manfaat pucuk putat

10 Manfaat pucuk putat untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat pucuk putat
image from youtube.com

Manfaat pucuk putat untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya. Manfaat pucuk putat untuk kesehatan sangatlah banyak sehingga pohon ini dicari oleh banyak orang. Sebelum mengetahui apa saja manfaat pucuk putat untuk kesehatan, bagi anda yang belum mengetahui tanaman putat, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 

Mengenal Tanaman Putat

Putat merupakan jenis tanaman yang berasal dari subkingdom tracheobionta atau tanaman berpembuluh. Tinggi dari pohon ini bisa mencapai sekitar 50 meter dengan diameter berkisar hingga 200 cm. Pohon ini memiliki batang yang tegak lurus dan berbanir. Daun dari tanaman ini akan berwarna hijau tua yang cukup mengkilap dan berwarna merah sebelum dedaunannya gugur.

Selain itu, kulit batang dari pohon putat berwarna cokelat sedikit keabu-abuan hingga cokelat tua yang biasanya akan mengelupas menjadi kepingan berukuran kecil. Struktur bunga tanaman ini adalah tandan dengan bunga yang memiliki benang sari yang cukup banyak dengan warna pink di bagian bawah dan bagian atas berwarna putih, .

Buah yang dihasilkan dari tumbuhan putat memiliki bentuk yang bulat layaknya telur ataupun berbentuk lonjong. Untuk anda yang ingin menemukan pohon ini, pohon ini bisa ditemui dengan mudah di dalam hutan dengan tanah yang memiliki sistem drainase yang baik. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh di atas tanah kapur.

 

Manfaat Pucuk Putat Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui apa itu pucuk putat, berikut ini merupakan ragam manfaat pucuk putat untuk kesehatan yang cukup penting disebabkan tanaman ini mengandung kandungan anti-oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan seseorang.

1. Dapat Mencegah Kebotakan pada Kepala

Banyak sekali orang yang mengalami kebotakan karena kerontokan pada rambut. Kerontokan tersebut bisa disebabkan oleh pemilihan gaya hidup yang kurang sehat ataupun adanya penyakit yang bisa menyebabkan rambut rontok. Jika kerontokan rambut tersebut tidak segera diatasi maka tidak mungkin anda akan kehilangan mahkota anda.

Di sinilah manfaat pucuk putat untuk kesehatan akan terasa, Anda bisa memanfaatkan tanaman putat untuk mengobati kerontokan rambut anda agar tidak terjadi kebotakan yang lebih parah.

2. Mengandung Zat Besi

Pada pucuk putat mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan tubuh, Kandungan zat besi yang terkandung di dalam tanaman ini dapat menghilangkan lemas dan pegal yang diakibatkan oleh kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh.

3. Mencegah Obesitas

4. Pada pucuk putat mengandung kandungan penting yang berguna untuk mengobati penyakit obesitas yang disebabkan oleh adanya lemak yang tertimbun secara berlebihan. Untuk menghilangkan penyakit obesitas, anda bisa memakan daun putat secara teratur. Obesitas ini bisa menyerang semua orang baik itu orang dewasa hingga anak-anak

5. Sumber Vitamin A

Selain itu, manfaat pucuk putat untuk kesehatan adalah sebagai sumber vitamin A dimana kandungan ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata seseorang agar tidak rusak. Untuk anda yang ingin mengonsumsi pucuk putat untuk sumber vitamin A, anda bisa langsung mengonsumsinya yang dalam bentuk suplemen yang sudah diracik oleh para farmasi ataupun memasaknya untuk sayur.

6. Berfungsi Untuk Mengobati Maag

Manfaat pucuk putat untuk kesehatan yang lainnya adalah sebagai obat untuk maag. Pucuk Maag sendiri memiliki kemampuan untuk melakukan pengawasan pada kadar asam lambung seseorang.

7. Dapat Melenturkan Otot

Jika anda memiliki otot yang kaku dikarenakan kurangnya berolahraga ataupun kebiasaan yang kurang sehat yang menyebabkan anda jarang bergerak, anda sebaiknya segera meninggalkan kebiasaan buruk karena bisa jadi otot yang kaku menjadi gejala awal asam urat ataupun rematik. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengonsumsi tanaman putat yang diambil pucuknya saja.

8. Mencegah Radang Gusi

Radang gusi atau juga bisa disebut sebagai gingivitis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi jaringan gigi, tulang alveolar ataupun gusi. Penyakit ini juga tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan peradangan yang semakin parah hingga pembengkakkan yang bernanah.

Manfaat pucuk putan untuk kesehatan juga cukup penting untuk penyakit ini. Anda dapat mengonsumsi tanaman ini dalam bentuk sayur.

9. Mencegah Gangguan Bronkhitis

Bronkhitis merupakan jenis penyakit gangguan paru-paru dan jika dibiarkan begitu saja, bronchitis dapat mengancam nyawa. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi pucuk putat.

10. Obat Depresi

Penyakit depresi biasanya disebabkan oleh kurangnya jumlah hormon serotonin dan untuk mengatasinya, anda bisa mendapatkan manfaat pucuk putat untuk kesehatan sebagai penyembuh depresi.