manfaat telur untuk rambut

6 Manfaat telur untuk kecantikan rambut

manfaat telur untuk rambut
image from pexels.com

Saat ini kita bisa menemukan ada begitu banyak jenis perawatan rambut di salon. Pusat kecantikan berlomba-lomba menawarkan teknologi paling maju dan cepat untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda. Namun terkadang wanita mulai bosan melakukan perawatan modern karena selain mengeluarkan banyak uang perawatan rambut di salon juga terkadang membuat rambut menjadi tampak kurang sehat. Oleh sebab itu beberapa wanita banyak yang mulai menggunakan metode sederhana dengan memanfaatkan bahan alami yang murah dan pastinya tidak kalah efektif untuk merawat rambut.

Salah satu bahan alami yang terbukti cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan rambut adalah telur. Telur memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda. Ada beberapa kandungan nutrisi yang setidaknya dimiliki oleh telur, diantaranya adalah: asam lemak, lecithin, vitamin A vitamin D, vitamin E, vitamin B, dan biotin. Selain itu, kuning telur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dimana nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga kekuatan rambut. Bagi Anda yang penasaran mengenai manfaat telur untuk kesehatan rambut Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Mencegah kerusakan rambut

Menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia mungkin bisa membantu membersihkan rambut Anda dengan cepat dan praktis. Akan tetapi penggunaan produk semacam itu secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dari rambut Anda yang pada akibatnya akan membuat rambut menjadi kering dan lemah, sehingga rambut akan mudah mengalami kerusakan. Untuk mengembalikan kesehatan dan kekuatan rambut, Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai conditioner atau masker rambut yang mampu mengembalikan minyak alami yang dimiliki oleh rambut dan kulit kepala anda. Dengan kata lain, menggunakan kuning telur untuk bahan perawatan rambut akan membantu mencegah rambut rontok karena kerusakan.

2. Melembabkan rambut secara alami

Menggunakan kuning telur pada rambut Anda ternyata dapat membantu menjaga kelembaban alami pada rambut sehingga akan mencegahnya dari kekeringan. Rambut kering akan mudah patah dan terlihat kusam sehingga sangat mengganggu penampilan anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda bisa mengkombinasikan ikan kuning telur dengan madu sebagai bahan pelembab alami rambut Anda.

3. Mencegah kerontokan pada rambut

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kuning telur merupakan sumber protein yang sangat baik dimana protein merupakan nutrisi utama yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan rambut Anda. Menerapkan kuning telur pada rambut secara rutin akan membantu mencegah rambut rontok yang diakibatkan kurangnya protein pada akar rambut. Selain memiliki kandungan protein kuning telur juga bisa melembabkan rambut yang juga berkontribusi dalam mencegah kerontokan.

4. Mencegah munculnya uban pada rambut

Mengkombinasikan antara kuning telur dan minyak esensial alami seperti minyak kelapa mampu menguatkan warna pada rambut secara alami. Hal ini dapat mencegah munculnya uban pada rambut Anda.

5. Membuat rambut tampak bersinar

Selain membantu menguatkan rambut, kuning telur ternyata juga dapat membuat rambut tampak lebih mengkilap secara alami. Jadi, kuning telur bisa dikatakan sebagai ramuan praktis yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Berbagai macam perawatan rambut dan beberapa tatanan rambut bisa membuatnya tampak kusam dan rapuh sehingga Anda membutuhkan bahan alami seperti kuning telur untuk merawat agar rambut tampak lebih sehat dan berkilau. Menggunakan kuning telur sebagai conditioner dan masker rambut akan membantu mengembalikan cahaya alami dari rambut Anda sehingga membuatnya tampak bersinar.

6. Membantu menghilangkan kutu rambut

Anda bisa memanfaatkan kuning telur sebagai obat alami yang aman dan murah untuk menghilangkan kutu rambut. Anda bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam kuning telur. Campuran antara kuning telur dan buah lemon dapat menghilangkan kutu secara alami dan cukup efektif. Anda hanya perlu mengoleskan seluruh kulit kepala dan rambut Anda dengan campuran kuning telur dan lemon kemudian membungkusnya dengan kencang menggunakan kantong plastik atau handuk basah. Biarkan selama sekitar 2 jam kemudian bersih kan seperti saat Anda keramas.