12 Manfaat vitamin B12 (Cobalamin) untuk kesehatan tubuh dan mental

Nutrisi
Makanan sumber vitamin B12, image from pixabay.com

Manfaat vitamin B12 (Cobalamin) untuk kesehatan tubuh dan mental yang sangat mengagumkan. Vitamin B12 merupakan nutrisi dari alam yang sangat penting sekali, karena vitamin ini memainkan peran kunci dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan. Meskipun vitamin B12 banyak ditemukan dalam berbagai macam makanan akan tetapi masih banyak orang yang mengalami defisit vitamin ini.

 

Apa itu vitamin B12?

Vitamin B12 atau biasa disebut cobalamin merupakan vitamin yang sering ditemukan dalam berbagai macam sumber makanan hewani. Meskipun demikian, beberapa jenis makanan nabati juga terkadang memiliki kandungan vitamin B12, meskipun tidak begitu banyak. Beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi vitamin B12 diantaranya adalah susu, daging, dan unggas.

Vitamin B12 merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan diserap ke dalam tubuh di bagian terakhir dari usus kecil. Sebelum mencapai titik tersebut vitamin B12 atau cobalamin dipisahkan dari protein yang melekat oleh asam lambung. Setelah diserap ia akan mengalir melalui aliran darah dan disimpan di organ hati.

Karena vitamin ini larut dalam air maka vitamin B12 sangat mudah sekali keluar dari tubuh kita. Untuk itu asupan makanan yang mengandung vitamin B12 sangat penting sekali untuk mencegah tubuh kekurangan vitamin B12.

 

Manfaat Vitamin B12

1. Meningkatkan suasana hati dan sistem saraf

Manfaat vitamin B12 untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan suasana hati dan kesehatan sistem saraf kita. Hari ini sangat penting sekali terutama dalam mengurangi gejala depresi dan membantu anda meningkatkan suasana hati. Meningkatnya suasana hati selain dapat memperbaiki kehidupan sosial anda juga berpengaruh besar terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat vitamin B12 ini didapat dari kemampuannya dalam memproduksi senyawa kimia yang disebut S-adenosyl methionine dimana senyawa ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Selain itu, vitamin B12 juga berguna meningkatkan fungsi neurologis sehingga dapat mencegah stres dan masalah mental lainnya.

2. Meningkatkan energi dan vitalitas

Vitamin B12 berguna meningkatkan energi dan vitalitas anda sehingga dapat mencegah kelelahan dan masalah terkait. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 sangat baik sekali terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat seperti pekerja kantoran atau mungkin olahragawan. Kekurangan vitamin B12 dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga pasokan energi akan bermasalah.

Vitamin B12 merupakan salah satu diantara beberapa jenis vitamin b kompleks yang dapat mengubah makanan menjadi glukosa yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Selain itu vitamin B12 juga membantu memberikan sinyal yang memberitahu bagian tubuh untuk bergerak ketika Anda menginginkannya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan asupan vitamin B12 dapat membantu tubuh anda bekerja dengan baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat vitamin B12 untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat maka beberapa jenis virus dan bakteri tidak akan mudah menyerang tubuh. Hal ini sangat penting sekali terutama bagi anda yang memiliki sistem imun lemah.

4. Meningkatkan fungsi otak

Diantara manfaat vitamin B12 untuk kesehatan yang paling penting adalah membantu melindungi otak anda dari kerusakan akibat bertambahnya usia. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin B12 dapat mencegah kehilangan ingatan dengan menjaga kesehatan saraf. Dengan demikian beberapa penyakit seperti alzheimer bisa diminimalisir dengan asupan vitamin B12 yang cukup. Cobalamin atau vitamin B12 juga bekerja dengan cara memastikan bahwa sinyal neurotransmitter dikirim secara efisien ke otak. Hal ini akan mengurangi perkembangan penyakit neurodegeneratif.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting sekali dan memainkan banyak peran kunci di dalam tubuh kita. Dengan demikian menjaga kesehatannya merupakan suatu keharusan. Untungnya anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengkonsumsi makanan yang diperkaya dengan vitamin B12. Vitamin B12 membantu menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara menjaga tingkat homocysteines. Bukan hanya itu manfaat vitamin B12 untuk kesehatan jantung yang lain adalah menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Di mana keduanya merupakan penyebab utama penyakit jantung.

