6 Manfaat sarapan pagi sebelum berolahraga

menu sarapan pagi
menu sarapan pagi
image by pexels.com

Banyak orang yang memperdebatkan mengenai Apakah sebelum berolahraga kita makan terlebih dahulu atau tidak. Ini merupakan perdebatan panjang yang mungkin tidak akan ada habisnya karena masing-masing memiliki alasan tersendiri. Tapi bagi yang merasa penasaran, ada ikhtisar mengnai manfaat makan pagi sebelum berolahraga. Untuk itu Anda akan memiliki beberapa pemikiran yang mungkin merupakan pilihan terbaik untuk diterapkan sebelum melakukan latihan rutin di pagi hari.

Tentu saja tidak semua orang akan setuju mengenai hal ini, namun faktanya mengkonsumsi makanan sebelum berolahraga dipungkiri atau tidak akan memberikan beberapa manfaat. Ingat, bahwa setiap orang memiliki metabolisme sendiri. Oleh karena itu apa yang sesuai untuk beberapa orang mungkin tidak akan sesuai dengan orang lain. Jadi, yang terbaik adalah mengidentifikasi sistem metabolisme Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat makan pagi sebelum berolahraga, Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Meningkatkan level energi

Manfaat pertama mengkonsumsi makanan sebelum berolahraga adalah meningkatkan level energi. Mengkonsumsi makanan di pagi hari sebelum memulai latihan atau aktivitas fisik akan membantu meningkatkan energi di dalam tubuh anda. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi makanan terlebih dahulu Anda bisa mengoptimalkan latihan sampai dengan batas yang anda targetkan.

Jadi dengan sarapan terlebih dahulu akan meminimalisir efek mual atau pusing yang disebabkan oleh kekurangan energi. Mengkonsumsi beberapa karbohidrat sebelum berolahraga secara otomatis akan meningkatkan energi bagi tubuh anda. Tetapi perlu diingat, konsumsi makanan secukupnya saja jangan terlalu banyak karena mengkonsumsi makanan terlalu banyak sebelum berolahraga juga akan berefek buruk bahkan Anda mungkin bisa muntah.

2. Meningkatkan suplai oksigen

Konsumsi makanan sebelum berolahraga dapat memberikan kecukupan oksigen pada tubuh Anda. Hal ini dikarenakan makanan akan merangsang pencernaan untuk mengolah makanan menjadi energi. Proses ini akan membuat peredaran darah di dalam tubuh juga bisa dioptimalkan. Bila sirkulasi darah optimal berarti suplai oksigen juga akan berjalan lancar.

3. Meningkatkan metabolisme

Mengkonsumsi makanan dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh, sehingga dengan sarapan pagi metabolisme bisa meningkat dengan sendirinya karena tubuh akan bekerja optimal untuk mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan saat berolahraga. Oleh karenanya, proses pembakaran kalori bisa berjalan lebih maksimal.

4. Meningkatkan pembentukan otot

Mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung protein seperti daging sebelum berolahraga sangat baik untuk meningkatkan pembentukan otot tubuh sekaligus akan membantu mengurangi lemak. Dengan demikian salah satu tujuan Anda berolahraga akan mendapatkan hasil.

5. Membantu otak lebih fokus

Mengkonsumsi beberapa makanan di pagi hari selain membantu Anda meningkatkan pembentukan otot juga akan membuat otak lebih mudah fokus pada Apa yang sedang anda lakukan. Hal ini bisa terjadi karena sarapan pagi akan menyuplai cukup energi ke otak. Karena itu dengan mengkonsumsi beberapa makanan sebelum melakukan latihan sangat baik sekali untuk kesehatan otak dan fokus pikiran anda.

6. Mencegah Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi dimana anda mengalami defisit gula darah yang dapat menyebabkan pusing dan mual bahkan bisa mengakibatkan penyakit serius. Hal ini bisa terjadi lantaran saat anda melakukan aktivitas fisik di pagi hari dengan perut kosong maka tubuh tidak memiliki energi yang akan digunakan sehingga dia akan mengambil dari cadangan gula di dalam tubuh anda. Hal ini bisa dicegah jika anda mengkonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum berolahraga untuk menyuplai energi bagi tubuh.