Manfaat Tomat Bagi Wajah, untuk Jerawat Salah Satunya !

Posted on

Manfaat tomat untuk wajah

Manfaat tomat bagi wajah- Selain menyegarkan, manfaat tomat untuk wajah terbukti sudah diaplikasikan oleh banyak orang. Walaupun masih belum terbukti secara ilmiah, bagi para pecinta masker yang dibuat dengan bahan alami mungkin sudah merasakan manfaat dari buah tomat untuk kulit wajah.

Yuk, simak tulisan berikut untuk mengetahui manfaat buah tomat untuk wajah yang telah diklaim banyak orang.

Manfaat tomat bagi wajah dan kulitmu

Manfaat tomat bagi wajah dapat berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C serta berbagai kandungan tomat lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium. Dilihat dari kandungan hal yang demikian, manfaat tomat untuk kulit wajah memang tidak ada salahnya untuk dicoba.

Melainkan, perlu diingat bahwa manfaat tomat bagi kulit wajah ini mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitasnya. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki keadaan kulit tertentu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter pakar kulit terlebih dahulu. Dengan ini, manfaat tomat bagi wajah dapat didapat secara maksimal.

Baca juga: Manfaat Makan Tomat Mentah yang Khasiatnya Sayang Jika Dilewatkan!

Adapun manfaat tomat bagi wajah merupakan sebagai berikut:

1. Manfaat tomat bagi wajah untuk melembapkan kulit

Manfaat tomat bagi wajah

Salah satu manfaat dari buah tomat untuk wajah merupakan membuat kulit terasa lebih lembap.
Sebagian orang banyak yang mengoleskan masker tomat atau meletakkan irisan buahnya langsung ke kulit untuk mengatasi masalah kulit kering. Manfaat ini bisa didapat karena tomat kaya dengan kandungan kaliumnya. بيت فاينل

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Journal of Dermatological Science mengemukakan bahwa kadar kalium yang rendah berkontribusi kepada keadaan kulit kering pada penderita dermatitis atopik.

Akan tetapi, manfaat masker tomat untuk wajah lembap belum terbukti secara ilmiah lantaran masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui seberapa efektivitasnya buah tomat mengatasi masalah kulit kering.

2. Manfaat tomat bagi wajah untuk meredakan peradangan kulit

manfaat tomat bagi wajah

Manfaat tomat untuk wajah yang berikutnya merupakan meredakan peradangan kulit. Tomat yang memiliki banyak kandungan didalamnya yang bersifat antiradang, seperti lutein, beta-karoten, likopen, vitamin C, dan vitamin E.

Dengan kandungan antiradang hal yang demikian, tomat dapat berpotensi untuk meredakan inflamasi dan juga iritasi pada kulit.

Melainkan, potensi khasiat dari tomat ini perlu dianalisis lebih lanjut apabila diaplikasikan dengan metode mengoleskannya ke kulit secara segera.

3. Manfaat tomat bagi wajah untuk mengurangi produksi minyak berlebih

manfaat tomat bagi wajah

Dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih adalah salah satu manfaat dari tomat untuk wajah.  Manfaat tomat bagi wajah terbukti dapat diaplikasikan sebagai toner.
Khasiat yang satu ini sanggup mengurangi produksi minyak berlebih sekalian menyegarkan kulit wajah lebih lama. موقع قمار

Cara untuk membuat toner wajah yang terbuat dari tomat adalah dengan cara mencampurkan jus tomat dengan mentimun yang segar.

Kemudian, oleskan toner yang terbuat dari campuran hal tersebut dengan cara mengoleskannya kewajah secara merata dengan meggunakan kapas yang demikian ke wajah menerapkan kapas.

Baca juga: Manfaat Perasan Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Wajib Baca!

4. Bersifat antipenuaan

Manfaat tomat untuk kulit wajah yang didapat dengan cara mengonsumsinya lansung juga terbukti berpotensi untuk membantu memperlambat penuaan kulit.  Manfaat tomat bagi kulit ini diklaim dari buah tomat yang memiliki aneka macam vitamin B, merupakan vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9.

