Manfaat Putih Telur Rebus yang Tidak Boleh Dilewatkan. Wajib Baca!

manfaat putih telur rebus

manfaat putih telur rebus

Manfaat Putih Telur Rebus – Apakah Anda pecinta aneka olahan telur? Tentu, sebagian besar orang pernah mengonsumsi telur, baik telur dadar, telur rebus, sampai telur mata sapi. Namun biasanya, orang lebih suka bagian putih telur daripada kuning telur.

Putih telur dipercaya lebih sehat karena mengandung kalori, lemak dan kolesterol dalam jumlah cukup tinggi. Sedangkan putih telur bisa dikonsumsi bagi mereka yang diet nasi, karena putih telur akan membuat rasa kenyang lebih lama.

Sayangnya, karena rasanya yang hambar dan amis, menyebabkan masih ada orang yang tidak mau mengonsumsi putih telur ini. Sebenarnya putih telur sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Putih telur bahkan bisa dikonsumsi langsung ketika masih mentah.

Putih telur ayam kampung biasanya banyak dikonsumsi sebagai jamu tradisional. Banyak juga yang mengaplikasikan putih telur sebagai masker, karena berguna bagi kecantikan seperti mengatasi masalah jerawat dan mengencangkan kulit.

Putih telur ialah sumber kalsium, lutein, kolin, fosfor, sodium, zat besi, magnesium, kalium, protein, vitamin, karbohidrat, seng, selenium dan zeaxanthin, folat, serta gizi lainnya yang berguna untuk tubuh. Hal tersebut menurut Depatrment Pertanian Amerika Serikat.

Lalu, apa saja manfaat putih telur? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat putih telur rebus yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Putih Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

1. Anti Kolesterol

Jika Anda menyingkirkan kuning telurnya, maka tidak ada lagi kandungan kolesterol pada putih telurnya. Itulah sebabnya, penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi putih telur, untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah naiknya kolesterol.

Menurut berbagai sumber, orang yang kesulitan untuk mengendalikan kadar kolesterol LDL dalam tubuh sebaiknya mengonsumsi kuning telur tidak lebih dari tiga kuning telur dalam satu pekan.

2. Sumber Protein Tinggi

Tidak bisa dipungkiri lagi, telur merupakan salah satu makanan dengan protein tertinggi, karena kandungan kuning telurnya itu. Namun, jangan sangka bahwa putih telur tidak mempunyai protein? Bahkan, putih telur mempunyai jumlah protein yang rendah lemak dan baik bagi kesehatan.

manfaat putih telur rebus

Sumber: https://cepagram.com

3. Menurunkan Berat Badan

Putih telur memiliki protein yang berkwalitas tinggi, sehingga membantu Anda untuk mencegah rasa lapar. Selain itu, putih telur juga berkhasiat dalam menyusun otot.

4. Rendah Kalori

Telur secara keseluruhan saja dianggap sebagai makanan rendah kalori. Seandainya kuning telurnya dipisahkan, maka telur akan menjadi makanan yang sangat rendah kalori. Seandainya Anda berniat untuk menurunkan berat badan, putih telur ialah makanan tepat untuk dikonsumsi.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Eksistensi kalium (potassium) di dalam putih telur berpotensi mengontrol atau bahkan menurunkan tekanan darah. Kalium ialah elektrolit dan zat mineral yang seringkali dikaitkan dengan kesehatan jantung. Selain itu, putih telur mengandung peptida RVPSL, bagian protein yang bisa menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Putih telur mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah, maka risiko penyakit jantung pun dapat berkurang. Kalium bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga mencegah adanya kondisi darah tersumbat.

7. Mengandung Berbagai Vitamin Penting

Putih telur mempunyai banyak kandungan vitamin, termasuk vitamin B-12. Salah satu vitamin utama yang dikandung putih telur ialah riboflavin alias vitamin B2. Vitamin ini bisa mencegah penyakit katarak, pusing migrain, sampai degenerasi makula pengaruh usia.

manfaat putih telur rebus

Sumber: https://aceh.tribunnews.com

8. Mengencangkan Kulit dan Menghilangkan Minyak di Kulit Wajah

Dalam dunia kecantikan, manfaat telur putih untuk wajah juga sudah populer. Banyak orang yang percaya putih telur bisa menghilangkan minyak di kulit wajah dan mengencangkan kulit. Dijelaskan juga bahwa telur putih mengandung vitamin dan zat mineral yang bisa mempercantik kulit secara keseluruhan.

Walaupun demikian, ada risiko reaksi alergi bagi Anda yang alergi terhadap telur ayam, terutama pada si kecil kecil. Tidak cukup mengandalkan penelitian yang bisa menggambarkan manfaat putih telur untuk wajah saja. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalankannya.

9. Mencegah Keriput Secara Temporer

Putih telur mempunyai 69 protein yang penting, hal tersebut disimpulkan pada sebuah studi dari para dokter di Agocampu Rennes Sciences et Technologie du Lait et de L’oeuf. Seorang dokter bahkan menegaskan bahwa putih telur bisa mencegah keriput secara sementara.

10. Mengobati Jerawat

Putih telur dianggap efektif dalam mengobati jerawat sebab bisa mengering di wajah dan mengangkat kotoran penyebab jerawat dari pori-pori. Namun jangan pernah mengaplikasikan putih telur bekas, sebab membahayakan dan bisa menyebabkan iritasi kulit.

11. Menyeimbangkan Kalium dan Natrium

Kalium dan natrium terkandung pada putih telur, dua zat mineral yang bisa menghasilkan gradien elektrokimia penting bernama potensial membran. Potensial membran sangat penting untuk fungsi jantung, kontraksi otot dan transmisi impuls sistem saraf. Hal tersebut menurut penelitian Oregon State University, Amerika Serikat.

12. Sebagai Antioksidan

Selenium ialah zat mineral esensial yang dibutuhkan tubuh, dan putih telur bahkan mempunyai kandungan tersebut. Selenium bisa menjadi antioksidan yang kuat, menurunkan resiko kanker, sampai menjaga tubuh dari penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Sari Kacang Hijau yang Sayang Jika Dilewatkan. Check It!