Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Fakta Unik Tomat, Check It!!

Manfaat tomat untuk kesehatan- Bukan hanya sekedar penghias makanan atau bumbu makanan, sangat banyak manfaat buah tomat bagi kesehatan yang luar biasa berkat kandungan vitamin dan juga gizinya yang melimpah pada tomat.

Mungkin menjadi sebuah kesalahpahaman yang besar terhadap tomat jika kita telah menduga bahwa tomat termasuk sebagai jenis sayuran. Sedangkan, menurut pelaksanaannya, tomat berasal dari bunga dan mengandung biji.

Oleh karena itu, tomat termasuk ke dalam jenis buah-buahan. Bukan salah satu jenis sayuran. Tetapi hal tersebut tidak perlu untuk kita perdebatkan atau bahas saat ini karena apa? Karena kandungan yang terkandung di dalamnya jauh lebih penting untuk kita bahas saat ini.

Buah tomat bisa saja dibilang sebagai ‘teman setia’, sebab hampir selalu ada dalam setiap penyajian berbagai macam jenis makanan. Misalnya makanan salad, sandwich, pizza hingga menjadi bahan yang utama dari saos pedas.

Fakta Tentang Tomat

manfaat tomat untuk kesehatan

Sebelum kita membahas mengenai apa saja manfaat tomat untuk kesehatan tubuh, berikut ini beberapa fakta tentang tomat yang menarik untuk kita ketahui:

Tomat termasuk kedalam jenis buah, karena terbentuk dari bunga dan juga memiliki biji. Sementara sayuran merupakan tumbuhan yang memiliki komponen batang, daun dan juga akar tumbuhan.
Tumbuhan tomat terbukti masih berkeluarga dekat dengan kentang, keduanya juga termasuk dalam keluarga Solanaceae.

  • Ada kurang lebih 10.000 varietas tomat yang ada di dunia, warnanya juga bermacam-macam-macam. Dari warna merah, kuning, ungu, hitam bahkan putih.
  • Sedangkan tomat merah yang amat populer, diamana dalam bahasa Italia untuk buah yang satu ini merupakan pomodoro atau pomo d’oro yang mempunyai arti apel emas. Mengacu pada jenis tomat kuning yang terkenal terlebih dahulu di Eropa.
  • Ilmuwan juga telah mengujicoba menanam tanaman tomat di luar angkasa dalam kondisi lingkungan yang hampir mirip di Bulan dan juga Mars.

Kandungan Buah Tomat

manfaat tomat untuk kesehatan

Vitamin dan juga gizi yang terkandung dalam tomat juga sama menariknya dengan asal-usulnya. Berbagai macam penelitian sudah menandakan bahwa kandungan yang ada dalam buah berbentuk bulat ini sangat amat mendukung gaya hidup yang sehat.

Berikut ini adalah kandungan yang ada dalam setiap 100 gram (g) buah tomat yang berukuran kecil:

  • Kalori: 18
  • Air: 95%
  • Karbohidrat: 3,9 g
  • Protein: 0,9 g
  • Gula: 2,6 g
  • Serat 1,2 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Vitamin C: 28% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Potasium
  • Vitamin K
  • Folat
  • Likopen
  • Beta karoten

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Dengan sangat melimpahnya kandungan mineral, vitamin C hingga likopen yang ada didalam buah tomat. Tomat amat sangat baik dalam mendukung kesehatan tubuh jika rutin dikonsumsi sehari-hari. Kamu juga dapat mengkonsumsinya secara langsung, dikonsumsi bersama dengan makanan seperti salad, ataupun dibuat jus.

Kandungan penting yang terkandung dalam tomat terbukti dapat membantu mencegah berbagai macam gangguan kesehatan, seperti membantu untuk menangkal kanker, menghindari penyakit jantung hingga dapat mempertahankan fungsi mata. Berikut ini adalah daftar manfaat tomat untuk kesehatan:

1. Ampuh Menangkal Kanker

manfaat tomat untuk kesehatan

Tomat yang kaya akan kandungan vitamin C dan juga antioksidannya. Dengan kandungannya ini, tomat merupakan buah yang ampuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Beberapa penelitian juga telah menyebutkan bahwa kandungan beta karoten yang bersifat antioksidan secara signifikan dapat membantu untuk menangkal pertumbuhan tumor pada kanker prostat.

Warna tomat yang merah juga telah menunjukkan bahwa buah ini mengandung likopen. Di mana zat tersebut juga dapat berperan dalam mencegah kanker secara efektif.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah juga dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Melainkan, meningkatkan asupan kalium yang tentunya juga tak kalah penting sebab efek pelebarannya yang terjadi pada arteri.

Studi juga telah menampilkan bahwa kalium yang tinggi dan natrium yang rendah juga berkaitan dengan penurunan risiko kematian sebesar 20%.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan juga kolin yang terkandung dalam tomat juga merupakan jenis komponen yang amat penting untuk mendukung kesehatan jantung.

Peningkatan asupan kalium, bersama dengan penurunan asupan natrium, merupakan perubahan pola makan yang paling penting dan juga dapat dilakukan rata-rata oleh banyak orang untuk membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Membuatnya !!

Tomat juga mengandung folat. Hal ini juga tentunya dapat membantu untuk menyeimbangkan tingkatan homocysteine, asam amino yang berasal dari pemecahan protein dan ternyata dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Dengan adanya pengelolaan kadar homocysteine yang dilakukan oleh folat yang terkandung didalam tomat, maka hal ini dapat berfungsi untuk mengurangi salah satu faktor dari risiko penyakit jantung.

4. Mengatur Gula Darah

Studi juga telah menampilkan bahwa orang yang memiliki diabetes macam 1 dan juga mengkonsumsi diet tinggi akan serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Salah satu andalannya merupakan buah tomat.

Peneliti juga telah menyarankan untuk mengkonsumsi sekitar 25 g serat per hari untuk wanita dan juga sekitar 38 g per hari untuk pria.

5. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air dan juga serat, seperti tomat, juga dipercaya dapat membantu melembapkan dan bahkan dapat mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sendiri dianggap sebagai buah pencahar yang sangat efektif.

Serat yang terkandung dalam tomat dapat menambah kotoran pada tinja dan juga dapat membantu mengurangi ambeien, sehingga pencernaan manjadi lebih lancar.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Tomat juga merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, lutein, dan juga beta karoten. Ini merupakan antioksidan yang kuat dan juga telah terbukti dapat melindungi mata terhadap kerusakan, perkembangan katarak, dan bahkan degenerasi makula yang berkaitan umur.

Studi penyakit mata yang diakibatkan oleh umur juga telah menemukan bahwa orang-orang dengan asupan makanan yang tinggi akan karotenoid lutein dan juga zeaxanthin, kedua hal itu terkandung didalam tomat, mengalami penurunan sekitar 35% dalam risiko gangguan mata.

7. Mengkoreksi Kerusakan sebab Rokok

Asam coumaric dan juga asam klorogenat yang terkandung dalam tomat dikenal ampuh dalam membantu melindungi tubuh dari berbagai efek buruk asap rokok. Tidak hanya efek buruk bagi perokok aktif, ini juga berguna untuk para perokok pasif.

8. Mensupport Imunitas Tubuh

manfaat tomat untuk kesehatan

Melimpahnya kandungan vitamin C yang ada pada jus tomat segar amat baik dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita. Vitamin C yang ada di dalamnya juga membatasi peningkatan hormon stres, membantu tubuh agar tetap berenergi dan juga fit setiap hari.