23 Manfaat seledri untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat seledri
manfaat seledri
image from wikimedia.org

Manfaat seledri untuk kesehatan yang sangat mengagumkan serta kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat melimpah seperti vitamin K, vitamin A, kalsium, vitamin B, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seledri dianggap sebagai salah satu sayuran sehat karena memiliki berbagai macam nutrisi penting untuk tubuh kita. Seledri bisa dikonsumsi sebagai campuran sup atau makanan lainnya dan memberikan rasa lezat plus nutrisi yang melimpah. Berapa kandungan nutrisi dalam seledri adalah:

  • 16 kalori
  • 0 lemak
  • 1 gram protein
  • 5 gram serat
  • 5 miligram vitamin K (37%)
  • 36 miligram folat (9%)
  • 22 miligram vitamin A (9%)
  • 263 miligram potasium (8%)
  • 1 miligram vitamin C (5%)
  • 40 miligram kalsium (4%)
  • 0,08 miligram vitamin B6 (4%)

 

Seledri dianggap sebagai sayuran yang sehat karena selain rendah kalori juga hampir tidak memiliki indeks glikemik sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin. Bagi anda yang ingin mengetahui mengenai manfaat seledri untuk kesehatan mari simak ulasannya di bawah ini:

1. Baik untuk penderita diabetes

Manfaat seledri untuk kesehatan yang pertama adalah baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan seledri memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah anda secara signifikan. Menurut beberapa sumber indeks glikemik seledri bahkan mendekati angka nol sehingga sayuran ini sangat baik untuk penderita diabetes. Kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah untuk mencegah penyakit diabetes.

2. Sumber vitamin K

Fungsi dan manfaat vitamin K untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung dan tulang. Selain itu vitamin K dalam seledri juga berguna membantu proses pembekuan darah saat kita mengalami luka. Makanan yang mengandung tinggi vitamin K seperti seledri sangat dianjurkan terutama bagi ibu hamil untuk mencegah pendarahan pada saat proses persalinan. Konsumsi seledri secara rutin akan membantu anda mencukupi kebutuhan vitamin K harian.

3. Mengandung tinggi antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting seperti vitamin, mineral, dan flavonoid yang secara umum banyak ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan termasuk seledri. Senyawa tanaman ini dapat mencegah efek merusak radikal bebas yang dianggap sebagai penyebab utama penyakit kanker. Beberapa senyawa antioksidan yang terdapat dalam seledri diantaranya adalah flavonol, asam fenolat, Phytosterols, dan Furanocoumarins.

4. Baik untuk kesehatan sistem pencernaan

Dalam 100 gram seledri mengandung 1,6 sampai 1,7 gram serat makanan kebanyakan serat yang terkandung dalam seledri merupakan serat larut yang sangat baik untuk kesehatan. Serat larut terbuat dari getah lendir dan pektin yang banyak ditemukan di sel tumbuhan. Saat mencapai saluran pencernaan serat larut akan menyerap air dan menciptakan masa seperti gel yang mencegah makanan bergerak terlalu cepat melalui sistem pencernaan anda. Dengan kandungan serat larut nya manfaat seledri untuk kesehatan bukan hanya membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, tetapi juga mempermudah tubuh dalam menyerap nutrisi.

5. Sumber kalium

Kalium merupakan mineral penting yang ditemukan dalam seledri. Di mana dalam 100 gram seledri menyediakan sekitar 8% kebutuhan kalium harian kita. Kandungan kalium yang tertinggi dalam seledri berada pada daunnya, sehingga mengkonsumsi daun seledri akan memberikan manfaat yang banyak dari kandungan kalium yang dimilikinya. Kalium memainkan banyak fungsi penting di dalam tubuh kita termasuk menjaga kesehatan ginjal dan jantung anda.

6. Mengandung Molybdenum

Manfaat seledri untuk kesehatan yang selanjutnya adalah kaya akan molybdenum. Molybdenum merupakan logam yang memiliki peran biologis kompleks dan banyak enzim penting untuk fungsi tubuh kita. Tubuh kita sebenarnya memiliki kandungan senyawa tersebut 0,07 mg pada setiap 1 kg berat badan kita. Dalam satu cangkir seledri mengandung hingga 11% kebutuhan molybdenum yang direkomendasikan.

7. Mengandung tinggi asam folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting sekali untuk memproduksi dna. Kekurangan asam folat sering dikaitkan dengan risiko bayi cacat tabung saraf sehingga nutrisi ini sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Satu porsi seledri mengandung setidaknya 9% kebutuhan asam folat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Jumlah tersebut cukup baik untuk dijadikan sebagai alternatif tambahan bagi ibu hamil. Selain mencegah cacat tabung saraf asam folat juga berguna mengurangi resiko anemia yang sering dialami oleh ibu hamil.

8. Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan vitamin yang terdapat dalam seledri bukan hanya baik untuk pembekuan darah tetapi juga membantu meningkatkan kekuatan tulang anda. Bersama dengan kalsium dan vitamin D, vitamin K bahu-membahu dalam menjaga struktur tulang tetap kuat. Selain baik untuk tulang kandungan vitamin K dalam seledri juga baik dalam meningkatkan kekuatan gigi anda.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita merupakan benteng pertahanan dalam melawan serangan berbagai macam penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Jika sistem kekebalan tubuh kita lemah maka kemampuan tubuh dalam melawan penyakit juga akan lemah. Untungnya di antara manfaat seledri untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kesehatan sistem imun sehingga membuat perannya dalam melawan penyakit bisa menjadi maksimal. Manfaat seledri untuk kesehatan ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya yang cukup tinggi.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam seledri bukan hanya berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga berguna meningkatkan kesehatan kulit kita. Ini dikarenakan salah satu fungsi dan manfaat vitamin C yang sangat penting adalah menciptakan kolagen. Kolagen merupakan protein yang banyak ditemukan pada beberapa sel di dalam tubuh kita termasuk sel kulit. Kolagen berguna meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuatnya tetap terlihat awet muda. Jadi dengan rutin mengkonsumsi seledri akan membantu anda mendapatkan kulit yang cantik secara alami.

11. Membuat pria lebih menarik

Dalam beberapa tahun terakhir popularitas seledri semakin meningkat seiring ditemukannya senyawa penting di dalamnya seperti androstenol. Androstenol diketahui dapat memberikan efek yang menarik pada pria. Androstenol biasanya sering dilepaskan pada keringat pria sehingga dapat meningkatkan libido wanita. Jadi seledri merupakan paket yang sangat lengkap sekali untuk menjaga keharmonisan rumah tangga anda.

12. Membantu menstabilkan berat badan

Seledri memiliki kandungan air hingga 95%. Kandungan air yang tinggi dalam seledri akan membuat anda merasa kenyang lebih lama tanpa harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Ini tentunya akan berefek pada penurunan berat badan. Belum lagi seledri juga sangat rendah kalori dan lemak sehingga sangat baik dijadikan sebagai menu diet sehat harian.

13. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat seledri untuk kesehatan jantung didapat dari kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Kalium berguna menstabilkan detak jantung sehingga akan mencegah berbagai macam penyakit jantung. Selain itu, kalium juga sangat penting sekali dalam mencegah stres dan depresi yang mengarah pada penyakit jantung. Jadi seledri bisa dijadikan sebagai makanan sehat untuk mencegah penyakit jantung.

14. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat seledri untuk kesehatan yang selanjutnya masih didominasi oleh kandungan kalium di dalamnya. Karena kalium dapat menstabilkan tekanan darah maka akan mengurangi resiko hipertensi. Selain itu tekanan darah yang stabil juga akan mencegah stroke dan penyakit jantung. Selain seledri makanan yang juga mengandung tinggi kalium adalah buah pisang.

15. Membantu menurunkan kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Kita sangat sulit sekali mencegah lonjakan kolesterol jika sering mengkonsumsi makanan berlemak terutama yang disajikan dalam digoreng. Untuk itu sebaiknya anda mengimbangi dengan banyak mengkonsumsi sayuran segar seperti seledri. Manfaat seledri untuk menurunkan kolesterol didapat dari sebuah senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh). Senyawa dalam seledri ini diketahui memiliki kemampuan dalam menurunkan lipid.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di Universitas Singapura menunjukkan bahwa saat tikus diberikan ekstrak seledri mengalami penurunan kadar lipid dibandingkan tikus lain yang tidak diberikan ekstrak seledri. Hal ini menunjukkan bahwa seledri benar-benar memiliki efek yang sangat menguntungkan dalam menjaga kestabilan kadar kolesterol darah.

16. Membantu menurunkan peradangan

Kandungan antioksidan dan polisakarida yang tinggi dalam seledri berguna sebagai anti peradangan. Peradangan sering menjadi penyebab beberapa penyakit kronis termasuk kanker, radang sendi, dan penyakit jantung.

Selain 16 manfaat seledri untuk kesehatan di atas berikut daftar manfaat seledri yang lainnya:

17. Membantu pengeluaran racun di dalam tubuh
18. Mencegah infeksi saluran kemih
19. Mencegah penyakit asma
20. Meringankan sakit kepala sebelah atau migrain
21. Melindungi mata dari katarak
22. Menjaga kesehatan hati
23. Mencegah penuaan dini

Demikian tadi 23 daftar manfaat seledri untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →