Manfaat Teh Hijau untuk Wajah sebagai Media Perawatan. Check It!

manfaat teh hijau untuk wajah

manfaat teh hijau untuk wajah

Manfaat Teh Hijau untuk Wajah – Apakah Anda penggemar teh hijau? Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat untuk penampilan dan kecantikan. Selain berkhasiat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi otak, teh hijau juga memiliki khasiat untuk perawatan kulit wajah.

Sebagai bahan yang terkandung dalam produk kecantikan, tidak heran jika teh hijau mulai berkembang. Teh hijau memiliki beragam sifat terapeutik yang dapat berguna bagi kulit dalam berbagai metode.

Lalu apa saja manfaat teh hijau? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat teh hijau untuk wajah yang sudah caraprofesor.com ulaskan dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Wajah sebagai Media Kecantikan

1. Melawan Penuaan Dini

Manfaat teh hijau untuk wajah yaitu mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Teh hijau tidak jarang dibuat sebagai masker wajah. Salah satu manfaat teh hijau untuk wajah yaitu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Hal ini karena molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) terkandung pada teh hijau. EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati, hal tersebut berdasarkan sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Medical College of Georgia di Amerika Serikat.

EGCG dapat melawan tanda-tanda penuaan dengan memperbaiki sel kulit wajah dan melindungi kulit, serta membantu mengatasi kulit kusam agar tampak lebih sehat.

Tidak hanya EGCG, khasiat vitamin B2 dalam teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit. Kulit kencang dapat terjaga dengan adanya vitamin B2 sehingga membuatnya lebih awet muda.

2. Mengatasi Jerawat dan Kulit Berminyak

Ternyata teh hijau bermanfaat untuk wajah berjerawat benar adanya. Secara umum, teh hijau memiliki sifat antimikroba, antioksidan dan anti peradangan. Berkat sifatnya tersebut, ampas teh hijau memiliki manfaat untuk kulit berminyak dan wajah berjerawat.

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Anda mungkin tahu jika produksi minyak berlebih dapat menjadi salah satu penyebab jerawat muncul.

Untuk wajah, teh hijau memiliki kandungan polifenol yang mampu melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri. Guna menghentikan infeksi bakteri penyebab jerawat membandel, Anda dapat mencoba perawatan dengan ampas teh hijau.

manfaat teh hijau untuk wajah

Sumber: https://journal.sociolla.com

3. Melembapkan Kulit

Manfaat teh hijau untuk wajah yaitu melembapkan kulit. Kulit terasa lebih lembap berkat masker teh hijau. Berbagai macam vitamin dimiliki teh hijau ini, termasuk vitamin E. Fungsi vitamin E sudah dikenal berguna untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.

Dimuat dalam sebuah penelitian The Dermatologic Therapy, para partisipan yang mengoleskan ekstrak teh hijau pada area lengan mengaku kulitnya terasa lebih lembut (tak lagi kasar kering bersisik) dan lembap.

4. Melawan Kanker Kulit

Teh hijau bermanfaat untuk wajah diyakini dapat membantu melawan kanker kulit. Selain EGCG, epicatechin gallate (ECG) juga terkandung pada teh hijau.  Efek antioksidan yang dimiliki molekul tersebut juga dapat melawan radikal bebas, penyebab sel tubuh rusak.

Inilah radikal bebas yang dapat memicu penyakit, termasuk kanker kulit. Berdasarkan hasil studi, efek antioksidan EGCG dapat memperbaiki kerusakan DNA pada sel kulit akibat sinar ultraviolet (UV) dari matahari sekaligus melindungi kulit.

5. Meredakan Kulit Kemerahan dan Iritasi

Manfaat masker teh hijau lainnya yaitu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit. Karena kandungan polifenolnya, sehingga teh hijau ini memiliki sifat antiradang. Bahkan, dipercaya dengan mengoleskan masker ampas teh hijau dapat meringankan kondisi sunburn, luka sayatan kecil atau luka bakar akibat terpapar sinar matahari.

Ditunjukkan beberapa studi, masker teh hijau bermanfaat untuk mengatasi iritasi akibat berbagai masalah kulit, seperti dermatitis, psoriasis, dan rosacea.

6. Mengurangi Sebum Berlebihan

Manfaat teh hijau untuk wajah selanjutnya yaitu mengurangi produksi sebum berlebih. Sebuah studi membuktikan sekitar 22 pria sebagai partisipan mencoba menerapkan ekstrak teh hijau untuk wajah. Ternyata dalam 60 hari sekresi sebum di wajah dapat berkurang secara signifikan.

Jerawat dapat muncul akibat produksi sebum berlebih di wajah. Jadi, khasiat teh hijau tidak ada salahnya untuk dicoba pada wajah berjerawat agar produksi sebum berlebih di wajah Anda dapat dikendalikan.

7. Mengatasi Mata Sembap

Ampas teh hijau untuk wajah ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi area mata sembap atau membengkak. Dengan kantong teh hijau dingin yang sudah tidak diaplikasikan, Anda cukup mengompres area mata selama 30 menit untuk mendapatkan khasiat green tea untuk wajah satu ini.

Sebuah tulisan ilmiah yang dimuat dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, kandungan kafein dalam teh hijau dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi. Meskipun demikian, guna membuktikan keefektifan manfaat ampas teh hijau ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca: Manfaat Daun Jati Cina untuk Kesehatan dan Kecantikan. Check It!