8 Manfaat olahraga untuk kesehatan mental anda

Kesehatan
manfaat olahraga
image from wikimedia.org

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang jarang diketahui orang. Walau bagaimanapun juga aktivitas fisik atau olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting sekali untuk kehidupan kita. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh aktivitas fisik yang cukup dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Menurut world health organization atau WHO aktivitas fisik akan mempengaruhi kehidupan manusia. Kurangnya aktivitas fisik menjadi faktor utama keempat kematian di seluruh dunia.

Perkembangan teknologi saat ini memang memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan di dalam ruangan tanpa harus keluar rumah. Hal ini di sisi lain dapat membantu kehidupan manusia akan tetapi terkadang juga menjadi masalah tersendiri. Diantara masalah tersebut adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga seseorang sehingga beberapa penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes bisa menyerang seseorang akibat waktu olahraga yang kurang.

Nah selain sakit fisik ternyata kurangnya olahraga juga dapat menurunkan kesehatan mental kita. Sebaliknya meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga dapat membantu menjaga kesehatan mental kita secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang perlu anda ketahui:

1. Meningkatkan fungsi otak dalam mengingat

Bagi anda yang sering mengalami lupa dengan hal-hal sepele tidak ada salahnya dengan rutin melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan ternyata melakukan olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi otak terutama dalam hal mengingat sesuatu. Hipokampus yang merupakan bagian dari otak yang terletak di inti sistem memori dan pembelajaran ternyata dapat bekerja dengan baik saat mendapatkan aktivitas fisik yang cukup. Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda akan membantu anda mendapatkan otak yang sehat dan memori yang baik.

2. Membantu meningkatkan konsentrasi

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan konsentrasi. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa melakukan olahraga setiap hari mampu mengatasi berbagai macam masalah menurunnya fungsi otak sekaligus berguna membuat otak lebih fokus. Hal ini sangat penting sekali terutama bagi anda yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan otak untuk berkonsentrasi penuh.

3. Membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang

Olahraga secara teratur ternyata berdampak besar pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Hal ini dikarenakan berolahraga ternyata mampu membuat anda merasa lebih fit dan bugar sehingga kepercayaan diri akan meningkat. Belum lagi seperti yang sudah kita bahas di atas olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus kemampuan otak dalam berpikir. Hal ini tentunya akan memiliki dampak yang positif terhadap tingkat kepercayaan diri kita.

4. Meningkatkan suasana hati

Jika anda sering merasa suntuk dengan pekerjaan yang anda lakukan sehari-hari tidak ada salahnya melakukan olahraga secara rutin untuk merelaksasi otak. Manfaat olahraga untuk kesehatan mental ini didapat dari kemampuannya dalam meningkatkan suasana hati. Olahraga ternyata dapat melepaskan endorfin yang merupakan hormon bahagia. Bahkan setelah anda selesai melakukan latihan sekalipun dampak yang diberikan hormon bahagia tersebut masih anda rasakan. Selain itu penelitian juga mengungkap bahwa olahraga yang cukup dapat mengurangi tingkat depresi seseorang.

5. Membantu mengurangi kecemasan

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang tidak kalah penting adalah mengurangi tingkat kecemasan seseorang. Rasa cemas sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar, akan tetapi terkadang menjadi tidak wajar jika berlebihan. Kabar baiknya adalah ternyata melakukan olahraga secara rutin dapat membantu anda terhindar dari kecemasan berlebih ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang mengungkap bahwa melakukan olahraga dapat mengurangi gejala kecemasan yang cukup signifikan.

6. Mengurangi kecanduan

Dopamin merupakan salah satu zat kimia yang berperan penting mempengaruhi tingkat kecanduan seseorang. Saat dilepaskan dopamin akan membuat seseorang merasa lebih hebat secara instan sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin lebih sering mengalami perasaan tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pelepasan dopamin adalah dengan mengandalkan obat-obatan, alkohol, s3ks dan olahraga. Akan tetapi sayangnya banyak orang yang ingin mendapatkannya dari point 1 dan 2.

Untuk mencegah kecanduan lebih parah anda sebenarnya bisa melakukan olahraga secara rutin yang membantu anda melepaskan dopamin tersebut. Dengan demikian anda tidak perlu kecanduan dengan alkohol atau obat-obatan terlarang yang dapat memper buruk hidup anda.

7. Membantu anda menjadi lebih rileks

Bagi anda yang sering mengalami beberapa masalah dengan mental seperti sulit tidur atau depresi tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga. Pasalnya di antara manfaat olahraga untuk kesehatan mental adalah membantu anda lebih rileks. Hal ini sangat penting sekali terutama bagi anda yang sering mengeluh dengan kualitas tidur yang buruk. Mencukupi kebutuhan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu anda memperbaiki kesehatan mental.

8. Meningkatkan kreativitas anda

Banyak orang yang mungkin tidak mengetahui manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang satu ini. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2014 lalu mengungkap bahwa melakukan olahraga dapat membantu meningkatkan kreativitas seseorang. Hal ini termasuk kemampuan anda dalam memunculkan ide-ide kreatif dan pemecahan masalah. Jadi aktivitas fisik atau olahraga yang cukup sangat diperlukan terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.