13 Manfaat vitamin B2 (Riboflavin) untuk kesehatan dan kecantikan

Nutrisi
manfaat vitamin B2
image from jonnybowden.com

Manfaat vitamin B2 untuk kesehatan yang sangat mengagumkan mulai dari mencegah anemia sampai mengurangi risiko kanker. Vitamin B2 atau yang juga dikenal dengan sebutan riboflavin merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh kita. Vitamin B2 atau riboflavin sangat penting terutama dalam menjaga kesehatan sel darah, meningkatkan energi, mengatur metabolisme, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, serta melindungi jaringan ikat di dalam tubuh.

Sekilas tentang vitamin B2

Vitamin B2 seperti halnya jenis vitamin b kompleks lainnya merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Tubuh biasanya tidak akan menyimpan vitamin B2 dalam jumlah yang banyak karena biasanya tubuh akan cepat menggunakannya. Untuk itu mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B2 sangat penting sekali agar tubuh tidak mengalami defisiensi vitamin B2.

Pada dasarnya kekurangan vitamin B2 sebenarnya tidak begitu membahayakan bagi kesehatan. Akan tetapi dalam tahap yang kronis kekurangan vitamin B2 bisa menimbulkan berbagai macam masalah yang serius. Beberapa tanda-tanda kekurangan vitamin B2 diantaranya adalah anemia, kekurangan energi, metabolisme tubuh yang lambat, sakit pada tenggorokan, kecemasan berlebih, dan juga depresi.

Manfaat vitamin B2 Untuk kesehatan

1. Membantu mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Hemoglobin sendiri merupakan senyawa dalam darah yang bertanggung jawab membawa oksigen ke setiap sel di dalam tubuh kita. Jika tubuh mengalami kekurangan hemoglobin maka sel-sel di dalam tubuh kita tidak akan menerima oksigen yang cukup. Anemia bisa dicegah dengan meningkatkan asupan zat besi dan juga vitamin B2. Anemia ditandai dengan kondisi seperti mudah lelah, sesak napas, pusing, dan lemas. Orang yang mengalami kekurangan sel darah merah biasanya dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B2 dan juga zat besi.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Diantara manfaat vitamin B2 yang perlu dicermati adalah kemampuannya dalam memberikan efek perlindungan terhadap mata. Vitamin B2 ternyata dapat mengurangi gejala katarak, glaukoma, dan keratoconus. Kemampuan vitamin B2 ini mirip dengan manfaat vitamin B1 yang juga berperan penting dalam melindungi mata dari kerusakan. Glaukoma merupakan penyakit saraf optik yang rusak akibat kelebihan cairan di bagian depan mata. Sedangkan katarak merupakan kondisi medis di mana lensa mata menjadi keruh.

3. Meningkatkan energi tubuh

Salah satu manfaat vitamin B2 untuk kesehatan yang perlu anda ketahui adalah kemampuannya dalam meningkatkan pasokan energi. Beberapa organ di dalam tubuh kita yang merasakan manfaat vitamin B2 ini diantaranya adalah sistem endokrin, sistem saraf, dan juga otak. Kesemuanya mendapatkan suplai energi dari vitamin B2 untuk bisa berfungsi dengan baik. Vitamin B2 atau riboflavin ini bertanggung jawab mencerna karbohidrat, protein, dan juga lemak yang ditemukan dalam makanan menjadi energi yang bisa kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

4. Membantu mengurangi sakit kepala

Riboflavin atau vitamin B2 merupakan salah satu molekul yang telah terbukti mampu mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain. Biasanya dokter akan memberikan suplemen vitamin B2 untuk mengatasi rasa sakit yang diakibatkan oleh migrain. Selain migrain, beberapa masalah sakit kepala yang biasanya dipicu oleh cahaya, suara, dan juga bau bisa diminimalisir dengan asupan vitamin B2 yang cukup. Bagi anda yang sering mengeluhkan sakit kepala tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin B2.

5. Bertindak sebagai antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting yang berguna menjaga tubuh kita dari kerusakan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan DNA yang bisa berakibat fatal. Untungnya diantara manfaat vitamin B2 untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan produksi glutathione. Merupakan antioksidan yang sangat penting dan efektif untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu vitamin B2 juga merupakan salah satu enzim yang bertanggung jawab dalam mengubah glutathione menjadi bentuk yang dapat digunakan.

6. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Asupan vitamin B2 yang cukup sering dikaitkan dengan kesehatan rambut, kuku, dan juga kulit anda. Jadi bisa dikatakan vitamin B2 merupakan salah satu vitamin kecantikan. Vitamin b1 bersama dengan jenis vitamin B lainnya membantu mencegah rambut rontok dan memperkuat folikel rambut agar tidak mudah patah. Selain itu, vitamin B2 juga sangat penting dalam menjaga keseimbangan kadar kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein penting yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit secara alami. Jadi dengan mencukupi asupan vitamin B2 dari makanan ataupun suplemen akan membantu mencegah munculnya keriput lebih awal.

7. Meningkatkan pertumbuhan dan regenarasi

Asupan vitamin B2 yang cukup sangat dibutuhkan terutama bagi orang yang sedang mengalami masa pertumbuhan seperti anak-anak dan remaja. Hal ini dikarenakan manfaat vitamin B2 yang cukup penting adalah membantu pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit, kuku, rambut, mata, saraf dan organ penting lainnya. Bukan hanya itu, vitamin B2 juga membantu mencerna nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Penyerapan nutrisi juga sangat penting sekali dalam meningkatkan pertumbuhan. Selain membantu pertumbuhan, vitamin B2 juga berguna meregenerasi sel-sel penting di dalam tubuh kita.

8. Melindungi sistem saraf

Seperti beberapa jenis vitamin b kompleks lainnya vitamin B2 juga memiliki perlindungan terhadap sistem saraf. Sistem saraf merupakan markas besar yang mengontrol semua proses penting di dalam tubuh kita. Hal inilah yang membuat kenapa menjaga agar sistem saraf berfungsi dengan baik merupakan suatu hal yang penting. Jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa vitamin B2 sangat penting sekali untuk melindungi sistem saraf kita.

9. Membantu penyerapan mineral

Mineral merupakan nutrisi yang penting sekali karena sangat diperlukan untuk menunjang berbagai aktivitas organ di dalam tubuh. Agar organ tubuh kita bisa bekerja dengan baik anda bukan hanya membutuhkan asupan mineral, tetapi juga nutrisi lain yang dapat membantu penyerapannya. Diantara nutrisi tersebut adalah vitamin B2. Vitamin B2 membantu pengembangan zat besi, asam folat, vitamin B3, b1, dan B6, sehingga vitamin B2 akan membuat tubuh kita penuh dengan nutrisi penting.

10. Menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik

Diantara fungsi dan manfaat vitamin B2 yang patut diperhitungkan adalah kemampuannya dalam mencegah infeksi di dalam tubuh dengan cara meningkatkan sistem imun. Jika sistem kekebalan tubuh kita kuat maka kemampuannya dalam melawan bakteri dan juga virus serta organisme lainnya bisa berjalan maksimal.

11. Baik untuk ibu hamil

Selain asam folat atau vitamin b9, vitamin B2 juga merupakan unsur penting dalam perkembangan janin di dalam rahim. Hal ini membuat seorang ibu hamil harus mencukupi kebutuhan vitamin B2 dari makanan yang mereka konsumsi. Jika anda kesulitan mendapatkan asupan vitamin B2 dari makanan mengambil suplemen bisa dijadikan alternatif lain, tentunya dengan pengawasan dari dokter.

12. Membantu mencegah HIV dan AIDS

Studi menunjukkan bahwa vitamin B2 mampu memperlambat perkembangan virus HIV. Temuan ini tentunya telah mengukuhkan manfaat vitamin B2 sebagai salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. HIV merupakan penyakit menular yang bisa berkembang menjadi AIDS. Penyakit ini ditandai dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

13. Membantu mencegah kanker

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa kerusakan DNA yang disebabkan oleh karsinogen dapat dicegah dengan asupan vitamin B2 yang cukup. Meskipun penelitian mengenai manfaat vitamin B2 untuk kesehatan ini perlu dikaji lebih lanjut, akan tetapi temuan tersebut setidaknya menjadi gerbang untuk penelitian lanjutan mengenai sejauh mana tingkat keefektifan vitamin B2 untuk mencegah kanker.