6. Mengurangi rasa sakit

Bagi mereka yang memiliki penyakit kronis dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12. Vitamin ini dianggap sebagai analgesik alami yang dapat meredakan nyeri dan mengurangi rasa sakit secara keseluruhan. Manfaat vitamin B12 untuk kesehatan ini didapat dari kemampuannya dalam menyebarkan obat ke seluruh tubuh sekaligus membantu sinyal neorologi yang bertanggung jawab terhadap rasa sakit. Salah satu contoh penelitian yang mengungkap mengenai manfaat vitamin B12 adalah vitamin ini ternyata berguna meringankan kesemutan di kaki.

7. Obat anti peradangan

Beberapa bentuk dari vitamin B12 dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan dan mengobati sakit kronis. Vitamin B12 telah ditemukan dapat mengurangi pembengkakan sehingga dapat meringankan beberapa penyakit seperti reumatoid artritis. Selain dikonsumsi secara langsung ternyata vitamin B12 ada yang digunakan secara topikal untuk mengobati masalah kesehatan seperti neuropati diabetik dan fibromyalgia. Vitamin B12 bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan dan kemerahan dengan cara memanipulasi produksi sitokin. Sitokin merupakan protein kecil yang dapat mengubah cara sel di sekitarnya untuk berperilaku.

8. Mencegah anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami defisit hemoglobin atau sel darah merah. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja tanpa mengenal usia dan ras tertentu. Hemoglobin sangat penting sekali dalam mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh sehingga kekurangan hemoglobin bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Untungnya diantara manfaat vitamin B12 untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan produksi hemoglobin. Jadi dengan asupan vitamin B12 yang cukup dari makanan ataupun suplemen akan membantu anda mencegah anemia.

9. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat vitamin B12 untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kesehatan pencernaan kita. Pencernaan yang sehat secara umum akan meningkatkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Dengan pencernaan yang sehat maka nutrisi dari makanan bisa diserap dengan sempurna oleh tubuh, sekaligus proses pembuangan limbah juga menjadi lebih maksimal. Vitamin B12 berguna meningkatkan kesehatan pencernaan dengan cara menciptakan enzim tertentu yang berguna membantu proses pencernaan.

Ibu hamil dan lansia sangat dianjurkan mencukupi asupan vitamin B12 karena kedua kelompok ini biasanya sering mengalami masalah dengan pencernaan. Selain memproduksi enzim pada tubuh vitamin B12 juga berguna menjaga populasi bakteri di usus kita. Bakteri tertentu dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah dengan cara melakukan pembusukan pada sisa makanan.

10. Memperkecil resiko penyakit kanker

Saat dikombinasikan dengan asam folat vitamin B12 dapat mengurangi kemungkinan munculnya beberapa jenis kanker. Cobalamin atau vitamin B12 bisa menghambat beberapa patogen tertentu yang berpotensi berbahaya di dalam tubuh kita. Vitamin B12 dapat mencegah kanker dengan cara mendeteksi sel-sel kanker kemudian membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkannya.

11. Baik untuk ibu hamil

Cobalamin atau vitamin B12 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terlebih saat seseorang sedang hamil. Beberapa masalah seperti anemia dan sembelit bisa dicegah dengan asupan vitamin B12 yang cukup. Keduanya merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh ibu hamil. Selain itu, asupan vitamin B12 yang cukup dapat membantu meningkatkan perkembangan anak sekaligus meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

12. Meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur anda

Manfaat vitamin B12 untuk kesehatan yang berakhir adalah membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas dengan durasi yang cukup. Kekurangan tidur dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti stres dan depresi. Selain itu mereka yang tidak mendapatkan tidur yang cukup lebih rentan mengalami penyakit jantung dibandingkan mereka yang mendapatkan waktu tidur yang cukup. Di antara efek positif vitamin B12 adalah membantu menenangkan saraf dan meningkatkan fungsi mental anda yang berperan penting dalam membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, vitamin B12 juga membantu memproduksi melatonin yang merupakan hormon tidur. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B12 harian anda maka hormon tersebut akan lebih mudah masuk ke dalam aliran darah terutama di malam hari sehingga akan membuat anda tertidur lebih cepat. Mencukupi kebutuhan vitamin B12 sangat penting terutama bagi mereka yang memiliki insomnia.