Lantas, bagaimana dengan manfaat masker yang terbuat dari tomat untuk kulit wajah?
Faktanya, kajian ilmiah yang menandakan manfaat buah tomat untuk wajah masih perlu dikerjakan lebih dalam.

5. Membantu memproduksi kolagen

Membantu produksi kolagen untuk diyakini menjadi manfaat tomat untuk kulit yang lainnya.
Kolagen merupakan sejenis protein yang membentuk banyak bagian tubuh manusia, termasuk kulit. Dengan kadar kolagen yang cukup bagi kulit, maka elastisitas kulit juga dapat terjaga dengan baik.

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang menjadi salah satu zat yang dapat menstimulasi produksi kolagen yang ada dalam tubuh.  Manfaat tomat bagi kulit dengan cara mengonsumsinya kerap dikaitkan dengan elastisitas kulit.

Walau demikian, riset ilmiah yang berhubungan manfaat tomat untuk wajah dengan cara mengoleskannya memang belum pernah dilakukan. اون لاين روليت

Cara menggunakan tomat untuk wajah

Seperti yang sudah kita bahas diatas, banyak klaim yang berhubungan dengan manfaat tomat untuk wajah yang belum terbukti secara ilmiah apabila diaplikasikan dengan cara mengoleskannya. Mengonsumsinya segera masih menjadi cara terbaik untuk dapat menerima manfaat tomat secara sempurna.

Selain demikian, apabila Anda tertarik untuk mencoba tomat dengan cara mengoleskannya ke kulit, tentu tidak ada salahnya.

Ada sebagian metode yang dapat dilakukan dengan mengoleskan tomat ke wajah atau kulit pada bagian tubuh yang lainnya, merupakan:

1. Digunakan langsung pada kulit

Manfaat tomat untuk wajah dan kulit lainnya dapat Anda temukan dengan cara memotong tomat jadi beberapa bagian, kemudian oleskan ke kulit. Anda juga dapat mengolah buah berwarna kemerahan ini menjadi jus ataupun masker.

Selain dari jus, masker tomat yang dibuat dengan metode dihaluskan menggunakan sendok juga dapat dioleskan ke kulit. Kemudian, celupkan kapas ke dalam jus atau masker. Oleskan kapas dengan lembut ke segala permukaan kulit wajah dan tubuh.

Step yang terakhir yaitu bilas wajah menggunakan air hangat setelah didiamkan selama kurang lebih 20 menit.

2. Mengoleskannya pada noda jerawat

Mengoleskan jus atau masker tomat cuma pada area tertentu pada wajah juga dapat menjadi opsi. Caranya, pakai kapas yang sudah dibasahi jus atau masker tomat atau potong tomat jadi sebagian bagian. Kemudian, letakkan kapas pada titik-titik tertentu area kulit wajahmu yang terdapat noda jerawat.

3. Sebagai masker tomat

Tomat juga sudah kerap diaplikasikan untuk wajah dalam bentuk masker.
Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena manfaat tomat untuk wajah berjerawat memang benar adanya.

Cara membuat masker tomat untuk wajah 

  1. Dalam sebuah mangkuk kecil, haluskan 1 buah tomat menerapkan sendok.
  2. Tambahkan kurang lebih 1 sendok teh gula ke dalam tomat yang telah dihaluskan.
  3. Oleskan campuran hal yang demikian ke permukaan wajah dengan gerakan melingkar. Hindari area mata dan bibir.
  4. Diamkan masker tomat selama 5 menit.
  5. Terpenting, bilas wajah dengan air bersih.
  6. Keringkan wajahmju dengan handuk yang halus atau dengan tisu.

Baca juga: Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan, Wajib Tahu!

Anda juga dapat mencampurkan masker tomat dengan bahan alami lainnya, seperti yoghurt atau minyak zaitun, guna menerima manfaat masker wajah alami secara maksimal.