentukan sel darah merah. Dengan begitu jumlah sel darah merah dalam tubuh akan cukup dan tidak sampai terjadi anemia.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke biasanya diakibatkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat contohnya banyak merokok dan banyak makanan berkolesterol. Sayuran seperti yama udo merupakan salah satu contoh sayuran yang dianjurkan untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Yama udo mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko diabetes, magnesium dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, jika digabungkan dengan potassium (kalium), magnesium dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Karena yama udo juga rendah kalori, maka tidak ada risiko terjadinya aterosklerosis atau pengerasan dinding pembuluh darah jantung penyebab penyakit jantung.

6. Mengobati inflamasi akibat infeksi

Dalam pengobatan tradisional Korea, yama udo digunakan untuk mengobati demam, bengkak, dan nyeri akibat infeksi. Yama udo juga bisa dijadikan obat luar mengobati memar seperti yang dilakukan suku Ainu.

Jika Anda mendapatkan yama udo tidak ada salahnya jika Anda mencobanya supaya Anda bisa merasakan manfaat yama udo untuk kesehatan seperti di atas.