Manfaat Protein Bagi Tubuh, Sumber dan Anjurannya!

Posted on

Manfaat protein bagi tubuh

Manfaat protein bagi tubuh– Ada berbagai manfaat protein yang penting dan vital bagi tubuh, mulai dari membantu sistem kekebalan tubuh, sampai menjadi bahan penyusunan sel dan jaringan tubuh. Mengetahui sumber protein yang ideal akan membantu kita menerima pelbagai manfaat tersebut.

Protein yaitu makronutrien yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein terdiri dari sejumlah asam amino yang diperlukan supaya tubuh berfungsi dengan bagus. Asam amino bisa diklasifikasikan menjadi dua tipe utama, yaitu asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Disebut sebagai asam amino nonesensial sebab bisa dibuat sendiri oleh tubuh.

Sebaliknya, asam amino esensial yaitu asam amino yang tak diproduksi sendiri oleh tubuh dan seharusnya diperoleh dari makanan. Ada pula klasifikasi asam amino yang disebut asam amino kondisional, yaitu tipe asam amino yang diperlukan di waktu-waktu tertentu saja, seperti ketika sedang sakit atau sedang stres.

Baca juga: Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah yang Berdampak Positif…

Manfaat Protein Bagi Tubuh

Manfaat protein bagi tubuh

Protein yaitu bagian penting dari setiap sel dalam tubuh. Oleh sebab itu, tak mengherankan sekiranya ada seperti itu banyak manfaat protein bagi tubuh:

  • Dibutuhkan dalam penyusunan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.
  • Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh. Misalnya, keratin yang memperkuat rambut, serta kolagen dan elastin yang mendorong jaringan ikat dan kulit.
  • Membantu tubuh merasa begah lebih lama. Sebab itu, konsumsi makanan berprotein tinggi bisa menjadi salah satu sistem untuk melangsingkan badan.
  • Membikin hormon yang berfungsi membantu sel mengirim pesan dan mengkoordinasikan fungsi sel dan organ di dalam tubuh.
  • Membikin antibodi untuk sistem kekebalan tubuh dan mendorong pelaksanaan pemulihan ketika sakit flu.
  • Penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, sampai wanita hamil dan bayi dalam kandungan yang dikandungnya.
  • Terlibat dalam kontraksi dan gerakan otot, seumpama protein aktin dan myosin.
  • Membikin enzim yang berfungsi memfasilitasi reaksi biokimiawi dan metabolisme tubuh.
  • Mengangkut sel atau zat, seumpama hemoglobin yang membawa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh.

Sumber Protein

Guna menerima manfaat protein yang maksimal, akan lebih bagus sekiranya sumbernya berasal dari makanan berikut ini:

1. Makanan laut atau boga bahari

Manfaat protein bagi tubuh

Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi, dan biasanya rendah lemak. Beberapa tipe makanan laut, seperti ikan salmon, ikan sarden, dan scallop, juga kaya akan asam lemak omega-3 yang benar-benar bagus untuk kesehatan jantung.

2. Susu, keju, yoghurt

Manfaat protrin bagi tubuh

Kecuali menjadi sumber protein yang bagus, susu dan produk olahan susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang berfungsi menjaga energi tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

Baca juga: Cara Membuat Kue Putu Ayu, Khas Orang Jawa Bikin Nagih Tentunya…

3. Daging

Disarankan untuk memilih daging putih baik daging ayam ataupun daging ikan tanpa kulit, jika dibandingkan dengan daging merah yaitu daging sapi atau kambing. Ini sebab daging merah mengandung lemak lebih banyak.

4. Telur

Bahan makanan yang relatif murah dan bergizi. Tak cuma tinggi protein, telor ayam juga mengandung vitamin B, folat, selenium, dan kolin.

5. Kacang-kacangan

Kecuali bergizi, kacang juga kaya akan serat yang bisa membuat kita merasa begah lebih lama. Kacang kedelai bagus bagi jantung sebab bisa membantu menurunkan kolesterol.

Protein dari sumber hewani disebut protein lengkap sebab mengandung sembilan asam amino esensial. Meskipun protein nabati dianggap tak lengkap sebab tak memiliki satu atau lebih asam amino esensial.

Anjuran Asupan Protein Harian

Kebutuhan harian protein pada setiap orang tergantung pada tipe kelamin, usia, berat badan, kegiatan, dan keadaan kesehatan secara lazim. Asupan protein yang dianjurkan yaitu sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan per hari. Jadi untuk orang yang memiliki berat badan 70 kg, maka keperluan protein per harinya yaitu 56 gram.

Untuk penderita penyakit gagal ginjal, asupan gizi tertentu termasuk protein, perlu dikurangi. Tujuannya yaitu untuk mengurangi beban kerja ginjal. Oleh sebab itu, kelebihan protein juga tak selalu bagus bagi tubuh.

Bila kekurangan protein, tubuh akan kehilangan asupan untuk mempertahankan fungsi protein. Alhasil,tubuh akan kehilangan berat badan sebab berkurangnya massa otot (otot menyusut), sering kali mengalami infeksi sebab sistem kekebalan tubuh melemah, kelelahan otot, pembengkakan di tubuh, adanya gangguan dalam pertumbuhan sel, rambut rontok, diare, perlemakan hati, anemia, sampai mengalami keadaan malnutrisi energi protein, seperti kwashiorkor dan marasmus.

Mengingat banyaknya manfaat protein bagi tubuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, sesuai keperluan. Untuk mengenal lebih banyak alternatif makanan sumber protein yang sesuai keadaan tubuh, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik.

Baca juga: Manfaat Daun Pandan untuk Pria yang Tidak Boleh Dilewatkan!